-->

RPP Bahasa Inggris SMK Kelas X KD 3,4 k13 - Descriptive text

Pada artikel sebelumnya, Infojempol sudah menyajikan RPP SMK Model terbaru KD 3.3. Jika sobat ingin membacanya silahkan buka halaman ini RPP Bahasa Inggris SMK Kelas X KD 3,3 (Intention-Menyatakan Niat). Dan Pada halaman ini memuat RPP Bahasa Inggris Untuk SMK Kelas X KD 3.4

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan perangkat wajib yang harus dibuat oleh guru mata pelajaran. Format RPP terus mengalami perubahan. Berikut ini adalah format RPP untuk SMK menggunakan kurikulum 2013 yang versi terbaru

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah
: SMK Negeri/Swasta Malang
Mata Pelajaran
: Bahasa Inggris
Kelas/Semester
: X/ Genap
Materi Pokok
: Descriptive text
Alokasi waktu
: 8 x 45’
rpp bahasa inggris smk

A. Kompetensi Inti
  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menghayati dan mengamalkan prilaku jujur, disiplin, santun, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), bertanggung jawab, responsif dan proaktif melalui keteladanan, pemberian nasehat, penguatan, pembiasaan dan pengkondisian secara berkesinambungan serta menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis dan mengevaluasi pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dasar dan metakognitif sesuai dengan bidang dan lingkup kajian Bahasa Inggris  pada tingkat teknis, spesifik, detil dan komplek berkenaan dengan tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dan humaniora dalam konteks pengembangan potensi diri sebagai bagian dari keluarga, sekolah, dunia kerja, warga masyarakat nasional, regional, dan internasional.
  4. Melaksanakan tugas spesifik dengan menggunakan alat, informasi, dan prosedur kerja yang lazim dilakukan serta memecahkan masalah sesuai dengan bidang kajian Bahasa Inggris
  • Menampilkan kinerja di bawah bimbingan dengan mutu dan kuantitas yang terukur sesuai dengan standar kompetensi kerja
  • Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara efektif, kreatif, produkrif, kritis, mandiri, kolaboratif, komunikatif, dan solutif dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksanakan tugas spesifik di bawah pengawasan langsung.
  • Menunujukkan ketrampilan memepersespsi, kesiapan, meniru, membiasakan, gerak mahir, menjadikan gerak alami dalam ranah konkret terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah, serta mampu melaksaksanakan tugas spesifik dibawah pengawasan langsung.
B. Kompetensi Dasar 
3.4
Menganalisis  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya.
4.4

Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.

C. Indikator Pencapaian Kompetensi
  • 3.4.1 Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang ,  benda , dan tempat
  • 4.4.1 Menentukan ide pokok paragraf dalam teks deskriptif lisan dan atau tulis, sederhana, tentang orang, benda dan tempat dengan menjawab pertanyaan berdasar teks. 
  • 4.4.2 Menentukan informasi umum dan rinci dalam teks deskriptif lisan dan atau tulis, sederhana, tentang orang , benda dan tempat dengan menjawab pertanyaan berdasar teks. 
  • 4.4.3 Menentukan makna kata dan atau lawan kata dalam teks deskriptif lisan dan atau tulis, sederhana, tentang orang ,benda, dan tempat dengan menjawab pertanyaan berdasar teks. 
  • 4.4.4 Menyusun/mengedit kalimat dan atau paragraf menjadi teks deskriptif yang benar dan sesuai konteks.
  • 4.4.5 Menulis teks deskriptif lisan atau tulis, sederhana, tentang orang, benda dan tempat dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
  • 4.4.6 Mendeskripsikan orang, benda, dan tempat  dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, and unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
D. Tujuan Pembelajaran
Pertemuan 1
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi data, mengasosiasi, serta mengkomunikasikan, peserta didik dapat:
  1. Mendengarkan dan membaca banyak teks monolog lisan atau tulis, sederhana, berbentuk deskriptif tentang orang.
  2. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang sesuai dengan konteks penggunaannya dengan bertanggung-jawab.
  3. Menentukan ide pokok paragraf, informasi umum dan rinci, serta makna kata dan atau lawan kata dalam teks deskriptif sederhana tentang orang dengan bertanggung-jawab.
  4. Menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang benar dan sesuai konteks mengenai teks deskriptif sederhana tentang orang dengan bertanggung-jawab .
Pertemuan 2
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi data, mengasosiasi, serta mengkomunikasikan, peserta didik dapat:

  1. Memahami isi sebuah teks deskriptif dengan menjawab soal secara bertanggung-jawab.
  2. Menentukan kata sifat serta bentuk kata sifat yang tepat dalam mendeskripsikan orang (Adjectives in series).
  3. Menulis teks deskriptif sederhana tentang orang/ idola dengan bertanggung-jawab.
  4. Mendeskripsikan orang/ idola sesuai dengan gambar/foto dengan bertanggung-jawab dan peduli sesama teman.
Pertemuan 3
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi data, mengasosiasi, serta mengkomunikasikan, siswa dapat:

  1. Menentukan bentuk kata sifat yang tepat dalam mendeskripsikan orang atau benda (participles).
  2. Mendengarkan dan membaca banyak teks monolog lisan atau tulis, sederhana, berbentuk deskriptif tentang tempat.
  3. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang tempat sesuai dengan konteks penggunaannya dengan bertanggung-jawab.
  4. Menentukan ide pokok paragraf, informasi umum dan rinci, serta makna kata dan atau lawan kata dalam teks deskriptif sederhana tentang tempat dengan bertanggung-jawab.
  5. Menyusun beberapa paragraph/ kalimat acak menjadi sebuah teks deskriptif yang baik dan benar.
Pertemuan 4
Melalui kegiatan mengamati, menanya, mengeksplorasi data, mengasosiasi, serta mengkomunikasikan, peserta didik dapat:

  1. Menentukan bentuk kata sifat yang tepat (participles) dalam mendeskripsikan orang atau tempat.
  2. Mendengarkan dan membaca banyak teks monolog lisan atau tulis, sederhana, berbentuk deskriptif tentang tempat wisata dan atau tempat bersejarah.
  3. Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata dan atau tempat bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya dengan bertanggung-jawab.
  4. Memperbaiki atau mengedit teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata dan atau tempat bersejarah sesuai dengan konteks penggunaannya dengan bertanggung-jawab dan peduli sesama teman.
  5. Menulis teks deskriptif sederhana tentang tempat wisata atau tempat bersejarah yang ada dengan bertanggung-jawab.

E. Materi Pembelajaran
a. Contoh teks tulis dalam mendeskripsikan orang dan tempat.
Contoh deskripsi orang
Contoh deskripsi tempat wisata
My Mother
I think that my mother is a beautiful person. She is not tall but not short either, and she has curly brown hair. Her eyes color are like honey and her color skin is light brown, and she has a beautiful smile. Her weight is 120 lbs.
She is a very kind person. She is very lovely, friendly, patient, and she loves to help people. I love my mom, because she is a good example to me. She loves being in the Church, and she loves singing and dancing too.
She is a very good child, wife and mother. She always takes care of her family. She likes to clean and organize her house. She is a very organized person, and all things in the house are in the right place. She doesn't like messes.
She always has a smile on her face. She is so sweet and lovely. She always gives me a kiss when I am going to sleep, when I wake up or when I am going to go to some places. When the family have a problem, she will always be with us to help us and to give us all her love.

JATIM PARK
For people in East Java, Jatim Park may have been heard many times as it is one of the famous tourism objectS in East Java province. Jatim Park offers a recreation place as well as a study center.
Jatim Park is located on Jl. Kartika 2 Batu, East Java. To reach the location is not too difficult because the object is only 2,5 kilos meters from Batu city. This Jatim Park tourism object is about 22 hectares width.
Visitor can enjoy at least 36 kinds of facilities which can attract them as well as give new knowledge. Just after the pass gate, the visitors will find an interesting view of ‘Galeri Nusantara’ area. This study offering continues to step on ‘Taman Sejarah’ area, which contains of miniature temple in East Java like Sumberawan temple, customhouse of Kiai Hasan Besari Ponorogo and Sumberawan Statue.
The other facility which is able to be enjoyed is ‘Agro Park’ area. It presents crop and rareness fruits, animal diorama which consists of unique animals that have been conserved, and supporting games like bowling, throw ball, scooter disco, etc
Jatim Park is suitable for family and school recreation. The recreation area sites offer precious tour and can be used as alternative media of study.
b. Struktur Teks dan unsur kebahasaan dalam mendeskripsikan orang dan  tempat.

Purpose:

To describe about a particular thing, person or place. 

Text Organization:

  1. Identification (mention the special participant)
  2. Description (mention the part, quality, and characteristics of subject being described) 

Language Features:
  1. The use of adjectives and compound adjectives, Example: a beautiful ancient Roman opera house.
  2. The use of linking verbs/ relating verbs, Example: The temple is so magnificent.
  3. The use of Simple Present tense, Example: The hotel provides 450 rooms and a large swimming pool.
  4. The use of degree of comparison, Example: The weather in Jakarta is hotter than Bandung. 
  5. The use of participles, example: It was a boring class, She is a bored student.
F. Model/Metode Pembelajaran
  1. Pendekatan: scientific
  2. Model: Discovery-learning
  3. Metode: Tanya-jawab, diskusi kelompok, unjuk kerja tulis dan lisan, games, dll.
G. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan 1
LANGKAH PEMBELAJARAN
SINTAK MODEL PEMBELAJARAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
KEGIATAN PENDAHULUAN




Peserta didik melakukan kegiatan:
§  Guru menyapa peserta didik.
§  Guru mengajak peserta didik. Untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
§  Guru mengajak peserta didik berdoa bersama.
§  Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya.
§  Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
§  Guru dan siswa melakukan tebak gambar orang popular/ idola sebagai kegiatan warmer.
30 Menit
KEGIATAN INTI




Stimulation (Pemberian rangsangan)







Problem statement (pertanyaan/
identifikasi masalah)





Data collection (Mengumpulkan dat

Data Processing (mengolah data)







Verification
(Pembuktian)

Peserta didik melakukan kegiatan:
Mengamati
§  Guru menayangkan beberapa foto/ gambar orang terkenal.
§  Peserta didik menebak/memberi komentar terhadap gambar yang ditayangkan.
§  Guru menerangkan tujuan dan kegiatan pembelajaran yang akan di capai dan dilaksanakan di kelas
§  Peserta didik membaca beberapa contoh  teks monolog tulis sederhana berbentuk deskriptif tentang orang.
§  Guru melakukan brainstorming untuk mengenalkan, menambah informasi tentang isi, dan bentuk teks deskriptif tentang orang dalam konteks kehidupan sehari-hari.
§  Peserta didik menyebutkan informasi lanjutan yang berguna untuk memahami teks deskriptif tentang orang.

Mempertanyakan
§  Guru menanyakan mengenai bagian/ isi/ makna dari teks deskriptif tentang orang.
§  Guru menanyakan informasi tambahan seputar fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, serta isi teks deskriptif tentang orang secara umum.  
§  Peserta didik mencatat informasi awal untuk membaca dan menyusun teks deskriptif tentang orang.

Mengeksplorasi
§  Guru menyediakan materi dan contoh teks monolog sederhana tentang orang untuk memberikan pemahaman dasar seputar bagian/ isi/ makna kata/ struktur teks/ unsure bahasa dari teks deskriptif tentang orang.
§  Peserta didik menganalisa dan membaca teks monolog yang disediakan untuk mendapat pemahaman dasar mengenai fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa dari teks deskriptif sederhana tentang orang.
§  Peserta didik membaca teks monolog yang disediakan untuk menentukan ide pokok, informasi umum dan rinci, serta makna kata dan atau lawan kata dari teks deskriptif sederhana tentang orang.

Mengasosiasi
Secara berkelompok:
§  Peserta didik menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa dari teks deskriptif tentang orang.
§  Peserta didik menentukan ide pokok, informasi umum dan rinci, serta makna kata dan atau lawan kata dari teks deskriptif tentang orang.
§  Peserta didik menyusun kalimat acak menjadi paragraf yang tepat dan benar tentang teks deskriptif sederhana tentang orang.

Mengomunikasikan
§  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam menjawab pertanyaan berdasar teks deskriptif tentang orang.
§  Guru memberi feedback atas jawaban siswa.
45 Menit
PENUTUP

Peserta didik melakukan kegiatan:
§  Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, Peserta didik ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI)
§  Guru memberikan pertanyaan untuk mengetahui apakah Peserta didik sudah memahami topik tentang teks deskriptif tentang orang.
§  Peserta didik diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini.
§  Peserta didik diberi tugas untuk pembelajaran minggu depan untuk penilaian unjuk kerja.
15 Menit

Pertemuan 2
LANGKAH PEMBELAJARAN
SINTAK MODEL PEMBELAJARAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
KEGIATAN PENDAHULUAN




Peserta didik melakukan kegiatan:
§  Guru menyapa peserta didik.
§  Guru mengajak peserta didik. Untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
§  Guru mengajak peserta didik berdoa bersama.
§  Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya.
§  Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
§  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
§  Guru menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
15 Menit
KEGIATAN INTI




Stimulation (Pemberian rangsangan)





Problem statement (pertanyaan/
identifikasi masalah)




Data collection (Mengumpulkan data)



Data Processing (mengolah data)





Verification
(Pembuktian)

Peserta didik melakukan kegiatan:
Mengamati
§  Guru meminta Peserta didik mengamati teks deskriptif lisan tentang orang yang ditayangkan lewat slide.
§  Guru dan Peserta didik mereview tentang fungsi sosial, struktur teks, dan unsur bahasa dari teks deskriptif tentang orang.
§  Guru dan Peserta didik mereview isi teks deskriptif tentang orang yang ditayangkan (melalui Game/quiz)

Mempertanyakan
§  Guru menanyakan cara menyusun teks deskripsi sederhana tentang orang terkenal berdasarkan gambar atau foto.
§  Peserta didik menanyakan cara menentukan bentuk kata sifat yang tepat dalam mendeskripsikan orang atau benda.

Mengeksplorasi
§  Guru menyediakan materi dan contoh teks monolog sederhana tentang orang untuk memberikan pemahaman lanjutan seputar cara menulis teks deskriptif sederhana tentang orang.
§  Peserta didik menganalisa dan membaca contoh monolog yang disediakan untuk mendapat pemahaman lanjutan.
§  Peserta didik menentukan bentuk kata sifat yang tepat (adjectives in series)

Mengasosiasi
§  Guru menyediakan kolom yang berisi materi panduan dalam menyusun teks deskriptif tentang orang.
§  Peserta didik melengkapi kolom berdasar materi panduan yang telah disediakan.
§  Secara perseorangan, Peserta didik menyusun teks deskriptif tentang orang berdasar kolom yang telah diisi.

Mengomunikasikan
§  Guru meminta Peserta didik untuk mempresentasikan hasil monolog yang telah disusun.
§  Peserta didik mempresentasikan hasil monolog di depan kelas.
60 Menit
KEGIATAN PENUTUP

Peserta didik melakukan kegiatan:
§  Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, Peserta didik ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
§  Peserta didik diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini dan mencatatnya dalam jurnal Peserta didik.
15 Menit

Pertemuan 3
LANGKAH PEMBELAJARAN
SINTAK MODEL PEMBELAJARAN
DESKRIPSI
ALOKASI WAKTU
KEGIATAN PENDAHULUAN





Peserta didik melakukan kegiatan:
§  Guru menyapa peserta didik.
§  Guru mengajak peserta didik. Untuk merapikan kelas dan penampilan mereka.
§  Guru mengajak peserta didik berdoa bersama.
§  Guru mengajak peserta didik menyanyikan lagu Indonesia Raya.
§  Guru memeriksa kehadiran peserta didik.
§  Guru mengajukan pertanyaan tentang materi yang dipelajari sebelumnya.
§  Guru menghubungkan materi sebelumnya dengan materi yang akan dipelajari.
15 Menit
KEGIATAN INTI




Stimulation (Pemberian rangsangan)












Problem statement (pertanyaan/
identifikasi masalah)








Data collection (Mengumpulkan data)






Data Processing (mengolah data)




Verification
(Pembuktian)

Peserta didik melakukan kegiatan:
Mengamati
§  Peserta didik membaca beberapa contoh  teks monolog tulis sederhana berbentuk deskriptif tentang tempat wisata.
§  Guru melakukan brainstorming untuk mengenalkan, menambah informasi tentang isi, dan bentuk teks deskriptif tentang tempat wisata dalam konteks kehidupan sehari-hari.
§  Peserta didik menyebutkan informasi lanjutan yang berguna untuk memahami teks deskriptif tentang tempat wisata.

Mempertanyakan
§  Guru menanyakan informasi tambahan seputar fungsi  dan isi teks deskriptif tentang tempat wisata secara umum menggunakan pre-reading activity.
§  Menjawab pertanyaan pre-reading activity secara berkelompok dengan perwakilan.
§  Mencatat informasi awal untuk membaca dan menyusun teks deskriptif tentang tempat wisata.
Mengeksplorasi
§  Guru menyediakan materi dan contoh teks monolog sederhana tentang tempat wisata untuk memberikan pemahaman dasar seputar struktur dan karakteristik.
§  Peserta didik menganalisa dan membaca contoh monolog yang disediakan untuk mendapat pemahaman dasar.
§  Mengidentifikasi karakteristik dari teks deskriptif tentang tempat wisata.
§  Menetukan bentuk participles dengan tepat.

Mengasosiasi
§   Guru memberi tugas menjawab soal berdasar teks deskriptif tentang tempat wisata.
§  Secara berkelompok, Peserta didik menjawab soal-soal dari teks.
§  Peserta didik mengedit teks deskriptif yang salah menjadi teks deskriptif yang tepat dan benar tentang tempat wisata atau tempat bersejarah.

Mengomunikasikan
§  Peserta didik mempresentasikan hasil diskusi kelompok dalam menjawab pertanyaan berdasar teks deskriptif tentang tempat wisata atau tempat bersejarah.
§  Peserta didik
§  Guru memberi feedback atas jawaban Peserta didik.

60 Menit
KEGIATAN PENUTUP

Peserta didik melakukan kegiatan:
§  Setelah mengikuti kegiatan pembelajaran pada pertemuan ini, Peserta didik ditanya bagaimana perasaannya (REFLEKSI).
§  Peserta didik diminta membuat kesimpulan pembelajaran pada pertemuan ini dan mencatatnya dalam jurnal Peserta didik.
15 Menit

H.  Penilaian, Pembelajaran Remidial dan Pengayaan 

1. Teknik Penilaian
No.
Ranah Kompetensi
Teknik Penilaian
Bentuk Penilaian
1.
Sikap
Observasi
Daftar Skala Penilaian
2.
Pengetahuan


k.d. 3.4
Menganalisis  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya.
Non-tes Tertulis
Memilih jawaban (Pilihan ganda)

3.
Keterampilan


k.d.4.4
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
Non-tes Tertulis Tes Tertulis
Menjawab soal (essay)
Ulangan Harian




2. Instrumen Penilaian

2.1 Kompetensi Penilaian Pengetahuan

a. Kisi-Kisi

Kompetensi Dasar
Indikator
Penilaian
Indikator Soal
Bentuk

Contoh Instrumen

k.d. 3.4
Menganalisis  fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan beberapa teks deskriptif lisan dan tulis dengan memberi dan meminta informasi pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat sesuai dengan konteks penggunaannya.
 3.4.1
 Menentukan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan dari teks deskriptif sederhana tentang orang ,  benda , dan tempat

Siswa mampu menentukan bentuk kata sifat yang tepat dengan menyusun menjadi frase benda. 
Isian
Arrange the adjectives in the parentheses into
a good order of adjectives in series.
b. Instrumen: Isian

TASK 1
Arrange the following adjectives into good compound nouns.
  • Example: I found a (black-dirty-leather) wallet yesterday. 
  • Answer: I found a dirty black leather wallet yesterday. 
  1. She has a (Persian-cute-white) cat. 
  2. My (antique-favorite-Chinese-black) jar has just broken. 
  3. I saw a (smart-new-Italian-silver) van on the street yesterday. 
  4. He has just bought an (classic-Japanese-wooden-interesting) cupboard. 
  5. Brad Pitt is a (American-talented-tall-white) actor. 
TASK 2
1.

  • A  : May I borrow your (triangular – plastic – long) iron?
  • B  : Here you are.
  • A  : Thanks.
2.
  • A  : Can I use your (curved – metal – big) hammer.
  • B  : Yes, please.
  • A  : Thank you.
3.
  • A : Do you mind if I borrow your (Chinese – big – new) Air conditioner?
  • B : Not at all.
  • A : Thanks a lot.
4.
  • A  : Would you have dinner with me in (wooden –comfortable – Javanese – old) restaurant?
  • B : With pleasure.
5.
  • A : What kind of furniture does he want?
  • B : He wants (dark brown – cheap – wooden – old) furniture.
c. Kunci Jawaban
TASK 1
  1.  She has a cute white Persian cat.
  2.  My favorite antique black Chinese jar has just broken.
  3.  I saw a smart new silver Italian van on the street yesterday.
  4.  He has just bought an interesting classic Japanese wooden cupboard.
  5.  Bratt Pitt is a talented tall white American actor.
TASK 2
  1.  Long triangular plastic iron.
  2.  Big curved metal hammer.
  3.  Big new Chinese air conditioner.
  4.  Comfortable old Javanese wooden restaurant.
  5.  Cheap old dark brown wooden furniture.
d. Pedoman Penilaian
  • 1. Tiap jawaban benar mendapat nilai 1
  • 2. Nilai maksimal adalah= jumlah soal seluruhnya
Nilai siswa  = skor diperoleh X 100
                      skor maksimal

2.2 Kompetensi Penilaian Ketrampilan

a. Kisi-Kisi
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Indikator Soal
Bentuk

Contoh Instrumen

Kd 4.4
Menyusun teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.
4.4.1
Menangkap makna secara kontektual terkait fungsi sosial, struktur teks deskriptif, lisan dan tulis, pendek dan sederhana terkait orang, benda dan tempat.

4.4.2
Menyususn teks deskriptif lisan dan tulis, pendek dan sederhana, terkait orang, benda dan dan tempat, dengan memperhatikan fungsi sosial, struktur teks, dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks
Indikator 1
Siswa mampu menentukan ide pokok paragraph, informasi umum dan rinci, serta makna kata pada teks deskriptif lisan dan atau tulis tentang orang, benda dan tempat,  dengan menjawab pertanyaan berdasar teks.  
Isian atau essay
Listen and watch the videos, and answer the questions based on the videos!
Atau
Read the following text, and then answer the following questions!

b. Instrumen

Indikator 1

Text 1
MY MOTHER
I think that my mother is a beautiful person. She is not tall but not short either, and she has curly brown hair. Her eyes color are like honey and her color skin is light brown, and she has a beautiful smile. Her weight is 120 lbs.
She is a very kind person. She is very lovely, friendly, patient, and she loves to help people. I love my mom, because she is a good example to me. She loves being in the Church, and she loves singing and dancing too.
She is a very good child, wife and mother. She always takes care of her family. She likes to clean and organize her house. She is a very organized person, and all things in the house are in the right place. She doesn't like messes.
She always has a smile on her face. She is so sweet and lovely. She always gives me a kiss when I am going to sleep, when I wake up or when I am going to go to some places. When the family has a problem, she will always be with us to help us and to give us all her love.
A. Answer the following questions!
1.        What is the text about?
2.        How does the mother look like?
3.        What does she like doing to her house?
4.        What kind of mother is she?
5.        What will she occasionally do to her kids?
B. Decide whether the following statements are TRUE or FALSE!
1.        The writer described about her mother’s look.
2.        The mother cares so much with her family.
3.        The writer isn’t showing much sympathy toward her mother.
4.        The writer is so proud about her mother.
5.        Her mother always has problems in the family.

Text 2
JATIM PARK
For people in East Java, Jatim Park may have been heard many times as it is one of the famous tourism objectS in East Java province. Jatim Park offers a recreation place as well as a study center.
Jatim Park is located on Jl. Kartika 2 Batu, East Java. To reach the location is not too difficult because the object is only 2,5 kilos meters from Batu city. This Jatim Park tourism object is about 22 hectares width.
Visitor can enjoy at least 36 kinds of facilities which can attract them as well as give new knowledge. Just after the pass gate, the visitors will find an interesting view of ‘Galeri Nusantara’ area. This study offering continues to step on ‘Taman Sejarah’ area, which contains of miniature temple in East Java like Sumberawan temple, customhouse of Kiai Hasan Besari Ponorogo and Sumberawan Statue.
The other facility which is able to be enjoyed is ‘Agro Park’ area. It presents crop and rareness fruits, animal diorama which consists of unique animals that have been conserved, and supporting games like bowling, throw ball, scooter disco, etc
Jatim Park is suitable for family and school recreation. The recreation area sites offer precious tour and can be used as alternative media of study.

A. Answer the following questions!
1.        Where is Jatim Park located?
2.        What does Jatim Park offer to its visitors?
3.        How big is Jatim Park?
4.        Where can we see some rare animals?
5.        Who can enjoy Jatim Park at the most?
B. Match the following words with their opposite meaning!
1.        Famous   a. Refuse
2.        Rareness             b.Commonness
3.        Attract                     c. Giant
4.        Miniature                d. Worthless
5.        Precious e. Unpopular

Indikator 2

Read the following description about a tourist destination carefully. The writer forgot to edit her draft. Can you find the errors in the text and help her edit the text? Use the guiding questions that follow to help you

If you go to Batu city in East Java, do not forget to visit Cuban Rondo. Cuban Rondo is a must-see waterfall because of it spectacular scenery. The first amazing naturalcharm to enjoy is the huge greenish rock. The gigantic rock and its vegetation that surrounds the waterfall soar high into the sky. The top of the rock bends inward so that when westand close to the waterfal, we will feel as if we were inside of a gigantic cave or a bowl giant. The greatness of the nature will make you feel very small and price God The second scenery to enjoy is the waterfall itself. from the top of the soaring rock, huge amount of water continuously falls down,splash on the large black stones at the bottom of the waterfall, and forms a shallow small lake and stream. The water in the lake and stream crystal clear and icy cold. The wind that blow the falling water and the splash produce millions of tiny
droplets of water. The wind can blow your boat. The droplets covers the small lake and visitors in mist. Yes, you will get wet. But you can go to the mall. When the sunlight shine through the cold tiny droplets, you will see rainbows on the earth, not in the sky, that seems close enough to you the senery is breathtaking. End the trip with something that can warm you up. In the rest area, you can buy roasted sweet corns. If that is not enough, you can also buy drinks hot delicious and meatball soup hot. When you go home, leave nothing in the area but your footsteps and bring home only your memory unforgettabel about the beautiful Cuban Rondo Waterfall.


c. Kunci Jawaban

Indikator 1

Text 1 

A.

  • 1. The text is about the description of the writer’s mother.
  • 2. She is not tall but not short either, and she has curly brown hair. Her eyes color are like honey and her color skin is light brown, and she has a beautiful smile. 
  • 3. She loves singing and dancing too. 
  • 4. She likes to clean and organize her house.
  • 5. She is a very kind person. She is very lovely, friendly, patient, and she loves to help people.
  • 6. She always gives her children a kiss when they’re going to sleep, when they wake up or when they are going to go to some places. When the family has a problem, she will always be with them to help them and to give them all her love.
B.
  • 1. True
  • 2. True
  • 3. False
  • 4. True
  • 5. False 
Text 2
A

  • 1. Jatim Park is located on Jl. Kartika 2 Batu, East Java.
  • 2. Jatim Park offers a recreation place as well as a study center.
  • 3. This Jatim Park tourism object is about 22 hectares width.
  • 4. Animal diorama
  • 5. Jatim Park is suitable for family and school recreation.
B.
1. Unpopular
2. Commonness
3. Refuse
4. Giant
5. Worthless

Indikator 2
If you go to Batu city in East Java, do not forget to visit Cuban Rondo. Cuban Rondo is a must-see waterfall because of its spectacular scenery.
The first amazing natural charm to enjoy is the huge greenish rock. The gigantic rock and its vegetation that surrounds the waterfall soar high into the sky. The top of the rock bends inward so that when we stand close to the waterfal, we will feel as if we were inside of a gigantic cave or a giant bowl. The greatness of the nature will make you feel very small and price God.
 The second scenery to enjoy is the waterfall itself. From the top of the soaring rock, huge amount of water continuously falls down, splashes on the large black stones at the bottom of the waterfall, and forms a shallow small lake and stream. The water in the lake and stream is crystal clear and icy cold. The wind that blows the falling water and the splash produces millions of tiny droplets of water. The wind can blow your boat. The droplets cover the small lake and visitors in mist. Yes, you will get wet. But you can go to the mall. When the sunlight shine through the cold tiny droplets, you will see rainbows on the earth, not in the sky, that seem close enough to you. The scenery is breathtaking.
End the trip with something that can warm you up. In the rest area, you can buy roasted sweet corns. If that is not enough, you can also buy delicious hot drinks and hot meatball soup. When you go home, leave nothing in the area but your footsteps and bring home only your unforgettable memory about the beautiful Cuban Rondo Waterfall.


d. Pedoman Penilaian

 Indikator 1 

  • 1. Nilai 1 untuk tiap jawaban benar.
  • 2. Skor maksimal: jumlah soal 

Nilai siswa  = skor diperoleh X 100

                       skor maksimal


Indikator 2 dan 3
Rubrik Penilaian:
Rubrik Writing
Keterangan skor:
4 = Sangat baik
3 = baik
2 = Cukup
1 = Kurang baik

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :
Skor maksimal : 4 x 5 = 20
Penentuan nilai : Nilai siswa = skor diperoleh X 100 
             Skor maksimal
Indikator 4
Rubrik Speaking
Keterangan skor:
4 = Sangat baik
3 = baik
2 = Cukup 
1 = Kurang baik

Kriteria penilaian dapat dilakukan sebagai berikut :
Skor maksimal : 4 x 4 = 16
Penentuan nilai : Nilai siswa = skor diperoleh X 100 
           Skor maksimal


3. Pembelajaran Remidial dan Pengayaan

Pembelajaran remidial dilakukan segera setelah kegiatan penilaian



I. Alat, Bahan dan Sumber Belajar
A. Alat/ Media
LCD, Laptop, Speaker, Papan Tulis, Spidol.

B. Bahan
Modul, buku teks yang relevan, gambar-gambar yang relevan, lembar kerja, Power-point slides.

C. Sumber Belajar
Internet: Google. You tube, Modul BIG SMKN 12 2013, Buku Bahasa Inggris Kelas X Kurikulum 2013.

J. Lampiran
A.Materi Pelajaran
B.Ulangan Harian
C.Daftar Nilai

Untuk membaca RPP Bahasa Inggris SMK Kelas X KD 3,5 -4,5 - Materi Announcement

Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami, semoga apa yang Infojempol berikan, bermanfaat buat soabat
RPP Bahasa Inggris SMK Kelas X KD 3,4 k13 - Descriptive text