10 Hal Sederhana yang Akan Membuat Anda Menjadi Orang yang Lebih Cerdas

Pernahkah sobat merasa bahwa kecerdasan yang selama ini sobat miliki itu minim sekali, dan belum cukup untuk menyelesaikan suatu masalah yang rumit.

Permasalahan yang menghampiri kita atau orang-orang disekitar kita semakin hari semakin komplek, dan pastinya membutuhkan solusi yang tidak sederhana. Dan dengan kempuan yang sobat miliki sekarang, tidak dapat menyelesaikan masalah tersebut secara maksimal.

Kita berfikir bahwa kecerdasan yang kita miliki akan tetap sama. Tapi itu salah!. Seiring dengan bertambahnya usia, kinerja otak pun juga semakin menurun. Oleh karenanya, otak manusia juga perlu dilatih supaya terus bisa berfungsi secara maksimal.


Banyak cara/ metode dan cara yang ditawarkan oleh para pakar untuk membuat otak kita lebih cerdas, yang pasti itu mahal, dan tidak semua orang mampu untuk membayar biaya pelatihan tersebut.

Ada beberapa hal sederhanya yang dapat sobat lakukan sendiri dirumah, dan tentunya dengan biaya yang sangat murah, bahkan gratis. Tips yang Infojempol sajikan ini mudah diaplikasikan oleh setiap orang, dan tentunya tidak perlu bimbingan para pakar.

Dan berikut ini kegiatan/ aktifitas yang perlu sobat lakukan untuk membuat otak semakin cerdas

1. Jalin hubungan dengan orang yang lebih cerdas dari pada Anda.
Mungkin ini terkesan bahwa kita pilih pilih teman, padahal tidak demikian. Dengan kita berusaha menjalin hubungan dengan orang-arang baru yang lebih cerdas, kita akan banyak menemukan manfaat.

Namun yang penting sobat juga tidak boleh mengabaikan teman-teman lama. karena jika mengacuhkan mereka begitu saja, hanya akan membuat hati dan fikiran tidak tenang. Intinya kita hanya perlu menambah jumlah relasi/ teman yang lebih cerdas dari kita.

Orang orang pintar umumnya memiliki kebiasaan yang berbeda, mereka mampu menghabiskan waktu dengan cara yang lebih baik. Cara berfikirnya pun juga berbeda. secara tidak langsung mereka akan menjadi guru bagi kita

Jadi dengan banyak berinteraksi bersama mereka, secara tidak langsung, kebiasaan dan cara mereka berfikir juga akan menjadi kebiasaan kita

2. Catat apa saja yang telah anda lakukan/ pelajari
Banyak orang yang mencatat rencana-rencana yang akan dilakukan dikemudian hari. Mereka membuat daftar yang panjang dan terperinci. Namun tidak disadari bahwa daftar yang banyak tersebut malah melemahkan semangat untuk melakukannya.

Dan saatnya sobat membuat daftar yang baru, yaitu catat hal-hal yang sudah sobat lakukan. Ini bukan berarti harus menulis secara detail aktifitas harian mulai pagi hingga malam hari. Namun mencatat dalam hal ini adalah membuat daftar apa saja aktifitas yang kita lakukan

Contoh sederhananya serti ini, dalam seminggu terakhir sobat sudah mempelajari ilmu baru tentang Kesehatan Dasar, selama proses tersebut, apa saja yang telah sobat peroleh, dan apa kendala yang dihadapi saat proses belajar?, dan yang paling penting adalah target itu dicapai apa tidak.

3. Lakukan hal-hal baru secara acak
Pernah tahu orang sukses dalam bisnis tertentu, namun dia memiliki latar belakang pendidikan yang berbeda dari bisnis tersebut? saya yakin sobat banyak menemukan manusia semacam itu.

Sobat adalah lulusan sarjana Pendidikan Bahasa Inggris, dan kini menjalankan bisnis jual beli handphone bekas, atau bisnis peternakan, apakah itu salah?, tidak. Karena kita tidak pernah tahu bahwa ilmu yang kita telah pelajari justru menjadi pendukung utama suksesnya bisnis yang kita jalankan.

4. Perbanyak waktu untuk membaca
Bukan menjadi rahasia lagi bahwa membaca merupakan salah satu cara untuk membuat otak anda semin cerdas.

Namun yang perlu sobat ingat bahwa memilih bacaan adalah cara paling efektif. Buku buku yang kita baca juga menentukan seberapa cerdas otak kita.

Berhentilah membaca hal-hal yang kurang bermutu, dan cobalah untuk mempelajari pengetahuan yang lebih berbobot dan bermanfaat.

5. Temukan metode baru untuk melakukan aktifitas yang lama
Menjadi orang kretif itu lebih baik dari pada menjadi orang yang takut salah. Sobat hanya perlu memunculkan inovasi-inovasi baru terhadap kegiatan yang sobat lakukan setiap hari. Berfikir untuk menemukan inovasi juga salah satu cara merangsang otak untuk menjadi lebih cerdas.

Salah satu contohnya, saat ini, perkembangan internet sangat pesat, kenapa sobat tidak mencoba mengembangkan bisnis toko sobat dengan metode online?. dengan begitu sobat akan belajar tentang dunia internat dan jual beli online

6. Lebih bijaksana dalam menggunkan waktu online
Disela-sela kesibukan pasti ada jam istirahat yang sobat miliki. Dan kebanyakan dari mereka lebih suka menghabiskannya untuk membaca komentar-komentar yang tidak bermutu di medsos, atau mengikuti perkembangan para artis, yang sebenarnya itu tidak penting.

Daripada sobat membaca status-status yang tidak jelas, gosip-gosip para selebriti, lebih baik  manfaatkan HP dan waktu luang tersebut untuk mencari dan membaca informasi yang lebih bermanfaat, sepertii berita, pengetahuan-pengetahuan umum dan lainnya.

7. Pelajari sesuatu yang baru
Jangan pernah puas dengan ilmu yang kita miliki, karena jika sobat sudah berfikir demikian, itu artinya motivasi untuk terus berkembang sudah tidak ada.

Pelajari sesuatu yang baru, sesuatu yang lebih sulit dari biasanya. Hal tersebut akan membuat otak menjadi lebih keras dalam berfikir, dan merangsangnya untuk terus bekerja ektra

Disamping itu, sobat juga tidak akan pernah tahu bahwa apa yang dipelajari, suatu saat menjadi sangat berguna bagi diri sendiri, bahkan orang lain.

8. Trasfer ilmu yang sudah Anda miliki
Pelit adalah sifat yang tidak terpuji. terlebih jika pelit dalam ilmu yang dimiliki. Terus menyimpan pengetahuan bukanlah hal yang benar. Memngajarkan apa yang sudah diketahui justru akan menambah pengetahuan yang sobat miliki.

Jelaskan kepada orang lain apa yang sobat telah pelajari. Jika muncul pertanyaan dari mereka dan kebetulan sobat tidak mampu menjawabnya, itu artinya adalah kesempatan untuk mencari jawaban dari permasalahan tersebut.

Samakin sering kita membagikan ilmu, semakin banyak wawasan yang kita dapatkan. entah bagaimana teorinya, yang jelas itulah kenyataanya.

9. Aplikasikan apa yang telah Anda pelajari.
Tidak ada gunanya menyimpan pengetahuan yang telah kita pelajari tanpa menerapkannya.

Orang-orang terpandai menerapkan apa yang mereka ketahui bukan untuk menjadi orang yang sukses melainkan untuk menjadi orang yang bernilai.

Mungkin saja saat sobat melakukannya, ada beberapa yang mencibir apa yang sobat lakukan, namun itulah tantangannya. Maka memiliki motivasi diri adalah sesuatu yang sangat penting, seperti dalam kisah katak kecil yang dapat sobat baca pada halaman ini: Kisah Motivasi Cerita Tentang Katak Kecil

10 Ingat! Seorang ahli itu pernah menjadi pemula/ amatir
Kini saatnya sobat berfikir secara logis dan rasional. Melihat orang-orang pintar, orang yang sukses harus dari sudut pandnag yang positif.

Ingat bahwa mereka semua tidak cerdas dan sukses begitu saja, mereka telah menjalani proses yang panjang dan berat. Mereka juga pernah menyandang gelar sebagai amatir.

Pada intinya, semua proses itu bertujuan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Banyak sekali cara/ jalan untuk mencapainya, namun ada 3 kunci untuk membuat hidup kita menjadi lebih baik. Dan itu harus sobat ketahui

Masih banyak cara sederhana lainnya yang dapat membuat kita menjadi orang yang lebih pintar, jika sobat memiliki, tambahan, silahkan isikan di kolom komentar
10 Hal Sederhana yang Akan Membuat Anda Menjadi Orang yang Lebih Cerdas