10 Kebiasaan yang Dapat Menghambat Kesuksesan Anda

Tak seperti biasanya, malam ini saya terjaga. Dan yang pertama kali yang ingin saya lihat adalah jam dinding. Terlihat dengan agak remang jarum itu menunjukkan pukul 2 dini hari. Saya tak heran mengapa terbangun 3 jam sebelum subuh. Itu karena saya tertidur lebih awal, dan itu bukan kebiasaan saya.

Hanya terdengar suara jangkrik dan detik jarum jam, benar-benar sunyi. Maklum saja saya tidak tinggal di metropolitan

Terlihat handphone yang berada disebelah kiri tempat saya berbaring, dan hanya butuh menggulingkan sedikit badan untuk bisa mencapainya.

Terus terang saya bukan maniak media sosial (medsos), tapi entah tiba-tiba jempol tangan ini memencet icon facebook yang ada di layar. Dan yaah.. isinya sekedar curhatan kid jaman now tentang masalah cowok/ cewek. Jadi mengingatkan saya beberapa hari lagu yang sempat nulis tips di blog Infojempol ini tentang 5 Cara Paling Ampuh Mengatasi Pacar yang Sedang Marah

Saya tutup HP tersebut, karena saya lebih tertarik untuk mendekati laptop yang masih menyala di depan saya, dan tentunya masih terkoneksi dengan internet.

Karena ada sesuatu informasi yang ingin saya dapatkan, lagi lagi saya membuka facebook, namun bukan untuk mengikuti status anak anak alay.

Saya langsung menuju ke Fanspage resmi Pusdiklatnas Gerakan Pramuka, setelah sempat menggulirkan mouse sedikit kebawah, saya menemukan status yang sangat menarik di FP tersebut.

Artikel sederhana tersebut di tulis oleh Kak Yatno. Saya kenal betul dengan beliu, Prof. Dr. Suyatno, M.Pd, Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Tingkat Nasional Gerakan Pramuka. Tapi,, yang pasti beliau tidak kenal saya :D

Saya perlu membaca beberapa kali tulisan tersebut, untuk bisa benar-benar memahami maknanya dan juga menikmati gaya bahasa penulisannya.
Intinya, artikel tersebut jauh lebih bermakna dari pada status para alayer.

Jika sang empunya (kak yatno) kebetulan membaca ini, saya mohon ijin untuk saya gunakan sebagai referensi dalam mengisi artikel di blog ini.

Dan terus terang saya tidak mengurangi satu katapun dari sumbernya, hanya menambah kalimat sebagai penegas atas poin-poin yang disampaikan. Tambahan saya berada setelah paragraf pertama setiap poin.


Baik sobat, langsung dibaca, diresapi dan diaplikasikan pesan beliau di bawah ini

Sepuluh Kebiasaan Buruk Penghambat Kesuksesan

1. Menunda

Menunda padahal waktu sudah ditentukan akan memberikan hasil buruk. Jangan biasakan menunda kalau acara sudah ditentukan. Kegagalan biasanya ditentukan oleh penundaan.

Dengan menunda, tugas akan semakin menumpuk, dan otomatis akan muncul masalah-masalah baru. Pada umumnya, seseorang akan lebih malas jika melihat tugas yang begitu banyak.

2. Ragu-Ragu

Ragu-ragu akan menjadi penghalang diri. Percaya diri akan hilang. Melihat sesuatu dari sisi negatif sehingga susah berada di sisi keberanian.

Orang yang selalu ragu ragu, pasti dia hanya diam dan terpuruk dalam keraguan. Ia tidaka kan melakukan sesuatu, bentindak sesuatu. Dan dia tidak akan pernah mendapatkan pelajaran dari pengalaman yang ia lakukan.

3. Malas

Malas itu lebih mengarah pada konsepsi diri yang terpengaruh untuk tidak melakukan apa-apa.

Hingga saat ini belum pernah ada seorang yang malas dapat sukses. Intinya kata "kesuksesan" selalu bertolak belakang dengan kata "malas"

4. Sombong

Sombong itu penghalang silaturahim dan perusak berkelompok.

Sudah menjadi kodrat manusia untuk hidup saling bergotong royong, saling kerja sama. Dengan Anda bersikap sombong, jelas silaturrahmi akan terganggu. Suatu kelompok tidak akan mampu bekerja sama dengan baik tanpa adanya silaturahmi yang baik sesama anggota kelompok tersebut.

5. Tidak Percaya

Tidak percaya itu menutup diri dari potensi orang lain. Seolah-olah dirinya bisa semuanya.

Manusia diciptakan dengan segala kelebihan masing masing, disisi lain ia juga memiliki kekurangan. orang yang hanya melihat kekurangan orang lain tanpa melihat kelebihannya itu sama saja dengan membuang kesempatan.

Anda tidak akan pernah tahu bahwa orang yang tidak anda percaya, yang dianggap tidak bisa apa apa, justru memunculkan sesuatu yang diluar dugaan Anda.

6. Culas

Pramuka gagal menerapkan manajemen diri. Jangan sampai menyengsarakan orang lain

Huilangkan sifat-sifat kotor yang ada pada diri Anda, karena pasti suatu saat itu justru akan menjadi belenggu usaha Anda.

Ingat bahwa sukses yang Anda peroleh, tidak terlepas dari campur tangan orang lain, sekalipun ia Anda anggap musuh

7. Boros

Boros itu menyakitkan masa depan. Biasanya orang boros bebas menghamburkan uang meskipun barang yg dibeli tiada hebat harganya.

Lebih bijaksanalah dalam membelanjakan harta. Bedakan barang-barang yang benar banar kamu butuhkan dan yang kamu inginkan. Terkadang kita hanya mengiginkan sesuatu padahal itu sama sekali tidak kita perlukan

8. Dendam

Jangan pernah dendam dengan siapapun. Orang sukses akan membuka diri agar orang lain bahagia.

Dengan memaafkan, hati dan fikiran Anda akan menjadi lebih tenang. Sikap tenang itulah yang akan membuat anda dapat berfikir dan bertindak secara matang

9. Bodoh

Bodoh biasanya perusak sukses diri. Lakukan diri agar seterusnyanya disukai orang lain

Setiap orang lahir dalam kondisi tidak tahu apa apa. Kemudian ia berproses menjadi seseorang yang bernilai. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjadi orang cerdas, cara mudahnya adalah ikuti tips ini 10 Hal Sederhana yang Akan Membuat Anda Menjadi Orang yang Lebih Cerdas. Silahkan dibaca!

10. Mengeluh

Mengeluh itu awal penjauhan tujuan yang diharapkan. Jangan sekali-sekali mengeluh sebelum tahu tujuannya.
#selamatmembina #kakyatno

Semoga apa yang disampaikan oleh Kak Yatno di atas dapat benar benar kita resapi, dan sebisa mungkin kita hindari sifat-sifat tercela tersebut. Supaya membuat kehidupan kita menjadi lebih baik, serta kesuksesan yang kita harapkan segera tercapai.

Suka dengan artikel ini, silahkan share ya sob, supaya teman-teman yang lain juga bisa membacanya
10 Kebiasaan yang Dapat Menghambat Kesuksesan Anda