Manfaat Humor dan Tawa dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas

Diakui apa tidak, bahwa siswa mengkatagorikan gurunya kedalam 2 sifat ini, yaitu guru sabar, dan guru galak. Entah apa alasan mereka sangat jarang sekali mengkatagorikan para guru dengan kategori kompeten dan kurang kompeten.

Guru yang sangat galak sekali, atau lebih populernya di sebut guru killer, akan lebih popler di sekolah. Mungkin jika Anda kebetulan ingin menjadi guru mudah dikenal di sekolah, salah satunya adalah dengan menjadi guru yang killer, bahkan super killer. Namun apakah Anda akan merasa senang dengan julukan tersebut?, saya yakin tidak.

Lha, bagaimana siswa bisa nurut sama guru kalau gurunya tidak galak?, siswa sekarang kan lebih aktif daripada siswa jaman dulu?
Jadilah guru tegas. Itu jawabannya.

Apa bedanya galak dan tegas? ya sangat erbeda sama sekali, dapat Anda cari tahu sendiri jawabannya.

Karena pada kesempatan kali ini, Infojempol ingin berbagi tentang Manfaat Manfaat Humor dan Tawa dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas.

Suasana kelas tidak harus selalu tegang, karena hanya akan menimbulkan kerenggangan hubungan antara guru dan siswa. Kelas yang suasananya selalu tegang dan mencekam, akan membuat para siswa tidak mampu menerima pembelajaran secara maksimal. Dan jelas kreatifitas mereka akan terbatasi karena selalu was-was dan di tekan rasa takut.

Oleh karenanya, perlu membagun suasana kelas yang nyaman dan menyenangkan, dan hal tersebut hanya dapat dilakukan oleh guru yang bersangkutan. Keterampilan guru sudah di atur dalam halaman ini: Keterampilan Pedagogik Bagi Guru

Berikut ini infojempol sajikan beberapam manfaat humor dan tawa dalam kelas
Silahkan di baca secara seksama

1. Tertawa dan tersenyum menyebabkan terlepasnya zat-zat endorfin ke dalam darah. Itu adalah kesengan kimiawi alami. Kita merasa sangat gembira dan menikmati saat itu

2. Saat kita tertawa bersama mereka (bukan menertawakan mereka), kita mengikat dan membentuk suatu rasa diikutsertakan.

Para siswa akan merasa dia anggap oleh seorang guru hanya karena guru dan siswa saling tertawa bersama. Emosional akan terbentuk lebih kuat dengan cara tertawa bersama dalam kelas.
Namun harus diingat, bahwa ini juga ada batasnya. Anda harus tahu porsi untuk melakukan ini.

3. Karena emosi dapat mengikat daya ingat, maka tertawa akan menaikkan kesempatan para siswa untuk mengingat apa yang sudah mereka pelajari

Ketika Anda berada dalam tekanan, apa yang terjadi? Pasti tidak mampu berfikir dengan jernih. Sama halnya dengan mereka.
Siswa bukan para robot yang terus terusan di perintah dan di tekan, mereka punya hati dan perasaan. Saat para siswa di kelas merasa nyaman, mereka akan lebih mudah mengingat apa yang kita sampaikan.

4. Tertawa yang sehat dapat mengendorkan ketegangan dan tekanan. Ini akan dapat meringankan sikap mental siswa dan mengurangi kesempatan untuk menyerah atau merasa frustasi

Silahkan baca juga: AD ART PGRI Terbaru 2017 (Anggaran Dasar Rumah Tangga Persatuan Guru RI)

Semoga apa yang Infojempol sajikan, dapat bermanfaat bagi sobat.
Manfaat Humor dan Tawa dalam Kegiatan Belajar Mengajar di Kelas