3 Cara Dasar Pencegahan dari Corona / Covid-19

Selalu sehat merupakan sesuatu yang diinginkan oleh setiap mahluk hidup. Namun ada kalanya suatu wabah penyakit benar-benar mengancam kesehatan dan bahkan nyawa kita. Seperti Virus Corona / Covid-19 yang saat ini tengah menjadi momok bagi warga dunia, termasuk Indonesia.

Untuk itulah Admin berbagi tips tentang cara cara pencegahan dasar supaya terhindar dari inveksi virus Corona

Informasi ini Admin rangkum dari berbagai sumber terutama dari situs resmi WHO yang secara berkesinambungan mengupdate informasi tentang Covid-19

3 cara dasar pencegahan Covid-19 ini sagat realistis berdasarkan bagaimana cara virus Corona itu meyebar. Jika kamu belum tahu silahkan baca artikel yang berjudul "Inilah Cara Penyebaran Virus Corona/ Covid-19 yang Wajib Kamu Ketahui"

Berikut ini 3 Cara Perlindungan Dasar dari Inveksi COVID-19


1. Cuci tangan secara teratur dan sesering mungkin

Gunakan sabun dan air mengalir untuk mencuci tangan, atau menggunakan air yang mengandung alkohol.

Jika kamu berada diluar rumah dan kesulitan mencuci tangan dengan sabun dan air, makan gunakan Hand Sanitizer

Namun saat sampai dirimah, ataupun menjumpai fasilitas yang meyediakan cuci tangan dengan sabun dan air, maka manfaatlah. Karena hal itu akan lebih efektif dari sekedar Hand Sanitazer.

Mengapa cuci tangan?
Karena saat beraktifitas, kamu pasti banyak memegang atau menyentuh benda yang memiliki potensi besar hinggapnya kuman dan virus. Oleh karena itu dengan mencuci tangan secara teratur, tangan kamu akan bebas dari kuman dan virus

2. Pertahankan jarak 1 meter dengan orang lain

Sebenarnya saran untuk tetap menjaga jarak 1 meter ini adalah dari orang yang sedang batuk atau bersin. Karena batuk atau bersin tersebut pasti akan mengelurkan cairan kecil yang berpotensi menularkan virus.

Mengapa 1 meter?
Nah, karena kita tidak pernah tahu kapan orang orang yang ada disekitar kita bersin/ batuk, maka disarankan untuk menjaga jarak sosial setidaknya 1 meter degan siapa saja

Jarak sosial yang disarankan oleh WHO adalah 3 feed, atau 90cm. untuk mudahnya kita menyebutnya 1 meter, begitu.

Memang untuk menjaga jarak 1 meter dengan orang lain itu cukup sulit. Oleh karena itu disarankan untuk membatasi keluar rumah ataupun pergi ke tempat kerumunan orang, seperti pasar, mall dan lain sebagainya.

3. Hindari menyentuh mata, hidung atau mulut

Mengapa harus dihindari?
Tangan merupakan bagian tubuh yang memiliki potensi besar menjadi tempat bersarangnya kuman dan virus. Karena tangan (terutama telapak tangan) adalah bagian yang paling sering digunkan untuk menyentuh sesuatu.

Dengan menyentuh sesuatu, otomatis akan terjadi perpindahan virus ke tangan. Setelah tangan mengalami kontaminasi, gunakan untuk menyentuh mata, hidung atau mulut. Dari bagian bagian itulah virus masuk ke tubuh dan menyebabkan sakit.
3 Cara Dasar Pencegahan dari Corona / Covid-19