Tema dan Logo Resmi Hari Santri Nasional 2019

Tema dan logo Hari Santri Nasional telah di tetapkan oleh Pengurus Pusat Rabithah Ma’ahid Al-Islamiyyah Nahdlatul Ulama (PP RMI NU). Seperti apa bentuk dan makna logo tersebut, silahkan baca ulasannya disini

Hari Santri Nasional diperingati setiap tanggal 22 Oktober. Dan pada tahun 2019 ini merupakan peringatan yang ke 4 kalinya

Di tahun 2019, pembutan logo Hari Santri Nasional dijadikan sayembara yang bersifat umum. Artinya semua elemen masyarakat dapat ikut berpartisipasi dalam pembuatan desain logo Hari Sanri Nasional 2019

Pemenang sayembara adalah Muhammad Ainun Na’im (@mas_naim). Maka hasil karyanya ditetapkan sebagai logo resmi Hari Santri Nasional 2019.

Inilah Logo Resmi Hari Santri Nasional 2019


Jika logo tersebut diaplikasikan pada background yang gelap, menjadi seperti ini


Untuk mengundul file dalam format JPEG (high quality), PNG, Coreldaraw ,
silahkan buka
Download Logo Hari Santri Nasional 2019 File Coreldraw (CDR) dan PNG Trasparan

Filosofi dan Makna Logo Hari Santri Nasional 2019

Dilansir dari nu.or.id menyebutkan :
“Logo terdiri atas komposisi sejumlah warna. Gradasi warna biru dan hijau merupakan citra kesuburan dan kemakmuran Indonesia dengan kekayaan alam baik di laut maupun di darat,” kata salah satu dewan juri Sayembara Logo Hari Santri 2019, M Alfu Niam, mengutip ulang gagasan pembuat logo, kepada NU Online, Rabu (18/9).

Adapun warna emas, lanjutnya, yang menjadi titik pada logo itu menyiratkan santri sebagai generasi emas bangsa Indonesia dan penjaga tradisi keislaman dan keindonesiaan. “Warna emas dalam logo berjumlah lima titik yang menandai lima rukun Islam sebagai simbol keislaman dan menandai lima sila dasar negara sebagai simbol keindonesiaan,” jelasnya.

Dan bagaimana dengan tema Hari santri tahun ini?
Sepertinya sobat sudah bisa menebak temanya, karena terma tersebut juga termuat dalam logo

Tema Hari Santri Nasional 2019 adalah "Santri Unggul Indonesia Makmur"

Ayo kita sebagai para santri atupun elemen elemen yang masuk didalamnya ikut serta memeriahkan kegiatan Peringatan Hari Santri Nasional 2019 ini.

Banyak hal yang bisa kita lakukan. Seperti mengadakan bakti para santri untuk masyarakat sekitar, mengadakan kegiatan perlombaan antar diniyah, dan lain sebagainya.
Tema dan Logo Resmi Hari Santri Nasional 2019