-->

PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Pengoptimalan Nilai Guna Kain Flanel Sebagai Bahan Accesoris yang Lebih Bernilai Ekonomi

Mahasiswa harus lebih kreatif! Saya sangat setuju sekali. Karena mahasiswa merupakan calacon orang orang yag akan membangun negeri ini. Apa jadinya Indonesia jika para mahasiswanya "mlempem" alias tidak memiliki kreatifitas yang berguna?

Oleh karenanya pada kesempatan kali ini, Infojempol ingin mebagikan contoh PKM. Berharap bahawa yang di sajikan dalam halaman ini memberikan inspirasi bagi para sobat mahasiswa semua.

Silahkan disimak
PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
BIDANG KEGIATAN
PKM-K

Diusulkan Oleh: 
Mohammad Yasin (Ketua) NIM. 2100820006

(logo perguruan tinggi) 

UNIVERSITAS ISLAM MALANG 
MALANG 
TAHUN 2012 

HALAMAN PENGESAHAN
USULAN PROGRAM KREATIVITAS MAHASISWA
  • Judul Kegiatan : Pengoptimalan Nilai Guna Kain Flannel Sebagai Bahan Accesoris yang Lebih Bernilai Ekonomi di Kalangan Mahasiswa Kota MALANG 
  • Bidang Kegiatan: PKM-K 
  • Bidang Ilmu: Ekonomi 
Ketua Pelaksana Kegiatan
  • Nama lengkap : Mohammad Yasin 
  • NIM: 2100820006 
  • Jurusan: Akuntansi 
  • Universitas : Universitas Islam Malang 
  • Alamat Rumah dan Nomor Telp/HP : Ngasinan RT 05/ RW 02- Kragan- Rembang- Jawa Tengah (085696229245 ). 
  • Alamat email: Yasient76_guyz@yahoo.co.id 
  • Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis: 2 orang 
Dosen Pendamping
  • Nama Lengkap dan Gelar: Hj.Jeni Susyanti, SE,MM, 
  • NIP : 195.02.00019 
  • Alamat Rumah dan Nomor Telp/HP: Jl. Opak No.21 Malang, (0341-441855)/ 0811369164 
Biaya Kegiatan Total:
  • Dikti : Rp. 3.138.000 
  • Sumber lain : Rp - 
  • Jangka Waktu Pelaksanaan Kegiatan: 9 Bulan

Malang, 28 September 2012
Menyetujui
Pembantu Dekan III
Fakultas Ekonomi


(Agus Windarko, SE.,MM)
NIP: 188.02.00003
Ketua Pelaksana




(Mohammad Yasin)
NIM. 2100820006


Pembantu Rektor
Bidang Akademik & Kemahasiswaan


(Dr. Ir. Badad Muwakhid, MP)
NIP. 190.02.00034
Dosen Pendamping



Hj. Jeni Susyanti, SE, MM
NIP. 195.02.00019

DAFTAR ISI
  • HALAMAN PENGESAHAN 
  • DAFTAR ISI 
  • A.Judul Program 
  • B.Latar Belakang Masalah 
  • C.Perumusan Masalah 
  • D.Tujuan 
  • E.Output atau Luaran yang diharapkan 
  • F.Kegunaan 
  • G.Gambaran Umum Rencana Usaha 
  • H.Metode Pelaksanaan 
  • I.Jadwal Kegiatan 
  • J.Rancangan Biaya 
  • K.Lampiran

A.JUDUL
Pengoptimalan Nilai Guna Kain Flanel Sebagai Bahan Accesoris yang Lebih Bernilai Ekonomi di Kalangan Mahasiswa.

Baca juga PKM Lainnya: PKM-PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA BIDANG VOCABBULARY KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI METODE BERBASIS FLASH

B.LATAR BELAKANG MASALAH
Globalisasi membawa dampak dan pengaruh diberbagai sector. Hal ini membawa pengaruh besar terhadap perkembangan dan kemajuan suatu bangsa dalam pengambilan peranan dan pemanfaatan globalisasi tersebut. Hal yang paling dirasakan oleh Negara-negara di dunia ini adalah pengaruh globalisasi disektor ekonomi khususnya. Misalnya Negara kita sendiri yang sampai saat ini masih terbelenggu masalah kemiskinan dan pengangguran. Keadaan seperti ini dipicu oleh karena sebagian rakyat Indonesia berpendidikan rendah serta minimnya lapangan pekerjaan yang ada di dalam negeri ini. Sehingga hal tersebut menyebabkan meningkatnya angka TKI yang keluar negeri. Melihat fenomena yang seperti ini diperlukan media untuk memacu semangat rakyat Indonesia agara supaya bisa lebih mandiri dan tidak bergantung lagi pada Negara lain.

Penyebab utama terjadinya penganguran diantaranya adalah minimnya kesempatan kerja dan lapangan kerja yang tersedia (“Potret ekonomi dalam negeri”, Kompas. 10 september. 2012. Hal 5) , maka dari itu dibutuhkan bimbingan dan bekal keterampilan dalam berwirausaha agar rakyat Indonesia bisa lebih mandiri dan bisa membuka lapangan kerja sendiri baik untuk dirinya sendiri maupun orang yang ada disekitar lingkungannya. Peranan wirausaha disini mutlak diperlukan yaitu untuk ikut serta memperkokoh perekonomian bangsa ini.

Mahasiswa yang merupakan agen dari pada adanya suatu perubahan peradaban yang lebih baik, baik dalam bidang social, ekonomi maupun politik perlu adanya training. Sehingga dalam hal ini nantinya diharapkan para mahasiswa ini akan bisa menjadi insan yang mandiri dan bermartabat di masyarakat. Satu hal yang menjadi bekal penting dalam mewujudkan itu adalah bahwa mahasiswa itu harus belajar untuk bisa dan mampu menjadi wirausaha yang baik.

Dalam hal ini Perguruan tinggi memiliki peranan penting dalam membentuk jiwa wirausaha karena dari perguruan tinggi inilah diharapkan nantinya wirausaha baru bisa tumbuh. Belakangan ini banyak perguruan tinggi yang merasa perlu untuk membekali mahasiswanya dengan pengetahuan dan keterampilan dalam berwirausaha sehingga dapat membantu pemerintah dalam menekan jumlah pengangguran yang semakin lama semakin banyak di Negara kita ini.

Seperti contoh kota Malang, Malang yang merupakan kota pendidikan adalah suatu kota yang kondusif dan nyaman untuk mencari ilmu sebagai pedoman dan modal hidup di masyarakat. Tak heran kalau sebagian besar pelajar di malang adalah pelajar dari luar malang. Dari banyaknya pelajar dan para mahasiswa yang mencari ilmu di Malang, adalah suatu langkah yang strategis untuk menciptakan dan mengembangkan usaha di tingkat mahasiswa atau justru merupakan buah simalakama bagi para pelajar dan mahasiswa yang selalu hidup dengan pola hedonisme yang berakibat pada banyaknya pengangguran intelektual.

Dalam hal ini penulis mencoba meperkenalkan salah satu bisnis accesories yaitu pembuatan bros, gelang dan hiasan kerudung cantik yang berbahan dasar kain flanel. Bisnis ini muncul karena banyaknya orang yang menginginkan kecantikan dan keindahan dalam penampilannya.

C. PERUMUSAN MASALAH
Dari uraian latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan beberapa masalah sebagai berikut :
Membiasakan pola pikir yang kreatif dan inovatif pada diri mahasiswa agar terbentuk insan yang mandiri dan bermartabat di masyarakat.
Melatih tingkat kreatifitas mahasiswa agar lebih peka terhadap gejala sosial yang ada di masyarakat dalam upaya hidup mandiri dengan memanfaatkan barang- barang yang tidak bernilai seperti pemanfaatan kain flanel sebagai accesoris.

D.TUJUAN
Ada beberapa tujuan dari program kegiatan ini, diantaranya :
Memotivasi mahasiswa agar lebih respon terhadap berbagai macam peluang usaha yang berorientasi profit disekitar lingkungan tempat tinggal.
Meningkatkan keterampilan, pengetahuan dan pengalaman mahasiswa
terutama dalam bidang berwira usaha sehingga tercipta insan yang mandiri.
Mempersiapkan mental bagi para mahasiswa lulusan perguruan tinggi dalam hidup di masyarakat yang memiliki tingkat kemampuan wirausaha secara professional.
Membentuk akses jaringan dan meningkatkan komunikasi dengan pihak luar sehingga terbentuk jaringan kerjasama dan pemasaran yang luas.

E.TARGET OUTPUT atau LUARAN YANG DIHARAPKAN
Output atau keluaran dari hasil program kegiatan ini diharapkan dapat memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman serta keterampilan dalam berwirausaha bagi para mahasiswa. Lanjutan dari kegiatan ini nantinya juga diharapkan bisa diikuti bagi para pemula sehingga menumbuhkan peminat baru yang berbakat di dunia wirausaha. Kegiatan usaha ini tidak hanya bisa di kerjakan oleh mahasiswa saja tetapi di harapkan bisa dilakukan oleh semua kalangan, karena memang mudahnya menemukan bahan baku (bahan utama) dalam pembuatannya. Selain itu, kegiatan usaha ini juga ada beberapa aspek yang menjadi nilai keunikan tersendiri, yaitu diantaranya:
  1. Bahan dasar/ bahan baku produk berasal dari kain flanel yang merupakan barang yang kurang nilai guna. 
  2. Bahan dasar/ bahan baku mudah didapat di pasar. 
  3. Produk bisa didesain dengan berbagai bentuk dan warna sesuai dengan keinginan dan pangsa pasar. 
  4. Produk merupakan kebutuhan kaum muda yang selalu ingin tampil menarik terutama pada kaum wanita yang selalu ingin tampil lebih cantik, hal ini akan tunbuh dan berkembang mengikuti zaman. 
  5. Harga beli produk murah dan terjangkau dari berbagai kalangan masyarakat sesuai dengan selera dan keinginan konsumen. 
  6. Dapat memperindah dan mempercayakan diri penampilan kaum perempuan (muslimah) yang merupakan kebutuhan utamanya, terutama para mahasiswi.

F. KEGUNAAN
Hasil dari program kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi kepada para mahasiswa untuk berwirausaha dan menciptakan lapangan pekerjaan untuk dirinya sendiri dan orang lain. Wirausaha dalam kegiatan ini dituntut untuk lebih peka dan kreatif atas kondis lingkungan. Dalam hal ini diharapkan agar para mahasiswa mampu mengaplikasikan pengertian bahwa wirausaha itu dituntut untuk lebih kreatif dengan cara memanfaatkan barang- barang bekas yang kurang bernilai jual di sekitar kita menjadi barang- barang yang lebih bernilai ekonomi dalam rangka memenuhi kebutuhan hidup manusia.

G. GAMBARAN UMUM RENCANA USAHA.
Dengan berdasarkan jumlah kaum perempuan yang ada di kota malang dan didominasi oleh sebagian besar kaum muslim maka poduk ini sangat cocok bagi mereka yang memakai kerudung untuk menambah kecantikan dan agar lebih percaya diri. Dalam hal ini kami mencoba memasarkannya melalui system jaringan dan secara lansung kesantri-santri pondok disekitar kampus maupun di luar wilayah kampus. Selain metode metode pemasaran diatas kami juga membangun metode pemasaran dengan system kepercayaan (business is trust). System pemasaran yang telah kami lakukan melalui pemamfaatan system jaringan misalnya kerja sama antara mitra kerja ( Ayu Collection ) dengan Hijab (komunitas muslim berjilbab) dan koperasi pondok maupun kampus di kota malang. Pemasaran ini juga kita lakukan dengan membuka stan penjualan disaat pelaksanaan wisuda Universitas Islam Malang.

H. METODE PELAKSANAAN.
Program PKMK ini dilaksanakan dengan metode praktek dan survay pada pangsa pasar serta manjalin kerja sama dengan berbagai kelompok atau kalangan. Tahapan yang dilakukan adalah sebagai berikut:

H.1 Analisis pangsa pasar.
Dengan melihat bahwa barang atau produk yang kami hasilkan adalah jenis- jenis dari pada accesesorice, maka sasaran kami kebanyakan kepada orang- orang yang berjiwa selalu ingin tampil menarik. Kebanyakan kalangan yang kami bidik dari kaum tersebut adalah kaum muda baik cewek maupun cowok yang selalu ingin tampil menarik, seperti para mahasiswa maupun mahasiswi serta ibu- ibu yang gemar dengan pengajian.

Dalam hal pemasaran kami mencoba untuk masuk ke dalam koperasi atau ritel- ritel yang ada di kampus. Selain itu kami juga berusaha memperkenalkan serta memperluas pasar penjualan produk kami melalui toko accesorice di dalam kota seperti “ Ayu Collection” serta masuk ke dalam forum komunitas muslim berkerudung (moeslem veil community) yang telah ada di kota malang.

H.2 Analisis Swot.
kekuatan (Strengths).
  • Ada beberapa point tersendiri yang ada pada produk tersbut. Hal tersebut yang menjadikan produk tersebut memiliki daya tarik tersendiri kepada para pelanggan kami, diantaranya: 
  • Bahan dasar atau bahan utama dari pada produk tersebut berasal dari kain flanel yang merupakan barang yang kurang nilai guna dengan harga yang murah. 
  • Bahan dasar atau bahan baku mudah didapat di pasar. 
  • Produk bisa didesain dengan berbagai bentuk dan warna sesuai dengan keinginan dan pangsa pasar. 
  • Produk merupakan kebutuhan kaum muda yang selalu ingin tampil menarik terutama pada kaum wanita yang selalu ingin tampil lebih cantik, hal ini akan tunbuh dan berkembang mengikuti zaman. 
  • Harga beli produk murah dan terjangkau dari berbagai kalangan masyarakat sesuai dengan selera dan keinginan konsumen. 
  • Dapat memperindah dan mempercayakan diri penampilan kaum perempuan (muslimah) yang merupakan kebutuhan utamanya, terutama para mahasiswi. 
  • Bisnis ini dapat dilakukan atau dikerjakan oleh semua kalangan serta bisnis ini akan selalu berkembang mengikuti perkembangan zaman. 
  • Telah memiliki partner dengan bentuk kerja sama dengan beberapa toko atau outlet accesorrice serta dengan beberapa jam’iyyah yang telah dikenal oleh banyak orang di kota Malang. 

Kelemahan (weaknesses)
  • Dituntut untuk selalu mengupdate informasi yang berkaitan dengan style karena memang bisnis ini akan selalu berkembang mengikuti zaman. 
  • Diperlukan penjual atau marketer yang memiliki keluesan dalam penjualan karena memang didalam bisnis ini marketer akan menghadapi berbagai kalangan yang memiliki karakter yang berbeda. 

Peluang (opportunities)
  • Bisnis ini cocok dan sesuai dilakukan dan dikerjakan di kalangan mahasiswa yang kebetulan sudah atau belum pernah belajar berwirausaha. 
  • Tempat atau lokasi perusahaan dengan pasar yang akan dibidik tempatnya 

Hambatan (Threaths)
  • Banyaknya bermunculan usaha sejenis sebagai pesaing bisnis karena memang mudahnya untuk menciptakan usaha tersebut. 
  • Minimnya peminat terutama dari kalangan mahasiswa untuk mencoba dan memakai produk tersebut karena kebanyakan dari mahasiswa berfikir bahwa produk dalam negeri (terutama produk hasil dari karya mahasiswa) ini kurang berkualitas dan bergengsi. 
  • Masih minimnya kecintaan akan produk dalam negeri, kebanyakan dari kaum muda (Mahasiswa) masih berfikir lebih bangga mengkonsumsi produk dari luar negeri yang dianggapnya lebih bergengsi. 

I. JADWAL PELAKSANAAN
NO
Kegiatan
WAKTU PELAKSANAAN BULAN KE
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Sosialisai oleh kopertis ke PTS











2
Pengusulan proposal ke kopertis











3
Seleksi Administrasi Oleh Kopertis











4
Seleksi oleh tim juri











5
Penetapan penerima PMW











6
Penandatanganan Kontrak dengan Kopertis dan PTS Kordinator










7
Pencairan Modal











8
Pembekalan Mahasiswa Oleh PTS kondinator










9
Pelaksanaan usaha (PMW) Oleh mahasiswa





10
Monitoring dan Evaluasi (Sedang Megang)










11
Monitoring dan Evaluasi (Paska magang)











12
Pelaporan












J.RANCANGAN BIAYA
Dalam hal penjualan kami sangat berhati-hati didalam aspek keuangan. Hal ini disesuaikan dengan tingkat ekonomi konsumen dan besarnya biaya produksi. Adapun biaya produksi yang dibebankan dalam produk ini (bros flanel) sebagai berikut:

Biaya variabel/variable cost (vc)
No.
Keteranagan
Jumlah satuan
Harga satuan (Rp)
TOTAL (Rp)
1.
Limbah kain flannel
Sisa konveksi
2.
Peniti
1000
200
200.000
3.
Benang
25
1.000
25.000
4.
Jarum
1 pack
3.000
3.000
5.
Plastik
10
1.500
15.000
6.
Lem
25
1.000
25.000
7.
Pernak-pernik
1 pack
20.000
20.000
8.
Pita
10 pack
5.000
50.000
9.
Kertas Merk
1000
50
50.000
Total
388.000
Biaya Tetap/fixed cost (FC)
No.
Keteranagan
Jumlah satuan
Harga satuan (Rp)
TOTAL (Rp)
1.
Sewa tempat
2 Bulan
800.000
1.600.000
2.
Pistol lem
1 buah
100.000
100.000
4.
Biaya listrik
2 Bulan
100.000
200.000
5.
Biaya telephon
2 Bulan
100.000
200.000
6.
Biaya transportasi
2 Bulan
150.000
300.000
7.
Biaya Promosi


350.000
Total
2.750.000

Total cost (TC)
=Total Variable cost (VC) + Total Fixed cost (FC)
= Rp. 388.000+ Rp. 2.750.000
= Rp. 3.138.000

Harga Pokok Produksi (HPP)
= Rp. 3.138.000 : 1.000
= Rp.3138

Harga jual ditentukan sebesar Rp.4000
Total Revenue (TR)
= Rp. 4.000 x 1.000
= Rp. 4.000.000

Laba Operasi
= Total Revenue (TR) – Total Cost (TC) per hari
= Rp. 4.000.000 – Rp. 3.138.000
= Rp. 1.138.000

BEP (Q)
= Total Cost (TC) : Price
= Rp. 1.138.000 : Rp. 2000
= 569 unit

Artinya pada produksi 292 unit akan mengalami titik impas atau tidak menerima keuntungan maupun kerugian.

BEP ( P )
= Rp. 3.138.000 : 1.000
= Rp. 3138
= Rp. 3200

Artinya pada harga Rp.600,- per unit akan mengalami titik impas atau jika tidak ingin menderita kerugian harus menetapkan harga diatas harga tersebut.

Jumlah modal
= Total cost (biaya)
= Rp. 3.138.000

Jumlah Banyak Penjualan pada Tingkat BEP
= Jumlah Modal : Laba Operasi
= Rp. 3.138.000 : Rp. 1.138.000
= 2,8

Maka perusahaan akan balik modal jika perusahaan mendapatkan 3 kali produksi dengan kuantitas penjualan sebanyak 1.000 unit.

Indikator Keberhasilan
Hasil dari PKMK ini diharapkan bisa memberikan bekal pengetahuan dan pengalaman dalam berwiarausaha bagi mahasiswa dan peserta magang didunia bisnis. Selain itu Peserta PKMK ini juga harus mampu mengembangkan usaha ini tidak hanya untuk kalangan mahasiswa saja tetapi bisa melakukan ekspansi usaha sehingga bisa memenuhi permintaan pasar sehingga bisa menambah profit yang diperoleh. Dengan demikian diharapkan ada beberapa target yang bisa tercapai, baik dari kalangan mahasiswa, para pebisnis, ayu collection,hijab (moeslem veil community) serta Fakultas Ekonomi UNISMA sebagai intitusi yang terkait.

Prospek ke Masa Depan (keberlanjutkan).
Dengan adanya kerja sama melalui beberapa mitra kerja seperti Ayu collection maka bagi mahasiswa yang telah magang bisa membekali dirinya di masyarakat untuk berwirausaha seperti berproduksi dan membuka otlet- otlet sejenis di berbagai daerah. Hal tersebut didasarkan karena disamping sudah adanya pembekalan untuk berwirausaha, proses pengembangan usaha tersebut adalah karena mudah ditemukannya bahan baku produk tersebut. Berdasarkan banyaknya mahasiswa Fakultas Ekonomi UNISMA yang dibekali wawasan tentang wirausaha tersebut maka akan timbul regenerasi yang berkelanjutan dalam pengembangan usaha tersebut.

Lampiran- lampiran


LAMPIRAN 1
Gambar jenis alat pemotong dan penunjang usaha yang berupa gunting pemotong,kain flanel, lem dan lain- lain.
Macam dan bentuk gambar produk hasil akhir.





LAMPIRAN 2
Biodata Ketua dan Anggota Pelaksana Kegiatan

A. Biodata Ketua Pelaksana Kegiatan.
  • Nama: Mohammad Yasin. 
  • NIM: 2100820006. 
  • Tempat, Tanggal lahir : Rembang, 23 februari 1990 
  • Jenis Kelamin: Laki- laki. 
  • Fak/ Jur: Ekonomi/ Akuntansi. 
  • Perguruan tinggi: Universitas Islam Malang. 
  • Alamat Asal : Ngasinan, Kragan, Rembang. 
  • Alamat sekarang : Jln. Tata Surya No. 3 Malang 
  • Tlp/Hp : 085696229245 
  • E-mail: yasient76_guyz@yahoo.co.id 
  • Riwayat pendidikan: 
    • SD Negeri Ngasinan lulus 2002 
    • SMP Negeri 2 Kragan Lulus Tahun 2005 
    • SMA Negeri 1 Kragan Lulus Tahun 2008 
    • S1 Jurusan Akuntansi UNISMA , sekarang 
  • Pengalaman Organisasi : 
    • Pengurus Lembaga pers UNISMA. 
    • Pengurus UKM MATAN UNISMA. 
    • Pengurus BKM FE UNISMA. 

Malang, 28 September 2012
ttd
Mohammad Yasin

B. Biodata Anggota 1
  • Nama: Azis Al Fahmi 
  • Tempat tanggal lahir: Banyuwangi, 12 Agustus 1993 
  • Jenis Kelamin: Laki-laki 
  • Fak/Jurusan: Ekonomi/Akuntansi 
  • Perguruan Tinggi: Universitas Islam Malang 
  • Alamat Asal: Dsn.Kendal Ds.Sumberbaru Kec.Singojuruh Kab.Banyuwangi Rt.03 Rw.01 
  • Alamat di Malang: jln.MT.Haryono no.04 
  • No.Telf/HP: 0857 9135 9240 
  • Riwayat pendidikan : 
    • SDN 1 Sumberbaru Kec.singojuruh Kab.Banyuwangi, Lulus tahun 2005 
    • SMPN Manba’ul Falah Kec.Singojuruh Kab.Banyuwangi, Lulus tahun 2008 
    • SMKN Ihya’Ulumudin Kec.Singojuruh Kab.Banyuwangi, Lulus tahun 2011 
    • Sedang menempuh S-1 jurusan Akuntansi, Fak.Ekonomi UNISMA 

Malang, 28 September 2012
ttd
Azis Al fahmi

LAMPIRAN 3

CURICULUM VITAE
  • Nama:Hj.Jeni Susyanti, SE,MM, BKP. 
  • NIP :195.02.00019 
  • NIDN:0724016702 
  • Tempat / Tgl Lahir :Madiun, 24 Januari 1967 
  • Agama/ Jenis Kelamin:Islam/ Perempuan 
  • abatan Struktural Akademik:Dosen tetap 
  • Alamat Rumah :Jl. Opak No.21 Malang Telp ( 0341 ) 498993 HP. 0811369164email:jeni_ad77@yahoo.co.id jenisusy@gmail.com 
  • WebBlog: http://Jeni-Susyanti.blogspot.com 
  • Riwayat Pendidikan 
    • SDN Abd. Saleh III Singosari, Malang, lulus tahun 1979 
    • SMPK Cor Jesu Malang, lulus tahun 1982 
    • SMAN I Malang, lulus tahun 1985 
    • Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen, Universitas Brawijaya Malang, lulus tahun 1991 
    • Program Pasca Sarjana, Program Studi Manajemen- Konsentrasi Keuangan, Universitas Brawijaya Malang,lulus tahun 2002 
    • Bersertifikat Konsultan Pajak, brevet A Nomor: Kep.006/SK-BP.USKP/XII/2010 Tanggal 24 Januari 2011, Ikatan Konsultan Pajak Indonesia Badan Penyelenggara Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak 

Malang, 28 September 2012
ttd
Hj.Jeni Susyanti, SE,MM, BKP
PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Pengoptimalan Nilai Guna Kain Flanel Sebagai Bahan Accesoris yang Lebih Bernilai Ekonomi