Peranan Sekolah Terhadap Perkembangan Kepribadian Siswa/ Siswi

Kategori
Pertama kita wali dengan pengertian belajar, secara sederhana dapat saya katakan belajar adalah proses perubahan pengetahuan, pola pikir dan tingkah laku akibat suatu pengalaman,

Sedangkan sekolah adalah salah satu tempat belajar yang menurut saya pribadi paling cocok untuk belajar.

Kenapa demikian?, disamping kita akan mendapatkan ilmu yang bermanfaat, di sekolah kita juga akan belajar bersosial dengan orang lain. Kita juga akan berlatih untuk kerja sama dengan orang-orang yang ada di sekitar kita.


Kata guru saya seperti ini Sob
"dalam belajar seorang siswa/siswi tidak hanya perlu mengetahui/memahami mata pelajaran saja (learning to know), tapi bagaimana pembelajaran tersebut menjadi suatu media untuk learning to do, learning to understand and learning to live together"

Dan sekolah sudah dapat mencakup 3 aspek pembentuk kepribadian tersebut.

Learning to do, belajar untuk melakukan, di sekolah anak diajari taat pada guru, sungkem, hal tersebut dapat membentuk rasa tawadhu' dan tatakrama anak kepada seorang guru.

learning to understand, anak belajar untuk memahami segala hal di sekolah, memahami pelajaran, memahami aturan-aturan sekolah, memahami karakter teman dan lain sebagainya

learning to live together, anak belajar bermasyarakat di sekolah, hal tersebut kurang dapat diraih di kursus atau bahkan les private.

Baca juga:Tips menenangkan hati/membuat hati selalu tenang
Terimakasih sudah berkunjung ke blog kami, cari dan temukan artikel menarik lainnya di Infojempol

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon