-->

Program Melek IT-Panduan Dasar Penggunaan Handphone/HP Nokia Model 1280

Mungkin saat ini sudah sangat menjamur sekali tutorial-tutorial tentang cara menggunakan Gatget, khususnya HP (HandPhone), apalagi HP dengan model yang sangat sederhana seperti yang akan saya tulis kali ini.

Namun, artikel yang saya posting di blog saya kali ini adalah sebuah program "MELEK IT". sebuah program yang masih saya uji coba dengan objek masyarakat desa usia 40 tahun keatas, yang dimana mereka ini baru pertama kali memegang HP. dan syarat yang di butuhkan adalah mereka harus bisa membaca dan mengerti bahasa Indonesia, itu saja.

Karena rumah saya di desa, jadi mudah dalam mencari objectnya,, hehe...

Dan yang terpenting adalah tutorial ini saya buat khusus untuk ibu saya tercinta. Kan ceritanya saya kuliah, untuk bisa berkomunikasi dengan keluarga dirumah (di desa) makanya perlu telepon. Ibu yang belum mengenal telepon, disela-sela aktivitas kuliah saya buatkan tutorial ini, kemudian pada waktu pulang saya ajarkan ke sang ibu tercinta.

Ditengah-tengah saya mengajari ibu saya, ada kerabat dan juga tetangga yang tertarik, ya akhirnya diperluas deh pembelajarannya :D

Waktu itu belum muncul yang namanya smartphone, dan nokia masih menjadi raja telepon genggam.

Pertimbangan lain yang saya gunakan memilih Merek dan Model Ini bukan semata-mata promosi, hanya melihat dari sisi Keypad nya yang berukuran relatif besar. harga ekonomis dan tentunya gak mudah rewel, tau sendiri kan masyarakat desa kayak gimana... heheh...

Dan yang lebih heboh, ini hp keluaran terbaru lho :D

Daripada tutorial ini ngendap dalam hardisk PC, saya posting saja, barangkali bermanfaat:)


Program Melek IT ini tidak digunakan untuk mencari laba atau yang sejenisnya, namun hanya sebuah panggilan sosial dari hati saya untuk ikut serta memajukan tetangga,

Dalam pin yang saya tulis, hanya beberapa cara penggunaan vital HP, seperti Telepon, SMS, masukin nomor kontak baru, dsb.

Langsung saja,,


Panduan Manual Dasar Penggunaan HandPhone (HP)

HandPhone/Telepon Tangan atau yang sering disingkat dengan istilah HP, adalah sebuah alat komunikasi seluler yang pembayaranya dikenal dengan istilah “PULSA”

Dibawah ini akan di jelaskan penggunaan dasar HP.

HP yang digunakan adalah :

Merek : NOKIA

Model: 1280



Saya gambar ulang dan hasilnya seperti ini:

Berikut keterangan lengkapnya.
Layar HP diatas adalah dalam kondisi /tampilan paling awal.
Ini adalah kondisi permulaan ketika akan melakukan sesuatu. Jika kita ingin menelfon ataupun sms pastikan kondisi HP seperti ini dulu. Gunakan tombol kembali/hapus untuk mendapatkan kondisi awal.

Baca juga:Fungsi dan Jenis Koneksi Internet

Keterangan:

  • Lubang Suara: fungsinya untuk mengeluarkan suara lawan bicara pada saat telfon. Tempelkan lubang suara ini tepat di telinga pada saat melakukan komunikasi di HP. 
  • Sinyal: untuk mengetahui kondisi sinyal di area HP tersebut berada. Tanda garis-garis sinyal akan hilang pada saat HP berada di area yang belum dimasuki sinyal contohnya seperti ditengah laut, diatas gunung atau desa-desa terpencil, dll. Artinya jika sinyal tidak ada, HP tidak dapat digunakan untuk telephon ataupun SMS. 
  • Menu : berisi menu-menu atau layanan yang ada di HP tersebut. Semua layanan lengkap yang ada di HP berada didalam menu. (pembahasan lebih lengkap dibahas kemudian) 
  • Tombol OK/Menu: funsinya untuk menyetujui perintah. Ketika kita akan mengirim sms atau menyimpan nomor baru Tombol OK ini digunakan. (pembahasan lebih lengkap dibahas kemudian) 
  • Tombol Telfon: berfungsi untuk melakukan panggilan/ menerima panggilan. 
  • Indikator Baterai: sebagai penunjuk kondisi baterai. Garis garis yang berada didalam bateri menunjukkan bahwa baterai tersebut dalam kondisi penuh. Jika hanya ada satu atau bahkan tidak ada garis yang terlihat di indikator baterai, maka HP perlu di Cash. 
  • Lubang cash : berada tepat di samping kanan HP. Fungsinya sebagai perantara transfer arus listrik DC yang di hubungkan oleh Charger/cas-casan. 
  • Tombol Kembali/Hapus : berfungsi untuk mengembalikan kondisi/tampilan awal pada HP. Tombol ini juga digunakan untuk menghapus nomor telfon/sms ketika salah menulis. (pembahasan lebih lengkap dibahas kemudian) 
  • Tombol Nafigasi : berfungsi untuk menggeser ke kanan, kiri, ats dan bawah. (pembahasan lebih lengkap dibahas kemudian) 
  • Tombol Cancel : berfungsi untuk menghidupkan, mematikan HP. Juga untuk mengakhiri pembicaraan setelah berbicara ditelfon. Dan juga untuk menolak panggilan seseorang yang sedang menelfon kita. 
  • Tombol Input : berfungsi untuk memasukkan nomor baru, nama baru dan menulis SMS. (pembahasan lebih lengkap dibahas kemudian
Selanjutnya Tombol-tombol diatas disebut dengan Poin. yaitu poin A-K

Tombol Input
Seperti yang sudah dijelaskan diatas, karena pentingnya tombol input ini, maka akan di bahas lebih detail disini. Perhatikan gambar di bawah ini.


pada gambar di atas, ada 12 tombol mulai dari angka 0 – 9 dan tanda bintang (*) serta pagar (#). Disamping angka 2 sampai 9 terdapat huruf-huruf kecil mulai dari A sampai Z. huruf-huruf inilah yang nantinya digunakan untuk menulis nama baru, atau SMS.

Sekarang bagaimana cara kita menulis huruf….???
HP secara otomatis akan memunculkan huruf atau angka sesuai kebutuhan.
Misalnya kita akan mengetik/menulis nama “Fahim”
  • Tekan tombol angka 3 sebanyak tiga kali berturut-turut secara cepat, maka HP akan memunculkan huruf “F”. mengapa tiga kali? Karena huruf “F” berada di urutan ketiga setelah huruf “d” dan “e”.
  • Tekan tombol angka 2 sekali, maka HP akan memunculkan huruf “a”. mengapa sekali? Karena huruf “a” berada di urutan pertama.
  • Tekan tombol angka 4 sebanyak dua kali berturut-turut secara cepat, maka HP akan memunculkan huruf “h”. mengapa dua kali? Karena huruf “h” berada di urutan kedua setelah huruf “g”
  • Dan seterusnya sampai selesai.
NB:
  1. untuk Spasi gunakan tombol angka 0 satu kali.
  2. Jika terjadi kesalahan gunakan tombol kembali/hapus untuk menghapuas huruf/angka yang salah ( lihat Poin H)
  3. Gunakan tombol pagar (#) untuk memilih huruf besar atau kecil.
  4. Tanda titik (.) tekan tombol angka 1 sebanyak satu kali, untuk koma (,) tekan tombol angka 1 dua kali.
Tombol Navigasi

Yang tidak kalah pentingnya adalah tombol navigasi, maka akan di bahas lebih detail disini.
Tombol navigasi juga dapat difungsikan sebagai sortcut (jalan pintas). Tombol ini memiliki empat bagian yaitu atas, bawah, kanan dan kiri. Yang masing-masing bagian jika di tekan akan menuju ke fasilitas yang ada di dalam menu. ((pembahasan lebih lengkap dibahas kemudian).

Untuk mengetahui fungsi Sortcut ini dapat dilakukan langkah-langkah sebaga berikut:
  1. Pastikan HP dalam kondisi/tampilan awal (seperti gambar 1.1 halaman 1.)
  2. Perhatikan gambar dibawah ini:

Tutorial 1
Menghidupkan dan mematikan HP.

Menghidupkan.
Cara menghidupkan/mengaktifkan HP adalah dengan menekan tombol cancel kurang lebih 4 detik. Dan tunggu beberapa saat HP akan hidup/aktif.

Mematikan.
Cara mematikan/menonaktifkan HP adalah dengan menekan tombol cancel kurang lebih 4 detik. Dan tunggu beberapa saat HP akan mati/nonaktif.

Kondisi-kondisi yang bagaimana HP harus dimatikan:

  1. Pada saat berada di dalam pesawat. Karena dapat mempengaruhi penerbangan.
  2. HP Terkena air hujan/masuk ke dalam air. Secara cepat HP harus di matikan di bongkar dan dikeringkan. Ini bertujuan untuk menghindari konsleting/kerusakan pada HP.
  3. Pada ruangan/area yang mensyaratkan HP harus mati, dan lain sebagainya



Tutorial 2
Memasukkan Nomor dan Nama Baru ke HP
Memasukkan nomor baru, secara otomatis kita juga harus memasukkan nama. Dalam langkah-langkah dibawah ini akan memasukkan nomor 085746520352 atas nama Fahim

Langkah langkahnya adalah sebagai berikut
1. Pastikan HP dalam kondisi/tampilan awal (seperti gambar 1.1 halaman 1.)
2. Langsung tekan angka 085746520352 satu persatu melalui tombol input (lihat poin K )
3. Maka di layar HP akan seperti ini.

4. Kemudian tekan tombol OK/Menu, maka layar akan seperti ini

5. Kemudian tekan OK lagi hingga di layar tampak seperti ini.

Disinilah kita akan mulai memasukkan nama “Fahim”. Cara memasukkan nama seperti pembahasan di atas. Di kotak di bawah ini, nama “ Fahim” sudah sukses dimasukkan

6. Baru setelah nama “Fahim” selesai ditulis semua, tekan tombol OK. Maka pada HP ada gambar-gambar wajah (abaikan gambar-gambar ini). Lalu tekan tombol OK sekali lagi. Perhatikan pada layar HP, akan seperti gambar ini.

Hal ini menandakan bahwa nomor baru 085746520352 atas nama Fahim sudah sukses tersimpan. Dan siap digunakan.

7. Kembalikan kondisi/tampilan HP pada kondisi/tampilan awal. Caranya dengan menekan tombol kembali/hapus 1 kali.

Catatan :
  1. Istilah untuk nama dan nomor yang sudah masuk/tersimpan didalam HP disebut “NOMOR KONTAK”
  2. Dalam menekan tombol cukup sebentar saja, karena jika terlalu lama juga akan mempengaruhi/menghasilkan perintah yang berbeda.
Tutorial 3
Melakukan Panggilan/ Menelpon

Pemanggilan, atau yang biasa disebut nelfon atau calling ( dibaca koling) atau bahkan terkenal dengan istilah “ngebel” adalah upaya menghubungi nomor seseorang. Baik nomor tersebut sudah ada/tersimpan di HP ( Nomor Kontak) ataupun yang belum tersimpan/nomor baru.

Menghubungi nomor yang sudah tersimpan di HP ( Nomor Kontak)

Langkah-langkahnya:
1. Pastikan HP dalam kondisi/tampilan awal (seperti gambar 1.1 halaman 1)
2. Tekan tombol navigasi yang bagian bawah, maka di layar HP akan muncul daftar nama-nama dan nomor Kontaknya. Tekan satu persatu tombol navigasi yang bawah untuk mencari Nama Kontak yang ingin di hubungi. Lihat gambar dibawah ini.


3. Contohnya kita akan menghubungi Fahim. Pastikan Nama dan Nomor Fahim belakangnya berwarna hitam dengan tulisan putih, seperti gambar diatas.
4. Tekan tombol telpon 1 kali
5. Dekatkan telpon pada telinga dan tunggu sebentar. Suara di telefon akan berbunyi tuuuuuuttt, tuuuuuttt, dst. Tunggu sampai orang yang di hubungi menjawab.

Menghubungi nomor baru/belum tersimpan di HP
Langkah-langkahnya:
1. Pastikan HP dalam kondisi/tampilan awal (seperti gambar 1.1 halaman 1)
2. Tulis nomor melalui tombol input
3. Tekan tombol telfon 1 kali
4. Dekatkan telpon pada telinga dan tunggu sebentar. Suara di tebon akan berbunyi tuuuuuuttt, tuuuuuttt, dst. Tunggu sampai orang yang di hubungi menjawab.

Menerima Telpon/Panggilan
Ketika seseorang sedang memanggil kita, ada kalanya nama orang tersebut muncul di HP, ada kalanya tidak. Hal itu tergantung Nama dan Nomor orang yang memanggil sudah disimpan di HP kita (masuk dalam nomor kontak ) atau belum. Jika sudah maka nama orang yang memanggil kita akan Nampak pada layar HP pada saat orang tersebut menelpon kita. Namun jika belum yang Nampak pada layar HP hanya Nomor nya saja.

Langkah-langkah menerima panggilan/telfon
1. tekan tombol telfon sekali
2. langsung dekatkan telpon pada telinga dan berkata sesuatu agar si penelpon tahu bahwa kita sudah mengangkat teleponnya.

Menolak Telpon/Panggilan
Istilah dalam telekomunikasi menolak telpon ini di kenal dengan nama “Mereject”. Caranya cukup tekan tombol Cancel. Beressss…

Mengakhiri Telpon/Panggilan
Jika kita menghubungi seseorang, kemudian selesai dan mengucapkan salam penutup, wajib bagi kita mengakhiri telpon. Karena pada umumnya orang yang menelpon yang melakukannya. Karena terlihat kurang etis jika yang mematikan adalah pihak yang di telpon. Jika kita lupa, dan pihak yang di telpon juga tidak mengkahirinya, bisa-bisa pulsa 100rb akan habis…

Caranya cukup tekan tombol Cancel seusai kita menelpon.

NB:
  • hanya pihak penelfon yang di kenai tarif/pulsa, penerima GRATIS.
  • Biaya telfon dipengaruhi oleh OPERATOR,JARAK,WAKTU dan LAMA TELFON.
  • Tariff telfon berjalan perdetik atau menit tergantung OPERATORnya.
Tutorial 4


Melakukan SMS

SMS berasal dari bahasa Inggris yang kepanjangannya Sort Message Service dibaca “ Sort Meseg Servis” yang artinya “ Layanan Pesan Pendek”. SMS ini lebih sering dan paling banyak digunakan oleh orang pada umumnya karena tarifnya yang sangat murah bahkan ada yang gratis, dapat di baca sewaktu-waktu oleh penerima dan pengirim SMS karena sms nya akan tersimpan di HP.dll.

Yang tidak kalah pentingnya adalah tulisan di SMS dapat mengeksplor ekspresi. Secara umum, tulisan dengan HURUF BESAR semua bermakna marah/penekanan/penegasan dll. Jadi tidak menutup kemungkinan terjadi sedikit kesalahpahaman antara pengirim dan penerima SMS hanya karena gaya tulisannya yang kurang mampu beradaptasi. Tanda baca yang digunakan dalam bahasa SMS juga mampu membuat rasa yang berbeda bagi penerima SMS.

Memulai Membuat SMS.
Langkah-langkahnya:
1. Pastikan HP dalam kondisi/tampilan awal (seperti gambar 1.1 halaman
2. Tekan tombol nafigasi yang sebelah kiri, maka akan layar pada HP akan menunjukkan posisi siap untuk menulis sms. Ditandai dengan garis lurus yang berkedip-kedip

3. Disinilah kita akan mulai mengetik/menulis SMS, merangkai huruf satu persatu. Cara memasukkan huruf seperti pembahasan di atas.

Mengirim SMS.
Sudah pastinya setelah menulis/mengetik SMS kita akan mengirimnya ke nomor seseorang, sama seperti saat memanggil, nomor orang yang akan kita kirimi SMS ada kalanya sudah ada/tersimpan di dalam HP (Nomor Kontak), ataupun yang belum tersimpan di HP (Nomor Baru)

Pada pembahasan kali ini ambil saja contoh bahwa kita menulis/mengetik SMS dengan kata “Assalamu’alaikum. Selamat siang…”

Langkah-langkahnya:

1. Tekan tombol OK/Menu satu kali. Maka layar HP akan menunjukkan kata “Kirim” pada baris paling atas. Tekan tombol OK/Menu sekali lagi maka HP akan menuju ke tampilan penulisan nomor telfon. Lihat gambar ini.


2. Setelah pada layar HP menunjukkan kata “ Nomor Telepon”, maka kita harus semasukkan nomor telfon jika Nomor itu belum masuk ke Nomor Kontak di HP. Caranya langsung tekan pada tombol input nomor tujuan. Lalu tekan tombol OK untuk memulai pengiriman SMS.

3. Namun jika kita akan mengirim ke seseorang yang namanya sudah masuk ke Nomor Kontak di HP, maka pada perintah untuk memasukkan nomor telepon langsung tekan tombol OK, maka layar pada HP akan menuju ke daftar Kontak yang sudah disimpan di HP. Cari Nama Kontak dengan menggunakan tombol nafigasi bagian bawah dan atas untuk mencari. Setelah ketemu pilih Nama tersebut yang ingin dikirimi SMS (pada contoh ini adalah nama “Fahim”. Kemudian tekan tombol OK untuk memulai Pengiriman. Lihat gamabar.

4. Setelah Nama dan Nomor tujuan sudah dipilih. Tekan tombol OK. Secara otomastis Nomor Kontak akan masuk kedalam Nomor Telepon. Seperti gambar dibawah ini.


5. Tekan tombol OK untuk memulai pengiriman.
6. Pengiriman sukses ditandai seperti gambar dibawah ini.


Membuka/menerima SMS
Pada waktu SMS masuk ke dalam HP akan nada Nada suara tertentu. Contohnya ada 2 buah SMS masuk, maka Tampilan Awal Layar HP akan seperti gambar di bawah.
Langkah-langkahnya:
  1. Langsung tekan tombol OK, maka sms akan terbuka di layar HP
  2. Gunakan tombol navigasi atas dan bawah untuk menggeser pesan.
Jika pesan yang masuk lebih dari 1 buah, contohnya dari Zaidun dan Umar. maka setelah kita menekan tombol OK akan muncul gambar seperti ini pada layar. Gunakan tombol navigasi atas atau bawah untuk memilih pesan yang ingin di buka. Contoh pesan dari Zaidun yang akan dibuka. Lalu tekan tombol OK untuk membukanya.

NB: Jika mendapat SMS jangan menekan tombol Kembali/Hapus. Karena pesan tidak dapat dibuka secara langsung melalui tombol OK. Tapi harus melalui MENU.

Langkah-langkah membuka SMS melalui MENU
  1. Pastikan HP dalam kondisi/tampilan awal (seperti gambar 1.1 halaman 1)
  2. Tekan tombol OK/Menu sekali. Maka tampilan layar pada HP sudah masuk ke dalam menu. perhatikan gambar dibawah ini.selanjutnya sama seperti pembahasan diatas.

Informasi Tambahan

Komunikasi HP bekerja dengan 3 sistem Dasar:
  • HP itu sendiri 
  • Energi Listrik yang tersimpan di baterai HP (di Cash bila baterai habis) 
  • Pulsa 
Pulsa, adalah suatu bentuk pembayaran untuk melakukan komunikasi. Dalam mengecek/mengetahui pulsa di kartu Operator kita (kartu ada di dalam HP) ada beberapa langkah, namun langkah yang paling mudah seperti ini:
  • Pastikan HP dalam kondisi/tampilan awal (seperti gambar 1.1 halaman 1) 
  • Tekan *888# ( tombol bintang, angka delapan sebanyak tiga kali dan tombol pagar) 
  • Lalu tekan OK. Secara otomatis HP akan menginformasikan kondisi. 
Pulsa dapat dibeli di tempat-tempat penjualan pulsa, atau yang dikenal dengan nama Counter.

Nominal Pulsa bermacam-macam, mulai dari 5000 sampai tak terhingga.

Prakiraan HArga PULSA saat ini. Pada Umumnya.



NOMINAL PULSA
HARGA (dalam rupiah)
5000
Rp. 7.000
10000
Rp. 12.000
25000
Rp. 25.000
50000
Rp. 48.500
100000
Rp. 97.000

Operator
Dalam dunia telekomunikasi atau dunia HP, sering dan sangat umum dengan istilah “OPERATOR”. Sebenarnya apa itu Operator??

Secara sederhana Operator ialah pihak yang menentukan tarif/biaya telepon dan SMS. Operator merupakan Perusahaan penyedia telekomunikasi yang dipakai oleh seluruh orang di dunia. Operator memiliki hak preogatif atas produknya yang digunakan oleh seseorang/kelompok.

Masing-masing operator memiliki produk-produk berupa kartu telepon dengan segala keunggulan dan kelemahannya.

Naaaaahhh…. Lebih jelasnya akan di tampilkan beberapa Operator Terkenal di Indonesia dengan Produk2 unggulannya dan segala merk.



NAMA OPERATOR
HASIL PRODUK (sim card)
TELKOMSEL
1.   Simpati
2.   As
3.   Halo
4.   Telkom Flash (3G Internet)
INDOSAT
1.   Im3
2.   Mentari
3.   Star One
4.    
XL
1.   Xl
FREN
1.   Fren
2.   Smart Fren

Dar segi itulah antar operator saling bersaing secara besar-besaran untuk mendapatkan pelanggan ( pengguna telepon) sebanyak-banyaknya. maka dalam tempo yang relatif sangat singkat Operator merubah-ubah tarif telepon semau mereka. Maka dari itu sampai saat ini jika kita menelpon beda OPERATOR, contohnya punya kita Kartu As (Produknya TELKOMSEL) menelfon ke IM3 (Produknya Indosat) maka tariff akan lebih mahal. Semua itu akan berbeda jika berkomunikasi antara IM3 dengan Mentari (masih dalam satu produk)

Jadi ada beberapa pertimbangan pelanggan memilih operator:. Murah. Sinyalnya Mudah Dimana Saja. Tidak Mudah Gangguan/Putus saat nelpon.dll.
Program Melek IT-Panduan Dasar Penggunaan Handphone/HP Nokia Model 1280