-->

Lirik Lagu Mars Muslimat NU - Download mp3 Dan Sejarah Berdirinya

Assalamu'alaikum dan selamat pagi sobat Infojempol semua, dan khususnya para ibu Muslimat yang tengah mencari lirik lagu Mars Muslimat NU (Nahdlatul Ulama). Sangat tepat sekali Sobat semua menemukan halaman ini.

Kenapa??
Karena pada halaman yang sobat baca saat ini bersifat "one stop info", maksudnya semua tentang lagu mars Muslimat NU sudah Infojenpol siapkan untuk sobat semua. Mulai dari lirik lagu Mars Muslimat, Video Lirik Mars Muslimat, download Mars Muslimat mp3 bahkan sejarah tentang Muslimat NU itu sendiri.

Jadi, akan ada 5 poin sekaligus dalam halaman ini. Dan semoga kelima-limanya dapat bermanfaat untuk sobat semua.

Untuk yang belum mengetahui Muslimat NU itu apa, nanti akan ada penjelasannya di bawah. Singkatnya Muslimat NU adalah Organisasi Perempuan di Indonesia yang merupakan salah satu Badan Semi Otonom (Banom) Nahdlatul Ulama

Lirik Lagu Mars Muslimat NU (Nahdlatul Ulama)


MARS MUSLIMAT NU

Marilah kaum ibu muslimat
Nahdlatul Ulama dan setia
Al-Quran, Hadits, Ijma’ dan Qiyas
Menjadi pedoman utama
Demi agama, nusa, dan bangsa
Negara damai bahagia

Majulah kaum ibu muslimat
Pengemban, pembawa amanat
Pendidik, pembina bunga bangsa
Menunaikan tugas mulia
Berilmu, beramal, dan berbakti
Bertaqwa pada Ilahi

Marilah hai kaum ibu
Bimbinglah putra-putrimu
Iman teguh, bijaksana
Muslimat Indonesia

Marilah hai kaum ibu
Bimbinglah putra-putrimu
Iman teguh, bijaksana
Muslimat Indonesia

Baca juga  21 Koleksi Lagu Lagu NU (Nahdlatul Ulama) Lengkap dan Download mp3

Video Lirik Lagu Mars Muslimat NU (Nahdlatul Ulama)

Dijaman era digital saat ini, banyak orang yang lebih menyukai format video. Olehkarenanya Infojempol juga sudah menyiapkan video lirik Mars Muslimat NU dalam format mp4. Video ini full lirik dan InsyaAllah akan sangat membantu sekali bagi sobat yang ingin menguasai lagu Mars Muslimat NU.

Jangan sampai melewatkan videonya di bawah ini:

Jika sobat ingin melihat video HYMNE dan MARS MUSLIMAT NU sekaligus, kami sudah menyiapkannya di bawah ini, Silahkan di putar :)

VIDEO HYMNE dan MARS MUSLIMAT NU

Miliki Lagu Mars Muslimat NU sekarang juga!
Download Lagu Mars Muslimat NU mp3
Untuk bisa memiliki lagu Mars Muslimat NU, Sobat hanya perlu mengunduhnya melalui link download yang sudah Infojempol siapkan. Linknya ada di sini: Download Mars Muslimat NU mp3
Catatan: saat sobat klik link diatas, sobat akan dibawa masuk ke website dunialirik. di website tersebut sobat dapat men download file mp3 nya. Dunia lirik adalah patner Infojempol yang khusus membahas lirik lagu dan file mp3

Gambar Lirik Mars Muslimat NU

Infojempol juga berupaya mempermudah sobat dalam berbagi mars Muslimat NU, tinggal simpan gambar ini, dan bagikan ke teman-teman sobat semua, al hasil, mereka juga akan hafal Mars Muslimat NU


Sejarah berdirinya Muslimat NU

Sejarah muslimat NU yang Infojempol berikan ini bersumber dari https://id.wikipedia.org, jadi InsyaAllah sumbernya terpercaya ;)

Sejarah pergerakan wanita NU memiliki akar kesejarahan panjang dengan pergunulan yang amat sengit yang akhirnya memunculkan berbagai gerakan wanita baik Muslimat, fatayat hingga Ikatan pelajar putri NU.

Sejarah mencatat bahwa kongres NU di Menes tahun 1938 itu merupakan forum yang memiliki arti tersendiri bagi proses katalisis terbentuknya organisasi Muslimat NU. Sejak kelahirannya pada tahun 1926, NU adalah organisasi yang anggotanya hanyalah kaum laki-laki belaka.

Para ulama NU saat itu masih berpendapat bahwa wanita belum masanya aktif di organisasi. Anggapan bahwa ruang gerak wanita cukuplah di rumah saja masih kuat melekat pada umumnya warga NU saat itu. Hal itu terus berlangsung hingga terjadi polarisasi pendapat yang cukup hangat tentang perlu tidaknya wanita berkecimpung dalam organisasi.

Dalam kongres itu, untuk pertama kalinya tampil seorang muslimat NU di atas podium, berbicara tentang perlunya wanita NU mendapatkan hak yang sama dengan kaum lelaki dalam menerima didikan agama melalui organisasi NU. Verslag kongres NU XIII mencatat : “Pada hari Rebo ddo : 15 Juni ’38 sekira poekoel 3 habis dhohor telah dilangsoengkan openbare vergadering (dari kongres) bagi kaoem iboe, …

Tentang tempat kaoem iboe dan kaoem bapak jang memegang pimpinan dan wakil-wakil pemerintah adalah terpisah satoe dengan lainnja dengan batas kain poetih.” Sejak kongres NU di Menes, wanita telah secara resmi diterima menjadi anggota NU meskipun sifat keanggotannya hanya sebagai pendengar dan pengikut saja, tanpa diperbolehkan menduduki kursi kepengurusan. Hal seperti itu terus berlangsung hingga Kongres NU XV di Surabaya tahun 1940.

Dalam kongres tersebut terjadi pembahasan yang cukup sengit tentang usulan Muslimat yang hendak menjadi bagian tersendiri, mempunyai kepengurusan tersendiri dalam tubuh NU. Dahlan termasuk pihak-pihak yang secara gigih memperjuangkan agar usulan tersebut bisa diterima peserta kongres. Begitu tajamnya pro-kontra menyangkut penerimaan usulan tersebut, sehingga kongres sepakat menyerahkan perkara itu kepada PB Syuriah untuk diputuskan.

Sehari sebelum kongres ditutup, kata sepakat menyangkut penerimaan Muslimat belum lagi didapat. Dahlanlah yang berupaya keras membuat semacam pernyataan penerimaan Muslimat untuk ditandatangani Hadlratus Syaikh KH. Hasyim Asy’ari dan KH. A. Wahab Hasbullah. Dengan adanya secarik kertas sebagai tanda persetujuan kedua tokoh besar NU itu, proses penerimaan dapat berjalan dengan lancar.

Bersama A. Aziz Dijar, Dahlan pulalah yang terlibat secara penuh dalam penyusunan peraturan khusus yang menjadi cikal bakal Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Muslimat NU di kemudian hari. Bersamaan dengan hari penutupan kongres NU XVI, organisasi Muslimat NU secara resmi dibentuk, tepatnya tanggla 29 Maret 1946 / 26 Rabiul Akhir 1365. Tanggal tersebut kemudian ditetapkan sebagai hari lahir Muslimat NU sebagai wadah perjuangan wanita Islam Ahlus Sunnah Wal Jama`ah dalam mengabdi kepada agama, bangsa dan negara.

Sebagai ketuanya dipilih Chadidjah Dahlan asal Pasuruan, isteri Dahlan. Ia merupakan salah seorang wanita di lingkungan NU itu selama dua tahun yakni sampai Oktober 1948. Sebuah rintisan yang sangat berharga dalam memperjuangkan harkat dan martabat kaumnya di lingkungan NU, sehingga keberadaannya diakui dunia internasional, terutama dalam kepeloporannya di bidang gerakan wanita.

Pada Muktamar NU XIX, 28 Mei 1952 di Palembang, NOM menjadi badan otonom dari NU dengan nama baru Muslimat NU.

Demikian Informasi yang dapat Infojempol sajikan, semoga bermanfaat untuk sobat pembaca semua.
Lirik Lagu Mars Muslimat NU - Download mp3 Dan Sejarah Berdirinya