Cara / Teknik Membina Pramuka Yang Baik dan Benar

Kategori
Salam Pramuka! kakak kakak semua.... saya yakin masih banyak dari kakak kakak semua yang masih bingung dalam membina adik-adik peserta didik di pramuka,,, termasuk saya,,,,heheh... terkadang kita juga kewalahan menghadapi adik adik kita, terutama adik adik penggalang SD yang cenderung memiliki karakter aktif, dan kemudian kita juga ragu apakah cara kita membina sudah baik dan benar, apakah materi dan pendidikan karakter yang kita berikan kepada adik-adik kita sudah sesuai dengan yang seharusnya?

Oleh karena banyak pertanyaan-pertanyaan yang kadang terbesit dalam hati kita, makanya infojempol sedikit memberika rangkuman tentang teknik membina, dan semoda dapat bermanfaat.

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita pahami dahu pengertian teknik membina

tek.nik
[n] (1) pengetahuan dan kepandaian membuat sesuatu yg berkenaan dng hasil industri (bangunan, mesin): sekolah --; ahli --; (2) cara (kepandaian dsb) membuat atau melakukan sesuatu yg berhubungan dng seni; (3) metode atau sistem mengerjakan sesuatu
Source: https://kamusbahasaindonesia.org/

bi.na
[v] mem.bi.na v (1) membangun; mendirikan (negara dsb): kita bersama-sama - negara baru yg adil dan makmur; (2) mengusahakan supaya lebih baik (maju, sempurna, dsb)
Source: https://kamusbahasaindonesia.org/

Membina watak
pembangunan watak manusia sbg pribadi dan makhluk sosial melalui pendidikan dl keluarga, sekolah, organisasi, pergaulan, ideologi, dan agama
Source: https://kamusbahasaindonesia.org/



Baca juga:Pembinaan Pramuka Siaga (Kesiagaan) dan Sifat Karakter Pramuka Siaga - Lengkap!

Membina adik didik dalam pramuka.
Membina adalah suatu Upaya :
Pendidikan
Peningkatan
Improvisasi
Memajukan,
dan yang menjadi target obyeknya adalah orang.

Membina Pramuka
Adalah sebagai proses pendidikan berisi kegiatan memperkenalkan, menumbuhkan, membimbing dan mengembangkan :

Dasar kepribadian yang seimbang, utuh dan selaras.
Pengetahuan dan ketrampilan yang sesuai bakat.
Keinginan serta kemampuan yang merupakan bekal dalam hidup dan kehidupannya.

Pembinaan Kepada Peserta Didik, sesuai dengan minat dan bakat nya untuk mengabdi dan berkarya

Hal tersebut dilakukan dengan proses sbb
  • a. Learning by doing
  • b. Lerning to earn
  • c. Earning to live
  • d. Living to serve
  • e. Learning by teaching

Bagaimanakah peran dan sikap dalam Proses pembinaan kepada anak didik, Untuk itu seorang Pembina hendaknya :
  • Menerapkan sistim Among 
  • Melaksanakan PDK dan MK dalam setiap Kegiatan Kepramukaan. 
  • Menguasai benar mengenai metode yang akan diterapkan, yaitu sebelumnya perlu mengetahui bakat, minat dan keadaan , kemampuan serta kebutuhan peserta didik. 
  • Menciptakan kegiatan yang menarik dan menyenangkan / Tidak membosankan didasarkan atas kesukarelaan. 
  • Memperlakukan peserta didik sebagai subyek pendidikan, melibatkan dalam penyusunan kegiatan sesuai manfaat dan kebutuhan. 
  • Kegiatan yang disajikan sesuai dengan perkembangan jasmani dan rohani serta golongan usia peserta didik. 
  • Memperhatikan faktor lingkungan pendidikan, karena faktor lingkungan memiliki pengaruh besar bagi peserta didik. 
  • Seorang pembina hendaknya menguasai bahan latihan dan dapat pula mengunakan tenaga orang lain yang lebih ahli/ menguasai materi latihan. 
  • Membina adalah seni, dan tehnik membina yang tepat adalah dengan cara memiliki pengalaman yang didapat yaitu melakukan kegiatan bersama anak didik. 

Dalam berkarya seorang Pembina Pramuka harus memiliki semboyan.
  • Semboyan seorang Pembina adalah :IKHLAS BHAKTI BINA BANGSA BER BUDI BAWA LAKSANA. Pernahkah anda tahu bahwa lembaga pendidikan memiliki lambang pendididkan bagi anggota dewasa, seperti tampak pada gambar disamping ini. Terdiri dari bagian/ bentuk seperti mata rantai, Juluran lidah api, bintang, jantung yang berbentuk perisai dengan warna merah putih, garis tebal katulistiwa dan lain – lain yang masing masing memiliki arti/ makna. 
  • Di dalam lambang tersebut juga dicantumkan semboyan/ motto yang berbunyi “ IkhlasBakti Bina Bangsa Ber Budi Bawa Laksana“, artinya : Ikhlas berbakti yakni dengan murni dan suci hati memberi, menyumbang, menderma, yang baik dalam upaya ikut serta membina, membangun bangsa dengan jalan meluberkan, membeberkan, menumpahkan, melimpahkan budi serta kewajiban dalam melaksanakan budi serta kewajiban dalam melaksanakan daya upaya tersebut. 

Sistem Among
  • Sistem pendidikan dalam Gerakan Pramuka berlandaskan Sistem Among. 
  • Sistem Among merupakan proses pendidikan yang membentuk anggota Gerakan Pramuka berjiwa merdeka, disiplin, dan mandiri dalam kerangka saling ketergantungan antar manusia. 
  • Pendidikan Kepramukaan jika ditinjau dari hubungan antara anggota dewasa dengan anggota muda bersendikan Sistem Among. 
  • Sistem Among pada Gerakan Pramuka berarti mendidik anggota Gerakan Pramuka menjadi insan merdeka jasmani, rohani dan pikirannya, disertai rasa tanggung jawab dan kesadaran akan pentingnya bermitra dengan orang lain. 

Sistem Among mewajibkan anggota Gerakan Pramuka melaksanakan prinsip-prinsip kepemimpinan sebagai berikut:
  • Ing ngarso sung tulodo, maksudnya di depan menjadi teladan. 
  • Ing madya mangun karso, maksudnya di tengah membangun kemauan. 
  • Tut wuri handayani, maksudnya dari belakang memberi dorongan dan pengaruh yang baik kea rah kemandiriaan. 

Dalam melaksanakan tugasnya anggota dewasa wajib bersikap dan berperilaku berdasarkan:kasih-sayang, kejujuran, keadilan, kepatutan, kesederhanaan, kesanggupan berkorban dan rasa kesetiakawanan sosial.

Disiplin disertai inisiatif dan tanggung jawab terhadap diri sendiri, sesama manusia, negara dan bangsa, alam dan lingkungan hidup, serta bertanggung-jawab kedada Tuhan Yang Maha Esa.

Hubungan anggota dewasa dengan anggota muda merupakan hubungan khas, yaitu setiap aggota dewasa wajib memperhatikan perkembangan anggota muda secara pribadi agar pembinaan yang dilakukan sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka.

Anggota dewasa berupaya secara bertahap menyerahkan pimpinan kegiatan sebanyak mungkin kepada anggota muda, untuk selanjutnya anggota dewasa secara kemitraan memberi semangat, dorongan dan pengaruh yang baik.

Kode Etik Pembina Pramuka
Supaya kita dapat membina adik didik kita secara maksimal, dan agar adik didik yang kita bina memiliki karakter positif yang kita harapkan, sudah barang tentu kita perlu mengetahui dan menerapkan kode etik pembina pramuka. Apa saja kode etik pembina pramuka tersebut, silahkan baca secara lengkapnya disini: Kode Etik Pembina Pramuka

Aspek-aspek Yang Dituntut Dari Seorang Pembina Pramuka
Segi Kepribadian :
  • Memiliki ruang lingkup pergaulan yang luas. 
  • Mampu berkomunikasi dengan orang lain. 
  • Memiliki jiwa kepribadian. 

Segi Sikap :
  • Batiniah. Berpandangan luas, memiliki perhatian pada orang lain berorientasi ke depan, kreatif, berpendirian, humoris memiliki jiwa pengabdian, obyektif, demokratis, adil, tidak memihak, jujur, kritis, ulet, sabar, disiplin, percaya diri, mau meningkatkan diri. 
  • Lahiriah. Sopan, ramah, lemah lembut, komunikatif, tegas, tidak kaku, simpatik, menarik, mantap, dewasa, luwes, dinamis, cerdik, teliti, sigap, tangkas, cekatan, lincah. 
  • Segi Kemampuan. Sebagai manajer, nara sumber, pendorong, pembaharu,peneliti, pendidik, pengajar, pelatih.

Demikian informasi tentang cara membina pramuka yang benar, semoga apa yang Infojempol sajikan dapat bermanfaat

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon