Home » , » PKM-PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA BIDANG VOCABBULARY KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI METODE BERBASIS FLASH

PKM-PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS PADA BIDANG VOCABBULARY KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI METODE BERBASIS FLASH

program kreativitas mahasiswa (pkm)
PKM-PENINGKATAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS
PADA BIDANG VOCABBULARY
KELAS V SEKOLAH DASAR MELALUI METODE BERBASIS FLASH

baca juga: PKM (Program Kreativitas Mahasiswa) Pengoptimalan Nilai Guna Kain Flanel Sebagai Bahan Accesoris yang Lebih Bernilai Ekonomi

PENDAHULUAN

Latar Belakang
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang telah dipakai oleh banyak negara di dunia terutama Indonesia. Tak dapat dipungkiri lagi jika bahasa Inggris menjadi bahasa yang wajib dipelajari oleh masyarakat, terutama kalangan pelajar, baik dari jenjang TK hingga Perguruan Tinggi. Bahkan, tidak sedikit warga Indonesia melanjutkan kuliah ke luar negeri untuk memperdalam. Jika misalnya kita membeli produk-produk elektronik, rata-rata pada halaman awal atau kedua selalu menggunakan bahasa Inggris. Ini pertanda bahwa bahasa Inggris merupakan bahasa asing yang penting dan wajib dikuasai.

Zaman sekarang ini, banyak lembaga pendidikan dari mulai SD hingga Perguruan Tinggi mengadakan lomba yang berhubungan dengan bahasa asing, yang salah satunya adalah Inggris. Misalnya, lomba debat, pidato, menulis, menyanyi, membaca puisi, dan lain sebagainya. Mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang wajib dipelajari oleh masyarakat, terutama kalangan pelajar, maka tidak salah dan tak heran jika setiap lembaga pendidikan menekankan pengajaran bahasa asing tersebut. Bahkan ada juga lembaga pendidikan yang menyertakan bahasa kedua selain bahasa Inggris.

Tetapi, masih banyak masyarakat di Indonesia khususnya Malang, merasa bahwa bahasa asing ini cukup sulit untuk dipelajari. Padahal, bahasa Inggris tidak sesulit yang diduga. Karena, bahasa asing yang dikenal paling sulit adalah Mandarin. Biasanya, kesulitan yang sering dialami oleh seorang siswa adalah pemahaman vocabulary (kosakata) dan grammar (tata bahasa). Sering dari mereka menemui vocab asing yang mungkin belum pernah diketahui sebelumnya, terutama pada bacaan. Begitu juga dengan grammar yang berupa tenses (waktu). Kadang kala, mereka “terjebak” dalam mengerjakan soal yang terdapat tenses. Hal inilah yang kadang juga bisa membuat seorang siswa enggan mempelajarinya. Dampak positif yang diterima siswa jika menguasai bahasa asing ini dalam arti mereka punya prestasi yang besar, mereka akan mudah “dicari” oleh perusahaan, baik lokal maupun asing, mengingat bahasa Inggris dibutuhkan setiap perusahaan. Selain dapat bekerja di perusahaan, siswa atau mahasiswa juga bisa menjadi seorang dosen atau guru bahasa Inggris setelah mereka lulus kuliah, penterjemah professional, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, hal ini tidak menutup kemungkinan akan laku kerasnya media pembelajaran bahasa Inggris selain buku dan kamus dan juga lembaga non-formal (kursus). Beberapa media yang tersedia di pasaran adalah dengan menggunakan media Flash. Meski media tersebut sudah ada, penulis ingin menawarkan jasa yang mungkin berbeda dengan yang sudah ada. Sebenarnya, Power Point juga dapat digunakan untuk metode pembelajaran bahasa Inggris, tetapi tidak seinteraktif Flash. Karena Flash merupakan program yang diperuntukkan untuk merancang dan membuat animasi, sedangkan PowerPoint hanya menyediakan animasi yang berupa teks, dan fiturnya pun terbatas.

baca juga:Materi pembekalan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL)
Manfaat Penulisan
Bagi Penulis

  • Sebagai calon guru agar dapat meningkatkan sikap kritis dan mengetahui pentingnya teknologi dalam pembelajaran, khususnya penerapan sistem belajar online yang menjadi inovasi pendidikan.
  • Menumbuhkan kepekaan akan perkembangan teknologi yang berkaibat pada proses belajar siswa. 
Bagi Siswa
  • Implementasi gagasan ini dapat memberikan suatu media belajar yang sesuai dan dapat memperluas jaringan belajar siswa untuk menunjang proses belajar dikelas.
  • Menunjang kebutuhan sumber belajar dan melatih siswa untuk memanfaatkan teknologi dengan efektif.
  • Mengurangi akses yang kurang bermanfaat untuk mendukung belajar siswa seperti facebook.
3. Bagi Guru
  • PKM ini dapat menjadi referensi bagi guru agar lebih peka terhadap perkembangan dunia pendidikan selaraskan dengan pesatnya perkembangan teknologi.
  • Dapat menginpirasi guru untuk menciptakan media belajar yang menarik bagi siswa.
Tujuan
Berdasarkan uraian pada latar belakang, tujuannya adalah sebagai berikut:

  1. Agar siswa tertarik dalam mempelajari Bahasa Inggris (dengan media software animasi).
  2. Agar siswa dapat memahami dan menguasai Bahasa Inggris dengan lebih baik (dengan media software animasi).
  3. Menambah wawasan siswa tentang seluk beluk Bahasa Inggris secara teori.
  4. Membantu siswa dalam mengasah kemampuan berbahasa Inggris dengan lebih baik secara praktek
GAGASAN

Kondisi Pendidikan Saat Ini

Kondisi sekolah ini pemicunya menunjuk pada kinerja guru yang harus bisa kreatif dan profesional. Guru dituntut untuk lebih bisa memiliki berbagai konsep dalam mengajar dan strategi untuk bisa meningkatkan kualitas dalam pembelajaran.
Langkah untuk meningkatkan kualitas hasil belajar antara lain dengan mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa untuk belajar, menumbuhkan kerjasama atau kekompakan satu dengan yang lain.

Oleh karena itu, saat inilah guru sudah sepantasnya menggunakan model pembelajaran berbasis flash agar hasil belajar siswa dalam bidang vocabulary dapat meningkat secara signifikan.


Gagasan yang diajukan
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 tahun 2003 menyatakan bahwa pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dalam pembelajaran, guru harus memahami hakikat materi pelajaran yang diajarkannya dan memahami berbagai model pembelajaran yang dapat merangsang kemampuan siswa untuk belajar dengan perencanaan pengajaran yang matang oleh guru.

Dalam menghadapi era kompetisi, Metode Berbasis Flash merupakan salah satu mentuk metode baru yang didukung oleh media yang sangat menmarik, sehingga menjadikan siswa gemar akan belajar. Metode ini juga memiliki kelebihan untuk menjadikan siswa kreatif dan imajinatif. Keunggululan dari metode ini adalah pada bentuk medianya yang dimana kemasan media adalah penyempurnaan dari windows office power point, dimana bentuk animasinya lebih menarik dan lebih lengkap.

Nilai Plus dari Gagasan yang diajukan
Kondisi di sekolah pada saat ini pemicunya adalah dari kinerja guru, yang dituntut harus lebih kreatif, inovatif, dan juga professional. Sebagai guru yang kreatif, inovatif, dan professional harus memiliki berbagai macam konsep dan strategi yang dipersiapkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. mengembangkan kreativitas dalam pembelajaran, membangkitkan motivasi siswa untuk belajar, menumbuhkan kerjasama atau kekompakan satu dengan yang lain.

Sesuai dengan pendapat diatas, kondisi sekolah saat ini pemicu utamanya adalah guru. Guru adalah contoh utama dalam sekolah. Disini sesuai dengan harapan penulis yaitu kinerja guru harus ditingkatkan dalam proses belajar mengajar yang harus mengaktifkan siswa didalam kelas dan siswa akan lebih menumbuhkan rasa kerjasama dan kekompakan satu dengan yang lain.

Sering kita jumpai pada sekolah-sekolah yang masih banyak para guru menggunakan model pembelajaran konvensional dalam mengajar. Kalau kita tahu akibat dari pembelajaran konvensional disini sangat vatal, salah satunya yaitu proses belajar yang monoton, dan guru hanya menggunakan media yang sederhana untuk menyampaikan materi. Ini akan menyebabkan siswa merasa bosan dan mengurangi tingkat kekreatifan siswa , sehingga akan menjadikan siswa malas belajar, dan pada akhirnya siswa tidak mengerti apa yang telah disampaikan oleh guru sehingga hasil belajar siswa akan rendah atau menurun.

Luaran yang Diharapkan
Luaran yang diharapkan dalam program ini adalah meningkatkan kompetensi siswa dalam Bahasa Inggris khususnya dibidang vocabulary.

Pihak-Pihak yang Dipertimbangkan dapat Membantu Mengimplementasikan Gagasan dan Uraian Peran atau Kontribusi Masing-Masingnya

Adapun pihak-pihak yang terkait pada penerapan model pembelajaran metode berbasis flash dalam upaya meningkatkan hasil belajar, antara lain:

  1. Guru 
    • Peran guru dalam pembelajaran metode berbasis flash sebagai fasilitator, moderator, organisator dan mediator terlihat jelas. Kaena dalam hal ini guru juga memiliki kewajiban untuk memberikan pengarahan tentang jalannya proses pembelajaran siswa. Dan juga guru merupakan orang yang mutlak menguasai tentang materi flash ini. 
  2. Siswa 
    • Sebagai peran utama dalam model pembelajaran metode berbasis flash. Siswa dituntut untuk melaksanakan langkah-langkah dalam proses pelaksanaan model pembelajaran metode berbasis flash tersebut. 
  3. Orang tua 
    • Dalam proses pembelajaran orang tua juga memiliki peran yang sangat urgen sekali, dimana orang tua perlu memberikan motifasi mental kepada anaknya. Serta memberikan dukungan material untuk dapat bersama-sama mensukseskan pembelajaran siswa
Strategi Penerapan
Penulis secara intensif melakukan ujicoba terhadap system flash ini. Dan dirasa bahwa metode pembelajaran ini lebih menarik dan secara kongkrit mampu meningkatkan emosi siswa untuk lebih giat belajar.

Metode yang digunakan tidak hanya terpaku pada pengamatan secara langsung saja. Penulis juga menggunakan metode pengumpulan data dari perpustakaan tentang model penerapan pembelajaran yang menggunakan metode berbasis flash.


KESIMPULAN

Gagasan yang Diusulkan
Metode Berbasis Flash merupakan salah satu bentuk metode baru yang didukung oleh media yang sangat menarik, sehingga menjadikan siswa gemar akan belajar. Metode ini juga memiliki kelebihan untuk menjadikan siswa kreatif dan imajinatif. Keunggulan dari metode ini adalah pada bentuk medianya yang dimana kemasan media adalah penyempurnaan dari windows office power point, dimana bentuk animasinya lebih menarik dan lebih lengkap.

Model pembelajaran Metode Berbasis Flash akan dapat memberikan nuansa baru di dalam pelaksanaan pembelajaran oleh semua bidang studi atau mata pelajaran yang diampu guru. Karena pembelajaran Metode Berbasis Flash dan beberapa hasil penelitian baik pakar pendidikan dalam maupun luar negeri telah memberikan dampak positif terhadap keberhasilan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris khususnya pada peningkatan belajar dibidang vocabulary.

Teknik Implementasi yang akan dilakukan

Pengimplementasian media belajar menggunakan media flash ini melibatkkan lembaga pendidikan yang mengangani masalah pengembangan teknologi dalam pendidikan.

Sedangkan implementasi dalam pembelajaran vocabbulay sendiri adalah dengan mengunakan projector di dalam kelas, mengingat bahwa flash merupakan sebuah software animasi.

Prediksi Hasil yang Akan Diperoleh
Dalam pembelajaran metode berbasis flash tidak hanya mempelajari materi Bahasa Inggris dibidang vocabulary saja, tetapi siswa juga diajarkan keterampilan khusus yang disebut keterampilan dalam bidang teknologi. Keterampilan teknologi ini juga sangat baik untuk memberikan pembelajaran tambahan kepada para siswa untuk mengejar teknologi yang kian maju dan modern.

Selama proses belajar.keterampilan-keterampilan yang akan di dapatkan siswa antara lain adalah:

  1. Agar siswa dapat memahami dan menguasai Bahasa Inggris dengan lebih baik khususnya pada bidang vocabulary (dengan media software animasi).
  2. Siwa juga dapat belajar mengenai teknologi( penguasaan softwer computer)
  3. Mudah untuk mengingat materi-materi yang telah diberikan oleh guru ketika proses pembelajaran
  4. Memberikan daya pikir imajinatif yang positif kepada para siswa
DAFTAR PUSTAKA
Rusli, Ratna Sajekti, dkk, “ Buku Materi Pokok Reading”, Karunika, Jakarta,1997
Http://www.ego4u.com diakses tanggal 27 September

Yang belum pernah melakukan skripsi, silahkan baca ini sebagai pengetahuan:

Daftar riwayat hidup ketua kelompok 
Nama : mr.xXx
NPM : 207030019
Fakultas : FKIP
Jurusan : Bahasa Inggris
Prodi : S1 Pend. Bahasa Inggris
Tempat/Tanggal Lahir: Jember, 5 Mei 1988
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Jl.Simpang Tatassurya No.02 Dinoyo- Malang
Telp : 085655580357
Pendidikan : TK DEWI MASYITOH 12 JEMBER (1993-1995)
MI AL-MUJAHIDI JEMBER (1995-2001)
MTs AL-MUJAHIDI JEMBER (2001-2004)
MA MAARIF KENCONG-JEMBER (2004-2007)
UNV. ISLAM MALANG (2007-sekarang)

Daftar riwayat hidup anggota kelompok:
Anggota 1
Nama : Lissa refiantina
NPM : 2080730027
Fakultas : FKIP
Jurusan : Bahasa Inggris
Prodi : S1 Pend. Bahasa Inggris
Tempat/Tanggal Lahir: Malang, 25 Desember 1989
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat : Jl.Tlogo Agung 45 E Dinoyo-malang
Telp : 085755885256
Pendidikan : SDN TLOGOMAS 2 MALANG (1996-2002)
SMPN 13 MALANG (2002-2005)
MA NURUL ULUM MALANG (2005-2008)
UNV. ISLAM MALANG (2008-sekarang)

Anggota 2
Nama : Bashri
NPM : 207030015
Fakultas : FKIP
Jurusan : Bahasa Inggris
Prodi : S1 Pend. Bahasa Inggris
Tempat/Tanggal Lahir: Sumenep, 20 Maret 1987
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Jl.Masjid Darussalam No.03 Sumenep-Madura
Telp : 085855958519
Pendidikan : TK TARBIYATUL ATFAL SUMENEP (1993-1995)
MI AL IHSAN, SUMENEP (1995-2001)
MTs AL-IHSAN, SUMENEP (2001-2004)
MA AL-IHSAN, SUMENEP (2004-2007)
UNV. ISLAM MALANG (2007-sekarang)

Penulis

mr.xXx
NPM:2070730019

1 comments: