Home » » Cara Merubah URL Artikel Blog Yang Sudah Di Publish

Cara Merubah URL Artikel Blog Yang Sudah Di Publish

Halo sobat blogger, perkenalkan saya yang newbie ini ingin berbagi pengalaman kepada para newbie juga. Soalnya kalau artikel ini dikonsumsi oleh para master dalam dunia blogger, istilah orang jawa mengatakan "nguyahi segoro" :D

url infojempol
Berikut tentang cara merubah url artikel yang sudah dipublish, terinspirasi dari http://blogtimenow.com
Untuk tujuan SEO, sobat memang perlu untuk merubah url artikel dipostingan sobat, perubahan yang dilakukan tidak harus panjang, namun kata kunci yang dipakai perlu disesuaikan apa yang kita targetkan. Karena secara otomatis blogger akan membuat permalink kita. terkadang permalink yang dibuat secara default oleh blogger tidak sesuai dengan yang kita harapkan, umumnya yang terjadi adalah terpotong (jika judul blog itu terlalu panjang). 

Saat kita baru membuat menulis artikel, kita dapat merubah permalink pada tool yang sudah disediakan oleh blogger. Namun, ketika kita ingin merubah url artikel yang sudah dipublish, kita perlu melakukan sedikit tahapan-tahapan yang berbeda. Disamping kita merubah url artikel, kita juga harus melakukan redirect url lama ke url baru. Karena bagaimanapun url lama kita memiliki rangking di search engine, dan otomatis juga telah memiliki backlink. apalagi url yang akan kita rubah nanti sudah berusia cukup lama.

Jadi, pada kesempatan kali ini saya menulis tutorial dengan dua topik
1. Cara merubah url artikel yang sudah di publish
2. Cara melakukan redirect dari url lama ke url yang baru
 Oke Sobat, langsung simak step by step

1. Ini adalah url artikel yang ingin saya rubah, karena tidak sesui dengan harapan

gambar no.1

2
.  Masuk di Dashboard blogger, Pilih menu Post, pilih sub menu Published. Dan cari artikel tersebut yang ingin dirubah urlnya, kemudian klik edit

gambar no.2

3
. Klik Revert to draft ( posisi ada di pojok kanan atas)
gambar no.3
4. Pertama sobat harus pilih dulu Custom Permalink (saya kasih tanda "a"), kemudian buatlah url yang sesuai dengan keinginan sobat (di tanda "b").
gambar no.4
INGAT! penulisan custom permaling juga ada aturannya. Setiap kata harus dipisah dengan tanda strip (-), dan tidak diperkenankan menggunakan simbol-simbol tertentu, apalagi sad emotion. Berikut saya tampilkan contoh url artikel yang saya rubah.
contoh-pembuatan-surat-lamaran-kerja-dalam-bahasa-inggris

5. Jika sudah sesuai dengan keinginan, kemudian klik Done/Selesai. Dan klik Publish. jreeeng,, url nya sudah ganti kan??

gambar no.5
Oke, Sekarang saatnya melakukan Redirect dari URL lama ke URL baru. Ini bisa dibilang wajib ya sob, apalagi artikelnya sudah berumur, Ok lanjut.

6. Setelah sobat cukup bahagia (sama seperti saya dulu), saatnya kita melakukan redirect url. Pertama masuk ke kamar istri orang Dashboard blogger sobat, Pilih (1) menu Setting, kemudian (2) sub menu Search preferences, lihat kekanan dan pilih Custom redirect, klik Edit.
gambar no.6

7
. Setelah terbuka ada empat tahapan yang harus sobat lakukan.
gambar no.7
(a) di kotak From, isikan dengan URL yang lama, penulisannya harus diawali dengan "/", contohnya seperti ini: /2011/12/contoh-pembuatan-surat-lamaran-kerja-in
(b) pada kotak To, isikanalamat URL yang baru: /2011/12/contoh-pembuatan-surat-lamaran-kerja-dalam-bahasa-inggris
(c) klik Save
(d) klik Save Change

Demikian tutorial tentang cara merubah url artikel yang sudah di publish. Saat artikel ini dibuat oleh infojempol, cara ini masih 100% work.


Jika sobat ragu apakah google plus itu benar-benar dapat meningkatkan seo, cek saja hasil penelitiannya:
Apakah Google Plus Benar Benar Mempengaruhi SEO?

Terimakasih atas kunjungannya dan mohon koreksi jika ada yang kurang pas.

3 comments:

  1. Replies
    1. hehe, thanks 4 visiting my little blog,
      ur latest article is english, that's nice kak vina..

      Delete
  2. wadew... berarti harus di-redirect satu per satu ya mas....

    hmmmm....

    Ini salah satu alasan saya pindah pakai WP.

    ReplyDelete