Home » » SEMAPHORE

SEMAPHORE

semaphore
Kode Semaphore ini terdiri dari beberapa sikap tangan kanan dan kiri. Setiap bendera harus dipegang sedemikian rupa hingga tongkat semaphore merupakan sambungan dari tangan. Letak jari-jari telunjuk diatas tongkat harus benar-benar dipegang lurus. Segala pergerakan dilakukan dengan kedua bahu, sementara tangan tetap dalam kondisi lurus.

Dalam Kode Semaphore, angka-angkanya dikirimkan memalui huruf-huruf. Selain dari tanda-tanda tersebut, ada pula tanda yang lain. jika penerima Semaphore siap, maka ia akan mengirimkan dengan huruf K. setelah itu si pengirim dapat memulai mengirim pesan.
Baca:Sandi Morse
Kirimkanlah huruf dari tiap-tiap perkataan itu dengan segera, jika perlu berhenti sebentar untuk memikirkan huruf berikutnya. tetaplah kepada sikap huruf yang terakhir. hingga huruf telah didapat dan siap untuk dilanjutkan.

Untuk menyatakan suatu perkataan telah selesai, kedua bendera dipegang bersilang dari hadapan bawah. kalau ada huruf kembar dalam suatu kata, gunakan tanda tersebut untuk memisahnya.

Kirimlah huruf pertama, lalu bendera dibawa ke sikap "selesai". dan segera tanpa berhenti dibawa ke sikap huruf pertama.
Jika tiap-tiap kata yang di kirim telah diterima dengan baik oleh si penerima, nyatakanlah oleh si penerima dengan huruf "C". Jika si penerima mengirimkan kata "INI" secara berangkai dan berulang, berarti si penerima meminta agar kata terakhir diulang kembali.

JIka si pengirim membuat kesalahan, segerakanlah mengirim huruf "E" delapan kali, dan ulangilah kata terakhir dari permulaan.

Jika si pengirim berita telah selesai mengirimkan beritanya, nyatakanlah dengan huruf "AR", dan tunggulah sampai si penerima berita mengirimkan huruf "R". artinya bahwa si penerima berita telah enerima berita dengan baik
Sebelum memulai mengirim berita, si pengirim harus mengirim perhatian ke pada penerima berita dengan mengibarkan kedua bendera berkali-kali.

Ada berbagai tentang ukuran Semaphore, dari buku Saku Pramuka adalah 40cmX40cm. namun dari pramukanet.org ukurannya adalah 45cmX45cm. hal tersebut bukanlah menjadi permasalahan yang berarti.
pramuka net


semaphore pramukanet.org
Semaphor Alphabet from Wikipedia
Jika kakak kakak tidak ingin menghabiskan uang Rp.2000 untuk membeli buku saku pramuka, kakak bisa buka link dibawah ini untuk membaca buku saku pramuka secara online, gratis kak ;-D
BUKU SAKU PRAMUKA-lengkap

Semaphore adalah suatu cara untuk mengirim dan menerima berita dengan menggunakan bendera, dayung, batang, tangan kosong atau dengan sarung tangan. Informasi yang didapat dibaca melalui posisi bendera atau tangan. 

Namun kini yang umumnya digunakan adalah bendera, yang dinamakan bendera semaphore. Pengiriman sandi melalui bendera semaphore ini menggunakan dua bendera, yang masing-masing bendera tersebut berukuran 45 cm x 45 cm. 

Bentuk bendera yang persegi merupakan penggabungan dua buah segitiga sama kaki yang berbeda warna. Warna yang digunakan sebenarnya bisa bermacam-macam, namun yang lazim digunakan adalah warna merah dan kuning, dimana letak warna merah selalu berada dekat tangkai bendera. Pada awal abad ke 19, semaphore digunakan dalam komunikasi kelautan.
(Wikipedia)

Ada berbagai pendapat tentang sulit mudahnya menghafalkan Semaphore, Kita menyebutnya itu mudah, namun jika kita tidak sering menggunakannya, itu juga akan mudah untuk lupa,, kalau kakak merasa sulit menghafalkannya, baca trik dan tips mudah menghafal Semaphore yang banyak bertebaran di dunia maya.

Terimakasih telah mengunjungi blog kami, semoga artikel tentang Semaphore ini dapat bermanfaat.

1 comments: