Panduan SisPenA S/M (Sistem Informasi Penilaian Akreditasi) - Download Pdf

Panduan SisPenA S/M - Sistem Informasi Penilaian Akreditasi - Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah

Panduan Sistem Informasi Penilaian Akreditasi ini sama persis dengan yang dikeluarkan oleh BAN SM (Badan Akreditasi Nasional Sekolah / Madrasah), Infojempol hanya bersifat menyajikan ulang, dengan tujuan bisa dibaca secara langsung melalui web browser.

Kami tidak menampilkan tutorialnya dengan gambar secara langsung dengan alasan dapat memberatkan halaman. Jika sobat ingin melihat panduan ini lengkap dengan gambar, sobat dapat mendownloadnya melalui link yang sudah Admin siapkan.

Link download Panduan SisPenA S/M berada di bawah nomor

Dan berikut sajian lengkapnya. Selamat menyimak
Panduan SisPenA S/M
Panduan SisPenA S/M untuk Sekolah
Tutorial ini akan memberikan pemahaman kepada Sekolah bagaimana menggunakan Aplikasi SisPenA (Sistem Penilaian Akreditasi Sekolah dan Madrasah.)

Aplikasi SisPenA S/M adalah aplikasi penilaian akreditasi yang berbasis web, dimana bisa akses dimana saja, kapan saja dengan syarat terhubung dengan internet.

Aplikasi ini pun tak tidak hanya bisa diakses menggunakan Laptop atau komputer tetapi bisa juga menggunakan handphone ataupun tablet yang resolusinya lebih kecil.

Adapun langkah – langkah untuk mengakses atau menggunakan aplikasi SisPenA S/M yaitu
1. Buka url: http://sispena.bansm.or.id di halaman browser.

2. Atau bisa klik link banner SisPenA S/M yang terdapat disebelah kanan
website http://bansm.or.id

3. Akan muncul halaman login seperti terlihat dibawah ini.

4. Selanjutnya masukkan user (NPSN) dan password yang dimiliki. Dan pilih level pengguna yaitu Sekolah. Untuk password default adalah NPSN juga

5. Checklist ✔ saya bukan Robot pada pilihan dibawahnya.

6. Apabila pada saat menceklist muncul gambar seperti dibawah ini.
Pilih gambar yang diminta sesuai petunjuknya..

7. Kalau sudah berhasil klik LOGIN

8. Ketika pertama kali masuk kedalam halaman login. Sistem akan langsung menampilkan jendela form yang harus diisi oleh sekolah.

9. Isilah Form tersebut sampai dengan selesai, dan pastikan form email sudah terisi, karena email sekolah akan digunakan apabila lupa password.

10. Khusus untuk Jenjang SMK, terdapat form isian program keahlian yang bisa diisi lebih dari satu program keahlian.

11. Setelah selesai mengisi lengkap profile atau identiras sekolah. Selanjutnya akan akan masuk ke area penilaian evaluasi diri.

12. Apabila menu isian evaluasi diri kosong seperti gambar diatas, maka BAP belum memetakan (Maping) sekolah anda menjadi sekolah sasaran untuk akreditasi tahun ini.

13. Untuk sekolah yang telah di Maping akan muncul seperti gambar dibawah ini, dan sekolah bisa langsung melakukan evaluasi sekolah

14. Apabila sekolah belum di maping oleh BAP dan ingin mencoba2 dulu penilaian berdasarkan instrumen baru, bisa menggunakan menu Simulasi yang terdapat di samping kiri

15. Didalam menu Simulasi semua tombol atau button menu sama persis dengan yang terdapat dalam menu evaluasi diri.

16. Dalam tabel sekolah yang tampil terdapat banyak button atau tombol yang berfungsi untuk memberikan Pernyataan kepala sekolah, prasyarat akreditasi, memasukkan IPDIP, penilaian evaluasi
diri sekolah, photo pendukung serta Kartu Kendali.

17. Selanjutnya Klik tombol Pernyataan Kepala Sekolah untuk memasukan surat pernyataan kepala sekolah

18. Klik tombol download format, apabila belum memiliki format pernyataan kepala sekolah, lalu Save (Simpan)

19. Isilah format pernyataan kepala sekolah telah didownload

20. Setelah format tersebut diisi, masukan kedalam SisPenA dengan mengklik Tombol Choose File lalu tekan tombol Simpan

21. Apabila file sudah terkirim kedalam sistem akan muncul tombol sudah terunggah, seperti dibawah ini

22. Tombol sudah terunggah akan mendownload file yang telah kita masukkan kedalam sistem. Apabila file tersebut ingin anda update maka klik kembali Choose File pada pilihannya

23. Selanjutnya Klik tombol menu Persyaratan Akreditasi untuk memasukkan prasyarat sekolah yang akan di akreditasi.

24. Akan muncul 6 form isian dokumen yang digunakan untuk memasukkan dokumen berbentuk PDF atau DOC (Dokumen) dengan cara menekan Choose File

25. Keenam dokumen tersebut adalah surat ijin operasional, daftar siswa tiap kelas, data PTK, pernyataan pemberlakuan kurikulum, Daftar Lulusan 1 tahun terakhir dan data sarana dan prasarana.

26. Masing masing dokumen yang diupload dibatasi hanya 1 MB. Dan disarankan mengirimkan satu persatu prasyarat tersebut untuk mempercepat akses pengiriman

27. Apabila telah berhasil dikirim akan muncul tombol sudah terunggah seperti terlihat pada gambar.

28. Seperti halnya pernyataan kepala sekolah. Tombol sudah terunggah itu berisi file yang sudah kita kirim (Upload) kedalam sistem, klik untuk mengunduh atau memeriksa file yang telah dikirim

29. Untuk merubah atau mengedit kembali data atau dokumen yang sudah ada, klik Choose File lalu cari dokumen yang akan mengganti file atau dokumen yang sudah ada.

30. Langkah selanjutnya klik IPDIP ( Instrumen pengumpulan data dan informasi pendukung),

31. Sekolah bisa mendownload contoh dari IPDIP

32. Untuk format IPDIP ini akan berbeda untuk setiap jenjang pendidikan

33. Setelah semua format IPDIP di isi upload dokumen IPDIP tersebut dengan format Doc (Dokumen) atau PDF maksimal ukuran 3 Mb, dengan memilih Choose File.. lalu Simpan

34. Apabila file berhasil di unggah (upload) maka akan muncul tombol ✔Sudah Terunggah yang dapat di Klik untuk mengetahui file yang telah kita unggah.

35. Langkah selanjutnya adalah mengupload photo terkait sekolah, seperti plang sekolah, sarpras, kegiatan sekolah, dan lainnya yang mewakili sekolah dengan mengklik menu Foto Pendukung

36. Klik menu Upload photo, mulai memasukkan photo, maka akan muncul form seperti gambar dibawah ini.

37. Sistem menyediakan form untuk sekolah memasukan 5 buah photo. Dengan cara mengklik choose file. lalu pilih file photo yang akan masukkan. Photo yang diterima adalah berformat JPG.

38. Photo yang sudah berhasil di upoad akan langsung muncul seperti gambar dibawah ini

39. Apabila akan merubah photo yang dimasukkam, klik kembali upload photo dan choose file di photo mana yang akan diganti.

40. Untuk selanjutnya dan bagian pentingnya adalah melakukan evaluasi diri dengan cara mengklik menu Input Evaluasi Diri.

41. Muncul jendela penilaian akreditasi terhadap sekolah, sistem penilaian dimunculkan butir demi butir serta menurut standar, yang dimulai dari butir 1 pada standar isi.

Panduan SisPenA S/M
Untuk bisa mendapatkan Panduan Sistem Informasi Penilaian Akreditasi dalam format Pdf, silahkan klik link downloadnya disini: Panduan SisPenA S/M Pdf

42. Untuk memberikan penilaian klik langsung pilihan a,b,c,d,e yang sudah ada. Jika sudah terpilih akan berubah menjadi warna hijau. Seperti terlihat pada gambar ini.

43. Klik tombol Next untuk beralih ke butir selanjutnya.

44. Sekolah bisa melihat petunjuk teknis untuk setiap butir pernyataan dengan mengklik tombol petunjuk teknis yang terdapat di bagian atas kanan.

45. Isi dari petunjuk teknis yang kita klik akan muncul berupa pop-up atau jendela seperti gambar dibawah ini.

46. Untuk penilaian butir kita bisa memilih secara langsung berdasarkan standar dan nomer butir pada setiap standar dengan mengklik tombol standar yang terdapat dibagian bawah butir pernyataan.


47. Warna hijau yang terlihat digambar menandakan bahwa butir tersebut telah diberikan penilaian.

48. Penilaian bisa dilakukan secara acak atau melompat dari satu standar ke standar lainnya.

49. Data penilaian yang sudah dilakukan akan tersimpan secara otomatis apabila admin sekolah keluar dari sistem dan akan melanjutkan nantinya. Dan hal ini juga mengantisipasi apabila
terjadi insiden seperti mati lampu ketika proses penilaian

50. Proses penilaian akan dianggap selesai apabila semua butir sudah dinilai dan muncul tombol Simpan dibagian paling bawah seperti gambar dibawah ini.

51. Apabila anda sudah yakin dengan penilaian anda, klik tombol Simpan. Setelah menekan tombol Ok maka penilaian evaluasi diri telah selesai dan bisa langsun melihat hasil penilaian yang telah kita lakukan dengan cara mengklik tombol Lihat Hasil Penilaian

52. Pada jendela hasil penilaian akan muncul nilai pada setiap standar, Nilai akhir dan peringkat.

53. Pada tabel penilaian ini juga diperlihatkan warna yang berbeda yaitu warna merah apabila nilai tidak memenuhi syarat lulus akreditasi, yaitu 1) nilai akhir kurang dari 71, 2) Nilai standar sarana dan
prasarana kurang dari 61, 3) Salah satu standar nilainya kurang dari 50.

54. Admin sekolah bisa mengedit atau merubah data evaluasi diri sekolah kapan saja dengan menekan tombol menu Edit EDS

55. Untuk mengedit atau merubah nilai langkah langkahnya sama seperti mengisi nilai evaluasi diri pertama kali.

56. Jika ingin mencetak hasil penilaian evaluasi diri klik tombol Print Format Laporan Individu

57. Akan muncul jendela untuk cetak dokumen, tekan tombol Print Jika sudah yakin dengan tampilan yang ada, atau klik More Setting untuk mengatur margin, ukuran kertas, menghilangkan header atau
memberi warna pada tabel.

58. Atur setting yang ada untuk mendapatkan posisi cetak yang baik. Jika telah selesai klik PRINT

59. Langkah terakhir dan sangat Penting….!! Sekolah harus menginput kartu kendali setelah proses visitasi akreditasi oleh asesor selesai dilaksanakan.

60. Akan muncul form yang harus diisi oleh sekolah. Tanggal Mulai visitasi beserta jam mulai dan berakhir serta tanggal selesai visitasi beserta jam nya.

61. Klik Simpan setelah sekolah mengisi seluruh isian dalam format kartu kendali.

62. Perlu di ingat, akan ada peringatan sebelum anda menyatakan Oke, bahwa kartu kendali ini hanya sekali dan tidak bisa di edit kembali, maka pastikan data yang dikirim sudah benar benar oke dan sesuai.

63. Apabila anda ingin mencetak kartu kendali, klik menu Print, lalu lembar isian kartu kendali diisi sesuai dengan format yang sudah ada, di tanda tangani oleh kepala sekolah,

64. Untuk bisa dikirimkan melalui SisPena Kartu Kendali bisa di scan atau di photo lalu kirim dengan menglik Choose File

65. Sekolah akan diberikan warning oleh sistem dan BAP apabila belum mengisi format kartu kendali sampai waktu yang ditentukan.

66. Untuk fasilitas menu lainnnya sekolah bisa melihat data secara umum tentang Akreditasi atau berita berita terkait akreditasi baik lingkup provinsi maupun nasional di menu Dashboard.

67. Akan terlihat beberapa informasi umum berupa infografis, pengguna yang online serta informasi lainnya terkait akreditasi.

68. Untuk merubah kembali biodata atau profile Sekolah serta merubah Foto Profile bisa mengklik menu yang terdapat disebelah kanan atas.

69. Form Edit Profile sekolah, Klik Submit untuk menyelesaikan

70. Klik Choose File untuk merubah photo profil sekolah anda

71. Jika menggunakan smartphone bisa secara langsung mengganti dengan memilih foto di file penyimpanan atau memfoto secara langsung menggunakan kamera.

72. Selanjutnya yang salah satu hal paling penting adalah Ubah Password standar anda dengan yang baru.

73. Masukkan password lama anda, lalu masukkan password yang baru lalu konfirmasi ulang.

74. Anda akan diberi Warning, untuk mengisi e-Mail jika halaman identitas anda belum terisi oleh e-Mail

75. Klik Link untuk menuju halaman identitas, dan masukkan e-Mail anda atau e-Mail yang masih aktif. Karena e-Mail ini adalah sarana apabila anda lupa password nantinya.

76. Sejauh ini apabila saat ini sekolah masih mengunakan menu simulasi (percobaan) bukan menggunakan menu Evaluasi Diri Sekolah (hanya muncul apabila sekolah sudah dimaping oleh BAP), itu tidak menjadi masalah,

77. Apabila nantinya dimaping (dipetakan) oleh BAP, (menjadi sekolah sasaran akreditasi) maka semua data yang dimasukkan kedalam simulasi (pernyataan, persyaratan, IPDIP, Photo) akan otomatis masuk kedalam menu Evaluasi Diri Sekolah. Kecuali penilaian akreditasi (input penilaian) harus di Input Ulang.

78. Selanjutnya. Jangan lupa untuk memilih menu Logout apabila anda telah selesai menggunakan Sistem Aplikasi ini.

79. Selanjutnya terkadang kita lupa dengan password yang telah kita masukkan kedalam sistem. Untuk menanggulangi hal tersebut kita bisa mereset password atau meminta password baru dengan
mengklik menu Lupa Password di halaman depan.

80. Masukkan alamat e-Mail, Username serta level user anda pada form

81. Selanjutnya cek e-Mail anda, password yang baru akan dikirm di folder Inbox atau SPAM.

82. Selamat Menggunakan…. Salam Akreditasi Berkualitas

Footer
Panduan SisPenA S/M untuk Sekolah Rev.1
Panduan SisPenA S/M (Sistem Informasi Penilaian Akreditasi) - Download Pdf