Home » » 9 Tujuan Fungsi dan Manfaat Mendaki Gunung

9 Tujuan Fungsi dan Manfaat Mendaki Gunung

source: novel 5 cm
Hi sobat hikers di seluruh jagat Nusantara, rencana mau "naklukin " puncak mana lagi nih?, terus bagi sobat yang udah lama gak nikmatin suasana puncak gunung, apa nggak kangen nih?, dan kapan rencananya bernostalgia dengan semak-semak, pepohonan, lereng, tebing, kabut, udara yang menusuk dan badai sepoi-sepoi :D

Bagi sobat yang berencana untuk mendaki gunung, entah dengan alasan hanya ingin mencoba, karena diajak teman, bernostalgia maupun karna sebuah target penaklukkan puncak, apapunlah alasan sobat hiker,disini infojempol ingin berbagi artikel yang dapat menguatkan niat sobat untuk mendaki gunung. Rangkaian kalimat ini akan meliputi tujuan, fungsi dan manfaat mendaki gunung yang saya coba rangkum dari berbagai sumber, termasuk pendapat teman-teman hiker, dan juga pengalaman sendiri.

Kalau fungsi dan manfaat camping, sudah pernah saya bahas, kalau sobat ingin membaca juga, langsung klik link berikut ini ya :
Tujuan dan manfaat berkemah
Waah, prakatanya terlalu panjang. Oke-oke, kalau begitu langsung simak saja:

9 Tujuan Mendaki Gunung
Setiap pendaki pasti memiliki tujuan disetiap pendakian yang ia lakukan, dan tujuan tersebut beragam, dan apapun tujuan sobat itu tidak ada yang salah, yang penting masih bertujuan positif. Dari beberapa tujuan yang akan saya paparkan, pasti tidak akan terlepas dari beberapa hal berikut ini:

1. Untuk mengagumi alam ciptaan Tuhan.
           Orang-orang yang mendaki dengan tujuan ini adalah orang orang khusus, ia melakukan aktivitas pendakian karena ingin meningkatkan rasa syukurnya kepada Tuhan YME. Dirinya akan menjadi lebih sadar bahwa Tuhan menciptakan hamparan gunung dengan begitu kokoh dan indahnya. Keindahan alam yang ia nikmati di atas gunung akan membuatnya semakin iman kepada Tuhan YME.

2. Untuk mengasah diri
           Orang-orang yang mendaki dengan tujuan ini akan menyendiri, mencari kedamaian, merenung dan mencari pencerahan dari Tuhan. Ia sadar bahwa gesekan alam akan membuat pribadi yang lebih kokoh dan tangguh

3. Untuk misi pencarian dan penyelamatan
           Orang-orang yang mendaki gunung dengan tujuan ini memiliki nilai plus, pasalnya ia tidak hanya mendaki untuk kesenangan, namun aktivitas pendakiannya untuk misi penyelamatan. yang umum terjadi adalah ia menyelamatkan para pendaki yang hilang atau cidera saat mendaki gunung. Biasanya orang-orang dengan tujuan seperti ini dilakukan oleh tim SAR, polisi hutan, dan para pendaki sukarelawan. Dan harus diingat bahwa orang yang mendaki dengan tujuan ini perlu memiliki pengalaman yang mumpuni, minimal ia harus faham dengan karakteristik gunung yang ia daki. Jangan sampai tujuannya menyelamatkan, eh,, malah ia sendiri yang harus diselamatkan, kan sama saja menyelesaikan masalah dengan cara menambah masalah :D

4. Untuk pelestarian alam
            Hampir sama dengan poin 4, namun tujuannya adalah untuk pelestarian alam. para pendaki ini melakukan reboisasi dan juga ekspedisi bersih bersih. karena biasanya banyak sekali sampah yang ditinggalkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Pelestarian alam di gunung biasanya diprakarsai oleh lembaga tertentu dan dibuka untuk umum. Jadi siapapun bisa menjadi 
sukarelawan untuk ikut nimbrung dalam program pelestarian alam tersebut

Baca juga: Hoby yang menyelamatkan bumi
5. Untuk penelitian
             Dilakukan oleh ahli vulkanologi, ia mendaki gunung untuk meneliti kawah, dan bisa juga dilakukan oleh mahasiswa program studi IPA, ia mendaki gunung untuk meneliti tanaman tertentu yang hanya hidup di lereng-lereng gunung

6. Untuk pengalaman
             Nah kalau ini biasanya saya sob, mendaki karena ingin mencari pengalaman. Umumnya kita mendaki ingin tahu bagaimana karakteristik gunung tersebut, karakteristik dapat meliputi rute pendakian, rute khusus/jalan pintas, kondisi cuaca di ketinggian tertentu, kondisi kabut dan badai, dan lain sebagainya. Kan kalau kita berpengalaman di gunung tertentu, kita tar dapat ikut nimbrung  dalam program pelestarian alam maupun penyelamatan. Mulya kan niatnya?:D

Dengan punya pengalaman di gunung tertentu, kita juga bisa menjadi senior yang baik untuk junior-Junior kita nanti

7. Untuk mendapatkan pengakuan
          Nah kalau orang yang ini niatnya untuk menaklukkan puncak, ia akan terus menaklukkan puncak-puncak gunung tertentu, semakin banyak puncak yang ia taklukkan, semakin banyak pula pengakuan yang didapat. Umumnya ia akan terus meningkatkan level pendakian nya dari gunung yang terendah hingga tertinggi. orang yang seperti ini nggak akan ragu untuk berkeliling antar provinsi antar pulau demi menaklukkan puncak tertentu.

8. Untuk kesenangan
            Karena berwisata di tengah-tengah perkotaan dianggap mainstream, akhirnya ingin mencoba hal baru dengan wisata di gunung (mendaki), hanya ingin bersenang senang saja. Puncak bukan menjadi tujuan baginya, yang penting ia bisa merasa senang, itu saja cukup. (sepertinya saya juga masuk kategori ini, lol)
Contohnya kalau sobat mendaki gi gunung Semeru, puncak Mahameru bukanlah tujuannya, bisa nge-camp aja di Ranu Kumbolo sudah dianggap cukup, cukup membuat bahagia dan puas, ada yang  seperti itu juga kah?

9. Untuk menjaga hubungan

            "Tong, ayo malem minggu kita ke Panderman (nama sebuah gunung di Malang), kalau gak mau ikut, lu gak akan gue traktir lagi". Otong say : " iya deeh" (dengan terpaksa).
Nah itu ilustrasi kategori ini sob, jadi ia mendaki ke gunung karena ingin menjaga hubungannya dengan teman-temannya, walaupun iya terpaksa, ia melakukan pendakian juga.
Contoh lain
Cewek: " Say, temenin aku naik gunung ya, soalnya temen-temen kelasku  ngajak ndaki minggu depan, dan aku gak bisa nolak"
Cowok anti gunung: " iya deh say.. :("
LoL, itu sih menjaga hubungan banget, biar nggak diputusin

Nah, itu sembilan tujuan mendaki gunung versi infojempol, sobat dapat memiliki beberapa tujuan sekaligus dalam sekali pendakian


9 Fungsi dan Manfaat Mendaki Gunung

Karena fungsi dan manfaat memiliki ruang lingkup yang tidak jauh beda, maka saya paparkan sekaligus antara fungsi dan manfaat. Disamping sobat memiliki tujuan dalam melakukan pendakian, sobat juga akan mendapatkan manfaat dari aktivitas pendakian tersebut, apa saja manfaatnya?
Berikut ini beberapa manfaat mendaki gunung

1. Menjaga kesehatan

Manfaat ini sudah sangat jelas, karena mendaki=olah raga, dengan mendaki sobat berarti juga berolah raga, dengan berolah raga sobat akan mendapatkan kesehatan yang lebih baik. tidak ada penelitian dimanapun yang menyatakan bahwa olah raga memberikan dampak negativ bagi kesehatan, kecuali sobat melakukannya dengan salah.

2. Memperkuat otot

3. Melangsingkan badan
4. Menambah pengalaman
5. Melatih mental
6. Menambah relasi
7. Membangun kerjasama
8. Menghilangkan stress
9. Mendapatkan pahala
           
Karena admin sudah sedikit lelah dan harus melakukan aktivitas yang lain, penjabaran nomor 2 sampai 9 akan di urai dikemudian waktu ya, atau sobat ingin menambahkan, silahkan ditambahkan di kolom komentar, nanti akan admin masukkan ke artikel ini.

Terimakasih telah berkunjung ke info jempol, dan silahkan share artikel ini..

1 comments:

  1. kalo saya mah gak suka ke gunung

    ReplyDelete