Home » , » Proposal Lomba Musik Patrol Ramadhan

Proposal Lomba Musik Patrol Ramadhan

FESTIVAL PATROL GEMA RAMADHAN
“Lomba Musik Patrol Tradisional Islami”
Sekretariat; Jln Raya Tanjungsari, Desa Kuwolu, Bululawang, Malang 65171

Proposal
“Lomba Musik Patrol Tradisional Islami”
pict:https://fncounter.wordpress.com
PENDAHULUAN 
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا كُتِبَ عَلَيْكُمُ الصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى الَّذِينَ مِنْ قَبْلِكُمْ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa, (Al-Baqoroh 183)

“Barang siapa yang gembira dengan masuknya bulan Ramadhan, maka Allah akan mengharamkan jasadnya masuk api neraaka”. Begitu kata Nabi Muhammad kepada umatnya, jelang akan tiba bulan yang di mulyakan Allah, yakni bulan Ramadhan atau bulan puasa. Allah sudah memulyakan pada umat-Nya yang gembira masuknya bulan Ramadhan. Apalagi mampi melaksanakan ibadah puasa.

Bulan Ramadhan adalah bulan yang disucikan oleh Allah SWT. Karena bulan tersebut adalah bulan yang penuh dengan berkah dan petunjuk bagi umat-Nya. Dengan bulan yang penuh dengan berkah itu, menjadi momentum untuk berlomba-lomba melaksanakan perbuatan baik. Menyucikan diri dari segala dosa dan kesalahan.

Umat Islam, yang melaksanakan ibadah puasa, diperintahkan untuk menahan diri dari segala godaan yang menuai kemaksiatan. Bahkan, tak hanya diperintahkan untuk menahan diri dari haus dan lapar. Tapi menjaga hawa nafsu. Dari itu, tak jarang saat ramadhan tiba, umat Islam berlomba-lomba membaca Alquran, di rumah, di musala, dan di masjid.

Banyak cara untuk berlomba-lomba kebaikan selama bulan Ramadhan. Diantaranya, bisa dengan membangun kreatifitas diri untuk kepentingan sosial masyarakat pada umumnya. Kreatifitas tersebut, bisa bernilai dakwah Islam. 

Kreatifitas bernilai dakwah itu, bisa beraneka ragam. Salah satunya, selama bulan Ramadhan kreatifitas itu bisa dimunculkan berupa jenis perlombaan musik patrol tradisional yang islami. Musik patrol bernilai islami dinilai sangat cocok menjadi media dakwah, dan diselenggarakan untuk menyambut bulan Ramadhan.

Secara umum, Indonesia adalah negara yang kaya akan seni dan budaya. Salah satunya adalah seni Patrol yang sudah ada sejak Indonesia masih belum merdeka. Budaya musik patrol, hanya muncul dan marak pada saat Ramadhan tiba. Karenanya, musik patrol itu, sangat penting untuk terus dilestarikan.

Sekilas mengupas sejarah musik patrol, munculnya musik patrol itu, hanya dimaksudkan untuk membangunkan umat Islam, saat akan makan sahur. Agar tidak terlambat melaksanakn makan sahur. Secara berkelanjutan, tradisi tersebut terus berkembang dan kini terus membudaya dan terjadi saat Ramadhan.

Dari beberapa pelosok desa, di Indonesia, yang menjaga tradisi musik patrol, diketahui mayoritas adalah dimotori oleh para kaum muda. Mereka, para kaum muda itu, terlihat tak pernah lelah untuk membunyikan musik patrol keliling ke rumah-rumah warga di daerahnya. Tujuannya, hanya untuk membangunkan warga bersahur.

Untuk menjaga dan terus melestarikan budaya musik patrol saat Ramadhan tiba, kaum muda di Malang, yang tergabung dalam “Pemoeda Shalawat Indonesia”, yang berpusat di Desa Kuwolu, Kecanatan Bululawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, bermaksud akan menggelar lomba bertema “Musik Patrol Tradisional Islami”.

TUJUAN
Ada beberapa tujuan yang diharapkan dengan diadakannya “Musik Patrol Tradisional Islami” tersebut. Salah satunya, untuk menjaga dan melestarikan budaya musik patrol, yang menjadi ciri khas rakyat Indonesia, terutama umat Islam saat Ramadhan tiba.

Selain itu, pemuda selaku generasi penerus, harus bangkit menjadi pelopor dan contoh bagi masyarakat. Menjaga hubungan silaturrahmi, kekompakan dan kebersamaan demi menjaga keutuhan dan keamanan lingkungan di pedesaan.

Melalui seni musik patrol, dinilai sangat tepat untuk menjadi media dakwah Islam. Terutama saat bulan puasa. Dengan patrol, bisa mengingatkan dan menyampaikan pesan-pesan syariat Islam dalam konteks pelaksanaan ibadah puasa. Dinilai sangat tepat jika berdakwah melalui musik patrol yang berbasis Islami.

TEMA KEGIATAN
Kegiatan ini berupa perlombaan, yang diberi nama “Musik Patrol Tradisional Islami”.

PESERTA
Lomba bertema “Musik Patrol Tradisional Islami” ini, akan diikuti oleh para pemuda dan warga yang terdiri dari seluruh desa yang ada di Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang. Dalam sistem perlombaan nantinya, akan diikuti oleh beberapa grup patrol. Baik dari atas nama desa, lembaga pendidikan atau sejenisnya, atau bisa atas nama perorangan. Adapun masing-masing grup patrol terdiri dari maksimal 10 orang.

WAKTU DAN TEMPAT
Adapun waktu pelaksanaan perlombaan, akan diselenggarakan pada:
  • Hari : Sabtu – Senin  
  • Tanggal : 20-22 Juli 2012
  • Jam : 20.00 WIB
  • Tempat : di Batas Desa Kuwolu-Depan rumah Fathurrahman
SUMBER DANA
Sumber dana kegiatan lomba “Musik Patrol Tradisional Islami” ini, diambil dari sumbangan para anak muda yang ada di Desa Kuwolu. Selain itu, panitia juga siap menampung sumbangan dari pihak manapun yang sifatnya tidak mengikat.

HADIAH LOMBA
Bagi pemenang lomba “Musik Patrol Tradisional Islami” akan mendapatkan hadiah berupa: 
  • Juara I : Tropy + Uang pembinaan Rp 5,000.000,00 
  • Juara II : Tropy + Uang pembinaan Rp 3.000.000
  • Juara III : Tropy + Uang pembinaan Rp 2.000.000
  • Harapan I : Tropy + Uang pembinaan Rp 500.000
  • Harapan II : Tropy + Uang pembinaan Rp 300.000
  • Harapan II : Tropy + Uang pembinaan Rp 200.000
PANITIA LOMBA
Susunan kepanitiaan lomba “Musik Patrol Tradisional Islami” terdiri dari:
  • Penasehat : Kepala Desa Kuwolu (Mustaqim)
  • Tim Pengarah : Koordinator Pemoeda Sahalawat (Yatimul Ainun)
  • Ketua Panitia
  • Sekretaris
  • Bendahara
  • Tim Perlengkapan: 
PERATURAN LOMBA PATROL
  1. Masing-masing grup berjumlah minimal 7 orang, maksimal tidak terbatas 
  2. Alat yang digunakan untuk patrol terdiri dari bambu dan sejenisnya. Bisa memakai alat kelengkapan dapur. Dan tidak diperbolehkan menggunakan alat musik modern 
  3. Peserta harus berpakaian rapi dan sopan 
  4. Lagu-lagu yang dibawakan ada dua. Pertama, lagu wajib yang terdiri dari lagu sholawat dan lagu umumnya, bebas. Bisa lagu dangdut dan sejenisnya 
  5. Peserta tidak dipungut biaya pendaftaran 
  6. Setiap grup akan dinilai tiga kriteria. Yakni, Kekompakan, Kerapian dan keindahan lagu yang dibawakan 
  7. Start dari perbatasan Desa Kuwolu menuju lokasi finish di halaman Bapak Fauzi. 
  8. Di area finish, masing-masing grup wajib menampilkan atraksi minimal 3 lagu wajib dan umum. 
  9. Peserta harap hadir di lokasi pada pukul 20.00 WIB (harap hadir 5 menit sebelum acara dimulai 
Setelah membuat kegiatan lomba, Anda perlu tahu juga bagaimana cara melaporkan hasil kegiatan tersebut ke pihak-pihak terkait. Berikut ini kami sajikan juga 
Contoh LPJ (Laporan Pertanggung Jawaban) Kegiatan

PENILAIAN
Aspek yang dinilai dari lomba patrol ini ada tiga unsur, yaitu:

  1. Keindahan 
  2. Kekompakan 
  3. Dinamisasi lagu 
PENUTUP
Dengan kegiatan l
omba bertema “Musik Patrol Tradisional Islami” ini, diharapkan, tujuan baik panitia yang terdiri dari para pemuda di Dusun Tanjungsari, Desa Kuwolu, bisa terwujud dengan baik. Misi dakwah Islam, dan melestarikan budaya seni musik tradisional patrol itu bisa tercapai. Ukhuwah Islamiah dan Ukhuwah wataniah bisa terus menjadi pilar kedamaian dan keamanan dilingkungan Dusun Tanjungsari dan Desa Kuwolu pada umumnya.

Akhiran, semoga pihak yang membantu terselenggaranya perlombaan “Musik Patrol Tradisional Islami” ini, mendapat imbalan selayaknya dari Allah SWT. Amien.

Malang, 15 Juli 2012
Ketua Panitia
ttd
IRFAN ISBANDY

Formulir Peserta Lomba Patrol

Nama Grup :
Jumlah Peserta :
Nama Peserta :
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.

Surat Menyurat

(surat permohonan dana, dilampirkan bersama proposal)
Nomor    : 05/FPGR/07/2013
Perihal    : Permohonan Dana
Lampiran : 1 bendel proposal

Yth
__________________
Di Tempat

Assalamualaikum Wr Wb
Salam Sejahtera

Dalam rangka ikut serta memeriahkan bulan Ramadhan, pemuda Dusun Tanjungsari, Desa Kuwolu, Kecamatan Bululawang, Kabupaten Malang, bermaksud akan menggelar Festival Patrol Gema Ramadhan berupa lomba “Musik Patrol Tradisional Islami” yang akan diselenggarakan pada:

Hari : Senin 
Tanggal : 30 Juli 2012
Jam : 20.00 WIB
Tempat : di Lapangan Desa Kuwolu,Bululawang, Malang

Demi kelancaran dan kesuksesan acara dimaksud, berkenan bapak/ibu/saudara ikut berpartisipasi dalam acara tersebut, untuk menyumbangkan dana yang tidak mengikat. Adapun proposal sebagaimana terlampir.

Demikian permohonan kami, atas segala perhatian bapak/ibu/saudara, kami sampaikan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum wr Wb

Malang, 15 Juli 2012
Ketua Panitia  Sekretaris


IRFAN ISBANDY  ZAINUL ARIFIN

Mengetahui,
Kepala Desa Kuwolu


MUSTAQIM

Terimakasih atas kunjungan anda, salam hangat

0 comments:

Post a Comment