Home » » Apakah Google Plus Benar Benar Mempengaruhi SEO?

Apakah Google Plus Benar Benar Mempengaruhi SEO?

google plus
Halo sobat blogger di seluruh jagat maya, kali saya ingin berbagi sebuah penemuan yang dilakukan oleh seorang tetangga (tetangga negara), tentang dampak menggunakan Google Plus terhadap pang rank. lho, kok berbagi, kenapa tidak buat sendiri? ya iyalah, saya kan gak paham seo, coding, html atau apalah itu namanya, saya bisanya kan hanya alih bahasa, secara... profesi saya guru bahasa inggris, cie cie.

Disclaimer: Artikel ini bukan murni tulisan saya, saya hanya mencoba menerjemahkan bahasa yang ia gunakan kedalam bahasa saya sendiri (indonesia tercinta), dan hanya memberi sedikit (kira-kira 60%) modifikasi pada artikel tersebut. Intinya saya terinspirasi dari https://seo-hacker com, gitu critanya..

Seperti yang kita tahu, bahwa om google meluncurkan produk jejaring sosial juga, namanya Google Plus

Walaupun kita semua juga tahu bahwa google plus tidaklah se populer para seniornya, seperti facebook, twitter dan jejaring sosial lainnya, namun keberadaan google plus tersebut juga mampu menarik hati penggemarnya, terutama para blogger, iya kan?!. Disamping itu juga google ingin nimbrung dalam ajang pertandingan dunia media sosial.  Numun  juga perlu sobat ketahui bahwa penampilan google plus semakin hari semakin oke saja.

Dahulu, sebelum google plus belum sepopuler saat ini, disetiap blog/website yang kamu kunjungi pasti akan menemukan facebook atau tweeter yang diintegrasikan kedalam blog/website mereka. itu karena mereka juga tahu bahwa facebook atau twitter dapat berpengaruh dalam hasil pencarian di search engine. 

Lalu, apakah google plus yang diintegrasikan ke sebuah blog/website itu benar-benar dapat mempengaruhi dihasil pencarian?, jawabannya adalah iya. Google plus kan masih "anaknya" google, jadi jelas bahwa di google search engine akan lebih memprioritaskan anak sendiri. Ibaratnya gini, sobat milih anak sendiri atau anak teman? pasti anak tetangga sendiri kan?

Berikut ini adalah sebuah percobaan yang dilakukan untuk mengetahi bahwa google plus dapat mempengaruhi di hasil pencarian. (lihat gambar)
pict source : https://seo-hacker com

peryataan gambar diatas intinya itu seperti ini:
Si Rand Fishkin ingin melakukan percobaan, dia memebagikan sebuah link dan meminta bantuan untuk memberikan +1 di google plus, serta share ulang hanya di google plus. Dia juga meminta untuk tidak men-tweet atau membagikan di facebook. awalnya link/artikel tersebut mendapatkan peringkat 16 di hasil pencarian google.

Dan setelah itu,
pict source : https://seo-hacker com
jreng.. lihat gambar diatas, dari yang sebelumnya iya katakan bahwa link/artikel tersebut yang sebelumnya peringkat 16, telah berubah menjadi peringkat 6, dengan kata pencarian yang sama yaitu "vintage scooter helmets"

Jika anda seorang seo, mungkin hal ini perlu diperhitungkan, karena bagaimanapun 1+ pada google plus dapat dengan luar biasa meningkatkan hasil pencarian di search engine (terutama google), dan tidak menutup kemungkinan juga berpengaruh terhadap search engine lain, seperti yahoo, bing, yandex dan lain sebagainya.(waduh newbie kok malah nasehatin mastah :D)

Dan berikut saya tampilkan cuplikan komentar dalam artikel tersebut, yang menyatakan bahwa google plus itu benar benar mempengaruhi page rank,
komentar screensoot

Orang tersebut ngomong gini lho intinya gan ;D

"Saya kira google plus memberikan dampak yang sangat drastis, ini yang terjadi pada saya, saya telah melakukan hal yang menakjubkan terhadap website saya yang berada diperingkat 3, 4 dan 7, dengan kata pencarian yang ketat dimesin pencarian, dan kemudian karena alasan tertentu (alasan yang aku juga tidak tahu) saya menghapus G+ di halaman, dan setelah satu hingga dua jam kemudian, kata kunci tersebut menghilang dari google SERP, itu adalah pesristiwa yang WTF dalam seo. Sekarang mereka kembali, tapi di urutan ke 8, 50 dan 74"

Lha kalau sobat sudah terlanjur memposting artikel, dan kemudian ingin mengganti url artikel tersebut karena tidak sesuai harapan, ya berarti baca yang ini : Cara Merubah URL Artikel Blog Yang Sudah Di Publish

Oke yah, itu saja yang dapat saya bagi kali ini, semoga bermanfaat untuk sobat blogger semua, dan terimakasih sudah berkunjung

0 comments:

Post a Comment