Home » » Ambalan Pramuka Penegak

Ambalan Pramuka Penegak

Pengertian Istilah Umum
Selama ini pemakaian istilah Gerakan Pramuka, Kepramukaan dan Pramuka masih tumpang tindih penggunaannya sehingga terjadi pengaburan dari pengertian yang sebenarnya

Gerakan Pramuka adalah Organisasi pendidikan non formal yang mendidik generasi muda Indonesia menjadi generasi yang mandiri, berbudi pekerti luhur, berjiwa Pancasila yang dikembangkan di alam terbuka, dalam wadah pembinaan di gugusdepan.

Kepramukaan adalah Materi yang dikembangkan oleh gerakan pramuka dalam menciptakan kader bangsa sesuai dengan tujuan Gerakan Pramuka.

Pramuka adalah Anggota Gerakan Pramuka (dalam hal ini orangnya).

Gugusdepan adalah wadah pembinaan Gerakan Pramuka.

Pangkalan adalah Instansi dimana gugus depan itu berada atau bernaung.

Penegak adalah Tingkatan golongan dalam Gerakan Pramuka.
Pramuka Penegak adalah Anggota Gerakan Pramuka yang berusia 16 – 20 tahun yang tergabung dalam wadah pembinaan di gugus depan.
Olivia Zalianty
Yang harus diingat disini adalah bahwa tingkatan penggolongan dalam Gerakan Pramuka didasarkan pada umur, bukan berdasarkan tingkat pendidikan formal. Dengan demikian dalam sebuah gugus depan bisa merekrut masyarakat dan generasi muda disekitar pangkalan gugus depan  tersebut sesuai dengan penggolongan umur. Mengapa dinamakan Penegak? Seperti diketahui penggolongan peserta didik di Gerakan Pramuka yaitu Siaga, Penggalang, Penegak dan Pandega.

Arti kiasan Penegak adalah didasarkan pada sejarah perjuangan bangsa Indonesia yaitu untuk menegakkan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan tercapainya kemerdekaan pada tanggal 17 agustus 1945 dan menegakkan pembangunan Negara Indonesia, dimana pada usia penegak sudah harus ikut serta membangun masyarakat Indonesia.  
Ambalan adalah Wadah pembinaan Pramuka Penegak dalam sebuah gugus depan.

Berdasarkan prinsip dasar pembinaan Pramuka yang berdasarkan satuan terpisah antara putra dan putri, maka demikian pula Ambalan juga terpisah antara Ambalan putra dan Ambalan putri. Dalam mengembangkan pembinaan pada Ambalan Penegak, untuk memupuk jiwa kebersamaan, persatuan, jiwa kebangsaan yang tinggi serta berbudi pekerti luhur maka dikembangkan Adat Ambalan.

Adat ambalan ini merupakan ciri khas dan keunikan pola pembinaan dalam ambalan penegak yang tidak terdapat pada golongan lain yaitu golongan Siaga dan Penggalang. Untuk memupuk jiwa kepahlawanan dan mengenang jasa para pahlawan kita, menimbulkan rasa kebanggaan Ambalan Penegak diberi nama Pahlawan Indonesia atau orang yang berjasa luar biasa pada Negara, bangsa dan agama. Nama tersebut berbeda antara ambalan putra dan putrid, misalnya Panglima Sudirman untuk Ambalan Putra dan RA Kartini untuk Ambalan putri atau nama-nama pahlawan Indonesia lainnya. 

Untuk memupuk jiwa patriotisme, serta kebanggaan pada peserta didik Ambalan juga mempunyai pusaka Ambalan, misalnya keris, tombak, bambu runcing dan lain sebagainya. Biasanya pemberian nama Ambalan dan pemilihan pusaka Ambalan didasarkan pada daerah dan sejarah dinama pangkalan gugus depan berada. Dan masing-masing pangkalan gugus depan Penegak bisa saja berbeda satu sama lainnya, yang dikembangkan dalam adat Ambalan masing-masing.

Adat menurut pengertian harfiah adalah suatu tatacara atau peraturan yang telah disepakati bersama (berdasarkan konsensus bersama) , dilaksanakan bersama, serta diawasi bersama pelaksanaannya.

Jadi adat Ambalan adalah Suatu tatacara atau peraturan yang telah disepakati bersama dalam sebuah Ambalan Penegak, untuk dilaksanakan bersama dalam Ambalan dan diawasi bersama pelaksanaannya oleh Pemangku adat.
pict:http://rekananang.blogspot.co.id/
Yang tak kalah pentingnya dalam pelaksanaan pembinaan Ambalan Penegak adalah adanya sandi Ambalan. 
Sandi Ambalan menurut devinisinya yaitu :
Sandi adalah kode rahasia.

Ambalan adalah Wadah pembinaan Pramuka Penegak digugusdepan.

Jadi Sandi Ambalan adalah Kode rahasia yang menjadi kode kehormatan bagi Pramuka Penegak dalam sebuah Ambalan yang arti dan pengertiannya hanya boleh diketahui anggota Ambalan tersebut.

Jika ingin lebih memahami tentang sandi ambalan, dan contohnya, silahkan buka halaman berikut ini
Malam Ambalan adalah Pertemuan atau sidang ambalan, dimana dalam pertemuan atau sidang tersebut berfungsi untuk memberikan penghargaan bagi anggota yang berjasa atau untuk memberikan sangsi bagi anggota yang melanggar adat ambalan dan kode kehormatan Gerakan Pramuka. Uniknya walaupun dilaksanakan pada siang hari namanya tetap malam ambalan, itulah keistimewaan dunia Penegak.

Satuan Dalam Pramuka Penegak
Ambalan adalah Wadah pembinaan Pramuka di gugusdepan yang merupakan satuan terbesar dalam penegak.

Sangga adalah satuan terkecil dalam Penegak yang dipimpin oleh seorang 

Pimpinan Sangga dan dibantu oleh seorang Wakil Pimpinan Sangga, biasa disebut Pinsa dan Wapinsa.

Pradana adalah pimpinan sangga utama, yang memimpin semua sangga di ambalan penegak.

Sangga dalam Pramuka Penegak

  1. Sangga Perintis.
  2. Sangga Pencoba.
  3. Sangga Pendobrak.
  4. Sangga Penegas.
  5. Sangga Pelaksana.
Arti kiasan Sangga dalam Pramuka Penegak
  1. Sangga Perintis
    • Istilah ini diilhami dan diambil pada masa perjuangan para pahlawan Indonesia dalam merintis kemerdekaan Indonesia. Diharapkan Pramuka Penegak mempunyai sikap dan semangat seperti para pejuang perintis kemerdekaan.
  2. Sangga Pencoba
    • Istilah ini juga diilhami dan diambil pada masa perjuangan Indonesia untuk mencapai kemerdekaan, setelah merintis jalan persatuan dan kesatuan rakyat Indonesia, maka dicoba strategi perjuangan itu untuk mencapai jalan kemerdekaan Indonesia.
  3. Sangga Pendobrak
    • Istilah ini diilhami para pejuang yang berjuang mengorbankan nyawanya bertempur melawan penjajah demi untuk kemerdekaan Indonesia.
  4. Sangga Penegas
    • Istilah ini diilhami pada masa perjuangan dulu setelah setelah berjuang mengusir penjajah, para pahlawan kita penegaskan dan mengumumkan pada seluruh dunia kemerdekaan Indonesia.
  5. Sangga Pelaksana
    • Istilah ini diilhami setelah merebut kemerdekaan Indonesia, sekarang rakyat Indonesia tinggal mempertahankan kemerdekaan dengan mengisi dan melaksanakan pembangunan bangsa dan Negara Indonesia disegala bidang.
Dalam melaksanakan kegiatan yang bersifat operasional Ambalan Penegak bisa membentuk Sangga Kerja yang dipimpin oleh seorang Ketua Sangga Kerja, yang khusus melaksanakan suatu kegiatan. Dalam organisasi umum ini disebut Panitia, tetapi dalam Kepramukaan kita mempunyai istilah khusus yang membedakan kita dengan organisasi lain yaitu Sangga Kerja. 

Sebutan yang diberikan berdasarkan golongan peserta didik dalam hal ini Penegak berdasarkan pola pembinaannya untuk membentuk rasa bangga menjadi seorang Pramuka Penegak pada peserta didik.

Intermezzo
Kakak yang lelah mempelajari tentang ambalan Pramuka Penegak. 
Ini obatnya kakak, dengan syarat jangan baper saat lihat videonya ya.. :)
3 LAGU PRAMUKA PALING ROMANTIS


Alur Perjalanan Pramuka Penegak
TAMU AMBALAN ⇨ Orientasi Pramuka Penegak ⇨ CALON PENEGAK ⇨ Menempuh SKU Penegak Bantara  dilantik ⇨ PENEGAK BANTARA ⇨ Menempuh SKU Penegak Laksana  dilantik ⇨ PENEGAK LAKSANA
Penjelasan
  1. Tamu Ambalan 
    • adalah calon anggota sebuah ambalan, yang untuk menjadi anggota harus melalui Pendidikan Orientasi Pramuka Penegak.
  2. Calon Penegak 
    • adalah Tamu Ambalan yang telah mengikuti Orientasi Pramuka Penegak, dan telah dilantik menjadi anggota Ambalan atau menjadi calon Penegak.
  3. Penegak Bantara 
    • adalah Calon Penegak yang telah menempuh SKU Penegak Bantara dan telah dilantik menjadi Penegak Bantara.
  4. Penegak Laksana 
    • adalah Penegak Bantara yang telah menempuh SKU Penegak Laksana dan telah dilantik menjadi Penegak Laksana.

Tingkatan Pramuka Penegak
Seperti yang telah digambarkan diatas maka tingkatan dalam Pramuka Penegak adalah Penegak Bantara dan Penegak Laksana. Secara devinitif dapat dijelaskan sebagai berikut, yaitu :

1. Penegak Bantara
Bantara adalah Tingkatan dalam Pramuka Penegak.
Bantara secara harfiah adalah prajurit, ajudan, pengawal.

Arti kiasan Bantara yaitu diharapkan Pramuka Penegak bisa menjadi garda terdepan sebagai seorang patriot, prajurit, pengawal kemerdekaan dan mengisinya dengan pembangunan (pengawal pembangunan) dalam masyarakat dan bangsa Indonesia.

Penegak Bantara adalah Pramuka Penegak yang telah menempuh SKU (Syarat Kecakapan Umum) Penegak Bantara dan telah dilantik menjadi Penegak Bantara dan berhak mengenakan TKU (Tanda Kecakapan Umum) Penegak Bantara.

2.Penegak Laksana
Laksana adalah tingkatan dalam Pramuka Penegak.
Laksana secara harfiah adalah diambil dari kata melaksanakan.

Arti kiasan Laksana yaitu diharapkan Pramuka Penegak bisa melaksanakan pembangunan masyarakat, bangsa, dan Negara Indonesia untuk mengisi kemerdekaan.

Penegak Laksana adalah Pramuka Penegak yang telah menempuh SKU (Syarat Kecakapan Umum) Penegak Laksana dan telah dilantik menjadi Penegak Laksana dan berhak mengenakan TKU (Tanda Kecakapan Umum) Penegak Laksana.

Dewan Ambalan

Untuk melaksanakan fungsi organisasi maka perlu dibentuk pengurus Ambalan yang menjalankan tugas sebagai penanggung jawab dan pengkoordinir kegiatan didalam Ambalan. Pengurus didalam Ambalan ini disebut Dewan Ambalan Penegak. Dengan kata lain,

Dewan Ambalan adalah
Pengurus Ambalan Penegak yang bertanggung jawab dengan semua kegiatan keorganisasian Ambalan dan bertanggung jawab pada Pembina Penegak, yang dipinpin oleh Ketua Dewan Ambalan.

Ketua Dewan Ambalan adalah Pinpinan Dewan Ambalan biasa disebut Pradana. Pradana dapat juga diartikan pimpinan sangga utama.

Struktur Dewan Ambalan Penegak
struktur ambalan
Pengertian Tugas dan Struktur Dewan Satuan Pramuka
Keterangan :
______ Garis instruksional

---------Garis konsultatif


Bidang disesuaikan dengan kebutuhan Racana, misalnya :
Bidang tekpram, giatops, litbang, pengabdian, kerohanian dan lain sebagainya.

Ketua, wakil ketua, Sekretaris dan Bendahara disebut BPH (Badan Pelaksana Harian) dewan.

JOB DESKRIPSI
Pemangku Adat

  • Bertanggung jawab dengan pelaksanaan adat ambalan pada suatu pangkalan penegak. 
Ketua
  • Bertanggung jawab dengan semua pelaksanaan kegiatan yang ada dalam Ambalan digugus depan dan pengambil keputusan tertinggi di Ambalan. 
Wakil Ketua

  • Membantu pelaksanaan tugas ketua, pengambil keputusan tertinggi apabila Ketua berhalangan hadir. 
Sekretaris
  • Bertanggung jawab mengenai kesekretariatan, surat menyurat, dan pengambil keputusan tertinggi apabila struktur di atasnya berhalangan hadir, bertanggung jawab pada ketua dewan. 
Bendahara
  • Bertanggung jawab mengenai perbendaharaan, baik berupa barang maupun keuangan, pengambil keputusan tertinggi apabila struktur di atasnya berhalangan hadir, bertanggung jawab pada ketua dewan. 
Ketua Bidang
  • Bertanggung jawab mengenai pelaksanaan program kerja dalam bidangnya, dan bertanggung jawab pada ketua dewan. 
Dalam sebuah gugus depan Penegak terdapat dua struktur dewan ambalan yaitu dewan ambalan putra dan dewan ambalan putri.


SKU (Syarat Kecakapan Umum)
Untuk melihat SKU (Syarat Kecakapan Umum) golongan penegak, silahkan buka halaman berikut ini:
SKU (Syarat-Syarat Kecakapan Umum) Golongan Penegak SMA SMK MA MAK
TKU (Tanda Kecakapan Umum)
TKU Penegak Bantara

Gambar TKU Penegak Bantara

bantara
TKU Penegak Laksana
Gambar TKU Penegak Laksana
laksana

SKK (Syarat Kecakapan Khusus)
Syarat Kecakapan Khusus pada Penegak sama dengan Syarat Kecakapan Khusus pada Pramuka Penggalang tentunya dengan beberapa penyesuaian, sesuai dengan umur Pramuka Penegak sebagai peserta didik, Tanda Kecakapan Khusus juga sama, namun yang membedakan adalah warna bingkai. Kalau pada Pramuka Penggalang bingkainya berwarna merah, sedang pada Pramuka Penegak bingkainya berwarna kuning.
A. Tingkatan Kecakapan Khusus pada Pramuka Penegak yaitu:
pict:http://www.ensiklopediapramuka.com/
  1. Purwa
    • Dengan bentuk TKK lingkaran berdiameter 2,5 cm dan bingkai 2 mm berwarna kuning.
  2. Madya
    • Dengan bentuk TKK bujur sangkar diameter 2,5 cm dan bingkai 2 mm berwarna kuning.
  3. Utama 
    • Dengan bentuk TKK segi lima sama sisi, dengan sisi 2,5 cm dan bingkai  2 mm berwarna kuning.
B. Macam-macam SKK Pramuka Penegak.
  1. Bidang Agama, mental , moral, spiritual, pembentukan watak dan kepribadian, antaranya : SKK Sholat, Khatib, Qori, Muadzin, Penabung.
  2. Bidang Patriotisme dan seni budaya, diantaranya : SKK pengatur ruangan, pengatur meja makan, pemimpin menyanyi, penyanyi, pelukis, pembaca, pengatur rumah.
  3. Bidang Ketangkasan dan Kesehatan, diantaranya : SKK gerak jalan, pengamat, penyelidik, perenang, juru layer, juru selam, pendayung.
  4. Bidang Ketrampilan dan teknik pembangunan, diantaranya : SKK peternak kelinci, peternak lebah, juru kebun, juru anyam, juru kayu, juru potret, peternak ayam, pengendara sepeda, pecinta dirgantara, pengenal cuaca, pengumpul prangko, pengumpul lencana, pengumpul tanaman kering (herbarium),juru semboyan, komunikasi, juru peta, juru isyarat bendera, pelaut, konservasi.
  5. Bidang Sosial, Perikemanusiaan, Gotong royong, Keterlibatan masyarakat, Perdamaian dunia dan Lingkungan hidup : diantaranya , SKK Pemadam kebakaran,  Pengaman lalu lintas, penunjuk jalan,PPPK, perawat keluarga, keadaan darurat.
C. Warna TKK Penegak.
pict:http://kedaipramuka.net/
  1. Kuning, untuk TKK bidang agama, mental, moral, spiritual, pembentukan pribadi dan watak.
  2. Merah, untuk TKK bidang Patriotisme dan seni budaya.
  3. Putih, untuk TKK bidang Kesehatan dan ketangkasan.
  4. Hijau, untuk TKK bidang Ketrampilan dan teknik pembangunan.
  5. Biru, untuk TKK bidang social, perikemanusiaan, gotong royong, ketertiban, perdamaian dunia dan lingkungan hidup.

Source: Panduan Pramuka Unisma

Terimakasih atas kunjungannya, silahkan share artikel ini agar semakin bermanfaat :)

0 comments:

Post a Comment