Home » » Berkebun Adalah Hoby Yang Menyelamatkan Bumi

Berkebun Adalah Hoby Yang Menyelamatkan Bumi

pict: http://jungletaming.com
Semakin lama Bumi kita ini tidak semakin sejuk, namun sebaliknya. Berbagi faktor menjadi penyebab semakin panasnya bumi ini, dan salah satunya adalah tergantikannya tanaman oleh manusia dan bangunan. Kita tidak bisa membayangkan bagaimana kondisi bumi kita ini beberapa abad kedepan. Setelah sebagian pohon yang menjadi penyokong kelangsungan kehidupan di bumi ini tumbang satu persatu, dan populasi manusia di dunia yang pertumbuhannya sangat sulit untuk ditekan.

Kita sebagai penghuni planet hijau ini sudah seharusnya ikut berperan menjaga kelangsungan kehidupan, kita juga perlu untuk memikirkan anak cucu kita nanti. Namun kebanyakan dari kita bingung, apa yang harus kita lakukan untuk ikut andil dalam proyek kemanusiaan tersebut? Jawabannya adalah anda mempunyai banyak cara untuk ikut andil dalam menjaga bumi, namun itu tergantung kemauan dan kesempatan yang anda miliki. Jika anda benar-benar berniat untuk melakukannya, silahkan anda berkebun. Benarkah itu adalah berkebun?, ya, Anda membacanya dengan tepat, "Berkebun".

Sepertinya berkebun terdengar suatu hal yang tidak ada korelasinya?, ya itu mungkin adalah pertanyaan bagi anda yang belum faham. Namun bagi para pakar, saya yakin akan meng-iya-kan bahwa berkebun adalah aktivitas yang dapat menyelamatkan bumi

Sebelum kita banyak membahas tentang berkebun, saya coba jelaskan dulu apa itu berkebun. Berkebun adalah menanam tanaman yang bermanfaat, dapat juga dikatakan membudidayakan tanaman yang memiliki banyak manfaat. Jika anda memiliki sedikit saja lahan untuk bisa ditanami, manfaatkan itu, toh hobi berkebun tidak juga harus dengan lahan beratus ratus hektar. Dan bagi anda yang tidak memiliki tanah untuk ditanami, anda bisa memanfaatkan cara menanam vertikal, atau juga dengan menggunakan metode tabulampot (banyak petunjuknya di internet)


Dan berikut ini saya paparkan beberapa manfaat berkebun;

  1. Berkebun dapat menyelamatkan bumi. Polusi dan karbondioksida yang dibuat oleh manusia setiap harinya pasti akan berdampak pada lapisan ozon di bumi kita tercinta ini. Tanaman berfunsi sebagai penyerap karbondioksida (racun). Jadi jelas jika semakin banyak tanaman yang kita budidayakan, akan semakin besar pula penyerapan racun yang diproses.
  2. Berkebun dapat meningkatkan kesehatan. Jelas bahwa tanaman menghasilkan oksigen yang amat dibutuhkan oleh manusia, dengan melimpahnya oksigen kita akan merasakan kesejukan, kesegaran. Jika anda tinggal di perkotaan besar, sesekali hampirilah daerah pedesaan yang banyak memiliki tanaman hijau, dan bandingkan apa yang anda alami ditempat tinggal anda, pasti berbeda.
  3. Berkebun dapat menghilangkan pikiran stress. Jika anda sedang stress oleh pekerjaan, atau istilahnya "sumpek", dan di sekeliling anda hanya melihat tembok, kertas-kertas tugas yang belum selesai, bisa dipastikan stress anda tidak akan berkurang. Dan sekarang bandingkan jika di sekeliling anda anda melihat tanaman-tanaman hijau, bunga-bunga yang tengah tumbuh, buah-buahan yang ranum, mungkin suasana hati anda akan menjadi lebih baik. Jikan anda suka berkemah/camping pasti akan faham jika suasana alam dapat menhilangkan stress. Kalau tidak percaya buktikan sendiri :D. Baca Manfaat berkemah disini: Tujuan, Fungsi dan Manfaat Berkemah
  4. Berkebun dapat meningkatkan perekonomian. Ini masuk diakal, jika tujuan anda berkebun salah satunya untuk kegiatan ekonomi, bisa dipastikan aktivitas anda akan membuahkan hasil yang positif. Jadi untuk manfaat yang ketiga ini, silahkan anda menanam tanaman yang memiliki nilai jual, seperti bunga-bunga yang mahal, buah-buahan dan lain sebagainya.
Demikina artikel tentang hoby yang dapat menyelamatkan bumi yang dapat infojempol sajikan, semoga bermanfaat, dan silahkan share agar bisa dibaca oleh temen-temen yang lain :)

0 comments:

Post a Comment