-->

10 Macam Kompas, Pedoman Kompas dan Cara Menggunakan Kompas

Tiap-tiap perintis di hutan atau pelaut di laut memerlukan kompas. Kapal-kapal yang mengarungi lautan besar, pengemudi terbang yang sedang mengarungi angkasa, selalu memerlukan kompas, seorang tentara yang tengah berperang juga akan membutuhkan kompas. Orang biasa yang bukan siapa-siapa seperti saya juga sesekali butuh kompas. Agar arah hidup saya bisa terarah :D

Pengertian Kompas
Kompas adalah alat navigasi untuk menentukan arah berupa sebuah panah penunjuk magnetis yang bebas menyelaraskan dirinya dengan medan magnet bumi secara akurat. Kompas memberikan rujukan arah tertentu, sehingga sangat membantu dalam bidang navigasi. (wikipedia)

Fungsi Kompas

Pedoman/kompas ialah sebuah alat untuk menentukan arah mata angin. Mata angin yang penting ada delapan. Kalau kita meletakkan kompas diatas telapak tangan kita, maka lihatlah jarum yang berwarna hitam itu selalu menunjuk arah Utara, dan bila telah menunjuk arah Utara maka sebelah kanannya adalah arah Timur dan sebelah kirinya adalah arah barat, sedangkan yang ditunjuk oleh jarum putih adalah arah Selatan.

Arah Utara dan Timur adalah : Timur Laut (45°)
Arah timur dan Selatan adalah : Tenggara (135°)
Arah Barat dan Selatan adalah : Barat Daya (225°)
Arah Barat dan Utara adalah Barat Laut (315°)

Berikut adalah arah mata angin secara mendetail

Keterangan: 
No.
Simbol
Keterangan
Derajat
1
U
Utara
0 / 360
2
UTL
Utara Timur Laut
22.5
3
TL
Timur Laut
45
4
TTL
Timur Timur Laut
67.5
5
T
Tenggara
90
6
TM
Timur Menenggara
112.5
7
TG
Tenggara
135
8
SM
Selatan Menenggara
157.5
9
S
Selatan
180
10
SBD
Selatan Barat Daya
202.5
11
BD
Barat Daya
225
12
BBD
Barat Barat Daya
247.5
13
B
Barat
270
14
BBL
Barat Barat Laut
292.5
15
BL
Barat Laut
315
16
UBL
Utara Barat Laut
337.5
Dan berikut Admin sebutkan macam-macam kompas beserta penjelasannya
Kompas memiliki berbagai macam jenis berdasarkan fungsinya, harga yang ditawarkan oleh produksen juga berfariatif, mulai dari puluhan ribu hingga jutaan rupiah. Secara garis besar fungsi kompas adalah sama, yaitu untuk menentukan arah mata angin. Namun harga kompas yang lebih mahal umumnya memiliki keistimewaan tersendiri, diantaranya: umur kompas yang relatif lebih lama, pembacaan arah yang lebih akurat, keren tentunya..

Disamping itu jenis kompas tertentu juga memiliki fitur yang tidak dimiliki oleh kompas lainnya.

Yuk kita simak, apa saja sih macamnya

1. Kompas Biasa/Analog
Kompas yang umum digunakan oleh kebanyakan orang, karena juga harganya yang relatif rumah. kompas ini berisi jarum magnet yang direndam dalam sebuah cairan. Untuk penggunaan kompas ini harus benar benar datar dan dalam kondisi sangat tenang.

2. Kompas Bidik /Kompas Prisma
Kompas bidik umumnya dimiliki oleh TNI, Tim SAR dan Navigator. Kompas ini memiliki garis lembut dengan posisi vertikal yang fungsinya untuk membidik arah sasaran dan menentukan berapa derajat posisi sasaran dari arah si pembidik. Harga kompas ini juga bervariasi, mulai dari 30 ribu sampai ratusan ribu. Untuk kualitas yang baik, kompas ini dilengkapi dengan fosfor, jadi bisa digunakan diwaktu malam.

Penjelajahan, kompas malam dsb, bisa gunakan kompas yang jenis ini sob.

Jika sobat suka mendaki gunung, ini juga paling cocok untuk dibawa saat mendaki, kalau sobat sering mendaki, tapi belum tahu apa saja manfaatnya, bisa dibaca ini:9 Tujuan Fungsi dan Manfaat Mendaki Gunung

3. Kompas Silva/kompas Orientasi
Kalau temen-temen suka bernavigasi dan juga suka bermain main dengan peta topografi, pasti nggak akan asing dengan kompas yang satu ini. Yapp.. ini adalah kompas Silva.

Kompas ini memiliki protektor datar yang fungsinya untuk ditempatkan pada peta topografi. Maka sangat sesui dengan fungsinya, yaitu untuk bernavigasi darat

4.Kompas Digital
Kompas yang satu ini dalam bahasa inggrisnya disebut Thumb Compass. fungsi dari kompas ini adalah sama persis dengan kompas silva, namun modelnya yang berbeda, kompas ini memiliki sebuah cincin kecil untuk digunakan di ibujari kita.

5. Kompas Digital

Kalau temen-temen suka traveling, inilah kompas yang mungkin cocok buat anda. Kompas digital ini sangat bersahabat dengan kondisi guncangan. Apalagi saat medan yang kita lalui itu terjal banget, kompas biasa mah pasti amburadul, So, kompas digital inilah solusinya.

6. Kompas GPS/Satelit
Kompas ini memerlukan bantuan satelit. Kompas GPS ini mampu digunakan untuk area yang blank spot. Ia juga mampu membaca pergerakan arah. Jai kalau kita berjalan sambil membawa kompas ini, kita akan tahu arah kita. Yah bisa dibilang mirip-mirip GPS di handphone sobat deh, tapi kayaknya ini lebih canggih, karena nggak makan kuota sobat :D

7.Kompas Kiblat
Kok ada angka angka bermodel arab ya? ya jelas dong namanya juga kompas kiblat. Kompas isi fungsinya untuk menentukan arah kiblat teman. Biasanya penggunaanya waktu penentuan pembangunan masjid atau mushola. Jadi para kyai, ustad atau mudin sudah seharusnya memiliki kompas ini.

Silahkan sobat baca ini :9 Fungsi Masjid Yang Wajib Kamu Ketahui

8. Kompas Nahkoda/AL
Nahkoda wajib pegang kompas ini teman, karna kelebiha dari kompas ini adalah dia sangat tahan dengan posisi guncangan. Terlebih dalam Kapal yang sering terkena ombak besar. Kalau menggunakan kompas biasa Nahkoda akan sangat kesulitan

9. Kompas Solid State

Yahh,, udah punya HP canggih ya teman, uda bisa apa aja tu HP nya?

Kalau HP nya uda ada fitur kompas nya, ya berarti HP sobat udah ada alat yang semacam ini didalamnya.

Solid State Compas ini sangat kecil sekali, ini adalah perangkat keras yang umumnya disematkan pada jam tangan, handphone, tablet dan gatget lain yang memilikifitur kompas.

10 Kompas Astronomi
Nah kalau kompas ini ya teman, digunakan oleh badan astronomi yang biasanya berjelajah ke kutub. Kalau mengandalkan kompas magnetik biasa sih saya jamin kagak mempan. Kompas ini memiliki fitur penggabungan waktu dan juga letak geografis lintang dan bujur. Dan bagaimana masalah keakuratannya, waduh, ya jangan ditanya, so pasti kompas ini sangat akurat teman.

Demikian 10 Jenis dan Macam Macam Kompas serta fungsinya. Gimana teman? tertarik untuk memiliki salah satu dari mereka? tapi saya saranin jangan yang nomor sepuluh ya, karena disamping harganya yang mahal, kita juga gak berencana pergi ke kutub ka? :D

Kalau masih ada yang penasaran tentang harganya, ini dia penampakannya, dari situs ebay.
Tuh kan ya, $375, kalau rupiah masih sekitaran 5 jutaan.

Gambar gambar dalam halaman ini diperoleh dari situs situs sebagai berikut:
  • pict:http://prc68.com
  • pict:http://www.dhgate.com
  • pict:http://navraces.com
  • pict:https://www.bukalapak.com
  • pic:http://pramukaria.blogspot.co.id
Oke, selamat membaca dan semoga artikel ini bermanfaat.
10 Macam Kompas, Pedoman Kompas dan Cara Menggunakan Kompas