-->

BUKU SAKU PRAMUKA-lengkap

Salam Pramuka! Pada kesempatan kali ini admin ingin menyajikan Buku Saku Pramuka secara lengkap yang dapat langsung kakak baca melalui web browser. Admin tengah memproses penulisan buku Buku Saku Pramuka yang nantinya dapat kakak download dalam format Pdf

Silahkan dibaca Buku Saku Pramuka ini

PANCASILA
  1. KETUHANAN YANG MAHA ESA 
  2. KEMANUSIAAN YANG ADIL DAN BERADAB 
  3. PERSATUAN INDONESIA 
  4. KERAKYATAN YANG DIPIMPIN OLEH HIKMAT DALAM PERMUSYAWARATAN PERWAKILAN 
  5. KEADILAN BAGI SELURUH RAKYAT INDONESIA 

PEMBUKAAN UNDANG-UNDANG DASAR 1945 
Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan diatas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan.

Dan perjuangan pergerakan kemerdekaan Indonesia telah sampailah kepada saat yang berbahagia dengan selamat sentosa mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Indonesia, yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan
ini kemerdekaanya.

Kemudian daripada itu untuk membentuk suatu pemerintah negara Indonesia yang melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial, maka disusunlah kemerdekaan kebangsaan Indonesia itu dalam suatu Undang-Undang Dasar negara Indonesia, yang terbentuk dalam suatu susunan negara Republik Indonesia yang berkedaulatan rakyat dengan berdasar kepada : Ketuhanan Yang Maha Esa, kemanusiaan yang adil dan beradab, persatuan Indonesia, dan kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan /perwakilan, serta dengan mewujudkan suatu keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

KATA PENGANTAR
Atas desakan rekan-rekan Pramuka, maka dengan rendah hati kami memberanikan diri menerbitkan buku Saku Pramuka untuk menunjang Gerakan Pramuka diseluruh tanah air

Buku kecil ini penting sekali untuk melengkapi kegiatan Pramuka dalam menjalankan segala aktifnya sekaligus sebagai TANDA PENGENAL setiap Pramuka dimana saja.

Oleh karena itu disimpan yang baik jangan sampai hilang.

Akhir kata Kami mengharapkan saran-saran dan kritik membangun demi suksesnya Gerakan pramuka di tanah air.

JANJI KODE MORAL PRAMUKA
Janji Pramuka dinamakan Trisatya Pramuka, dan berbunyi sebagai berikut:

Trisatya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh :
  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menjalankan Pancasila. 
  2. Menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat. 
  3. Menepati Dasa Darma. 

Kode Moral Pramuka dinamakan Dasadharma Pramuka, dan berbunyi sebagai berikut:

DASA DHARMA PRAMUKA
NO; 036/KN/79
PRAMUKA ITU:
  1. takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa 
  2. cinta alam dan kasih sayang sesama manusia 
  3. patriot yang sopan dan kesatria 
  4. patuh dan suka bermusyawarah 
  5. rela menolong dan tabah 
  6. rajin, terampil dan gembira 
  7. hemat, cermat dan bersahaja 
  8. disiplin, berani dan setia 
  9. bertanggungjawab dan dapat dipercaya 
  10. suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan 
Agar lebih mudah menghafal, ini dasa dharma dalam format video, silahkan diputar saja.
Video dasa darma yang keren

Untuk Pramuka yang dibawah umur 11 tahun (para Pramuka Siaga), janji dan Kode Moralnya adalah sebagai berikut:

Dwisatya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
  1. Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan menurut aturan keluarga. 
  2. Setiap hari berbuat kebaikan. 
Dwidarma
  1. Siaga itu patuh pada ayah dan ibunda nya. 
  2. Siaga itu berani dan tidak putus asa. 

KECAKAPAN PRAMUKA
BARIS BERBARIS
Baris berbaris ini merupakan latihan gerak dasar yang diwujudkan untuk menanam:
  1. a. Disiplin.
  2. b. Rasa persatuan.
  3. c. Rasa tanggungjawab
  4. d. Kepatuhan dalam melaksanakan perintah dengan tepat dan cepat.
Aba aba dalam baris berbaris ada tiga bagian, yaitu:
  1. a. Aba-aba petunjuk.
  2. b. Aba-aba peringatan.
  3. c. Aba-aba pelaksanaan.

BENTUK BARISAN
1. BERDERAET
2. ANGKARE
3. LINGKARAN BESAR
4. LINGKARAN KECIL
5. SETENGAH LINGKARAN
6. KOLONE TERBUKA
7. KOLONE TERTUTUP
8. ANAK PANAH
9. PERLOMBAAN
10. BENTUK SELAT.
11. SELAT BALIK
12. RODA
13. BERBANJAR
Pelajari bentuk barisan secara lengkap di halaman ini
Untuk melihat gambar serta cara melakukan barisannya secara benar, kakak dapat menuju halaman ini Bentuk Barisan / Formasi Barisan / Formasi Baris Berbaris (FBB) Pramuka

SALAM PRAMUKA
Salam (penghormatan) diberikan kepada semua Pramuka. yang lebih dahulu haruslah memberi salam dan yang diberi salam haruslah membalasnya. Salam dalam Gerakan Pramuka, bukannya diberikan kepada yang berpangkat, tetapi sesama Pramuka, sebab itu juga sebagai pengingat janji Pramuka.

Salam (penghormatan) adalah suatu perwujudan dari penghargaan seseorang terhadap orang lain atas dasar susila sesuai dengan keperibadian Bangsa Indonesia.

Salam untuk melahirkan disiplin, tata tertib yang mewujudkan suatu ikatan jiwa yang kuat kedalam maupun keluar, yang dapat dicapai antara lain dengan saling menyampaikan penghormatan yang dilakukan dengan tertib, sempurna penuh keikhlasan.

Cara seorang anggota pramuka memberikan salam dengan memakai topi atau tidak sama saja. sesudah ia mengambil sikap sempurna sebagai berikut:
  • Dengan gerakan cepat tangan kanan diangkat ke pelipis kanan, siku-siku 15 derajat serong ke depan, kelima jari lurus dan rapat satu sama lain, telapak tangan serong ke bawah dan ke kiri, ujung jari tangan dan telunjuk mengenai pelipis. 
  • Pergelangan tangan lurus, bahu seperti dalam sikap sempurna, pandangan muka tetap terjuju pada yang diberi hormat. 
  • Jika selesai menghormat, maka lengan kanan dikembalikan secara cepat bersikap sempurna lagi. 

Pada waktu penggalang membawa tongkatnya, maka penghormatan dilakukan dengan tongkat tetap ditangan kanan, tapi diletakkan tegak lurus keatas dengan pangkal tongkat melekat pada sepatu dekat ujung jari kelingking kaki kanan. Kemudian lengan kiri diangkat merata ke depan dada dengan punggung tangan kearah atas dan ujung jari ibu kiri menempel pada tongkat. gerakan ini dilakukan dengan cepat. Demikian pula pada waktu tegap.

Cara penghormatan lain, terutama pada waktu penghormatan waktu mengucapkan Tri Satya atau mendengarkan, ialah dengan memindahkan tongkat dari kanan jadi silang lewat depan badan) dan tangan kanan mengadakan penghormatan seperti pada waktu tidak memakai tongkat. Penghormatan ini dapat dilaksanakan pada waktu melaksanakan penghormatan kepada bendera dan pada waktu iringan jenazah lewat.

Salam sebagai tanda hormat diberikan kepada:
  • Bendera kebangsaan dalam upacara. 
  • Kepada Kepala Negara/Wakil Kepala Negara/Panglima Tertinggi. 
  • Lagu kebangsaan dalam upacara 
  • Jenazah.
MORSE
Semboyan Morse ini dipakai di seluruh dunia. Penemu Kode ini bernama Morse dari Amerika. Untuk membedakan antara titik dan Strip, maka peluit di tiup Panjang dan pendek dengan perbandingan 3
Lanjut baca: SANDI MORSE

SEMAPHORE
Kode semaphore terdiri dari beberapa sikap tangan kanan dan kiri. Tiap tiap bendera harus dipegang sedemikian, sehingga tongkat dari Semaphore merupakan Sambungan dari ta.
Lanjut baca:SEMAPHORE

HURUF SANDI 
Huruf sandi berarti huruf rahasia, jadi huruf sandi adalah huruf yang sukar dipecahkan oleh orang yang belum pernah mempelajarinya.

Huruf sandi ada beberapa macam yang sudah dipelajari dan dipergunakan...
(Kakak dapat menemukan banyak sandi pramuka di internet)

PEDOMAN KOMPAS 
Tiap-tiap perintis di hutan atau pelaut di laut memerlukan kompas. Kapal-kapal yang mengarungi lautan besar, pengemudi lautan terbang yang sedang mengarungi angkasa, selalu memerlukan kompas.

Pedoman/kompas ialah sebuah alt untuk menentukan arah mata angin. Mata angin yang penting ada delapan. Kalau kita meletakkan kompas diatas telapak tangan kita, maka lihatlah jarum yang berwarna hitam itu selalu menunjuk arah Utara, dan bila telah menunjuk arah Utara maka sebelah kanannya adalah arah Timur dan sebelah kirinya adalah arah barat, sedangkan yang ditunjuk oleh jarum putih adalah arah Selatan.
  • Arah Utara dan Timur adalah : Timur Laut (45*)
  • Arah timur dan Selatan adalah : Tenggara (135*)
  • Arah Barat dan Selatan adalah : Barat Daya (225*)
  • Arah Barat dan Utara adalah Barat Laut (315*)
Untuk pedoman kompas, dan semua yang berkaitan dengan kompas, baca disini: 10 Macam Kompas, Pedoman Kompas dan Cara Menggunakan Kompas

BERKEMAH
Berkemah merupakan suatu hal yang seolah menjadi wajib bagi seorang anggota pramuka, baik kakak kakak, untuk manfaat, daftar perlengkapan, dan hal-hal lain terkait dengan berkemah, langsung disimak di link dibawah ya kakak.. :)
Tujuan, Fungsi dan Manfaat Berkemah

CONTOH ACARA DALAM PERKEMAHAN
Jadwal perkemahan, langsung kesini saja kak, disini disajikan contoh jadwal mulai dari tingkat SD sampai Universitas Jadwal Kegiatan Perkemahan Sabtu Minggu (Persami)

API UNGGUN
Asal mulanya api unggun adalah kebiasaan orang-orang di rimba untuk:
  • Menjauhkan binatang buas 
  • Sebagai pelita diwaktu malam 
  • Berdiang (memanaskan badan) diwaktu dingin 
  • Tempat berkumpul dimalam hari dan untuk berkemas Jadi api unggun bukanlah untuk penyembahan 
Didalam pramuka api unggun merupakan rangkaian acara berkemah yang menggembirakan, biasanya api unggun dilaksanakan pada pukul 19.00 - 23.00

Api unggun dapat dilaksanakan diluar (di lapangan) atau di dalam gedung jika waktu hujan, atau pada peringatan hari-hari besar tertentu. Jika api unggun dilaksanakan di dalam gedung, tidak digunakan api yang sesungguhnya, melainkan kertas minyak warna merah yang digunting-gunting, lampu listrik dan kipas angin, api unggun ini disebut api unggun fantasi/

Dalam menyelenggarakan api unggun sebaiknya ada pemimpin penyelenggara. Disamping itu ada petugas khusus yang bertugas menjaga agar nyala api tetap baik.

Bahan bakar dalam api unggun ialah kayu bakar, dapat juga dibantu dengan minyak tanah sebagai nyala permulaan (urup-urup) atau periuk besar/wajan diisi pasir kemudian dituangi minyak tanah kemudian dinyalakan. Bila api akan padam ditambahkan minyak tanah lagi.

Hal-hal yang perlu diketahui dalam api unggun:
  • Tempat api unggun berbentuk lingkaran besar, api berada di tengah 
  • Biasanya diadakan atraksi-atraksi pendek dan tegas dengan alat seadanya 
  • Tidak diperkenankan gaduh, mengeluarkan yel-yel bilamana ada regu yang sedang menunjukkan atraksi-atraksi 
  • Api unggun buka tempat tontonan tetapi semua harus berganti-ganti mengisi acara

CARA MENDIRIKAN TENDA

  • A. Letakkan tenda dengan posisi punggung berada diatas
    • i. Pasanglah tiang tenda belakang
    • ii. Pasangkanlah patok patok pada pintu tenda dan tiap sudut
  • B. Tegakkanlah tongkat belakang dan ikatlah pada patok
  • C. Tegakkan tiang depan dan ikatlah talinya
  • D. Ikatkan pada patok tali-tali sudut tenda itu, kemudian tali tengah lalu tali tali dinding. Hati hatilah pada waktu memasukkan paku tiang pada lubang atap tenda

MACAM MACAM TENDA DAN PATOK (PIN)


KELENGKAPAN LAINNYA
(gambar menyusul ya kakak :))

TALI TEMALI
Tali dan tambang itu ada beberapa macam jenisnya, misalnya tambang Manila, Sisial, Ijuk dan lain sebagainya. Tali itu sangat berguna
Tamabang itu harus dipelihara dengan sebaik-baiknya. Pelaut-pelaut, tentara-tentara bagian zeni
Baca:Tali temali pramuka

HARI PERINGATAN NASIONAL
Ini kakak, saya berikan link lengkapnya tentang hari hari peringatan nasional:
https://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_hari_penting_di_Indonesia

Terimakasih telah menyimak infojempol, semoga artikel ini bermanfaat
Demikian artikel kami tentang BUKU SAKU PRAMUKA-lengkap, semoga dapat bermanfaat.
    BUKU SAKU PRAMUKA-lengkap