Home » » Kalimat Pelantikan Anggota Baru Pramuka Penegak-Pandega

Kalimat Pelantikan Anggota Baru Pramuka Penegak-Pandega

kalimat pelantikan pramuka infojempol.com
Bismillahirrahmanirrahim
Pada Hari ini: ...... tanggal..... Disaksikan oleh..... (Catatan1) Kakak kaka akan resmi menjadi Pengurus Dewan Racana Gerakan Pramuka Gugus depan Kota Malang 04361-04362 Pangkalan Universitas Islam Malang, namun sebelum kakak-kaka mengucapkan sumpah, silahkan jawab pertanyaan saya dengan tegas dan jujur
  1. Sanggupkah kakak-kakak menjadi pengurus Dewan Racana Gerakan Pramuka Universitas Islam Malang?
  2. Sanggupkah kakak-kakak mematuhi anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Gerakan Pramuka Universitas Islam Malang?
  3. Sanggupkah kakak-kakak menjaga nama baik Dewan Racana Gerakan Pramuka Universitas Islam Malang dan almamater kampus?
  4. Sanggupkah kakak-kakak selalu mengamalkan Tri Satya dan Dasa Dharma, berbuat baik kesesama anggota racana dan sesama umat manusia?
  5. Sanggupkah kakak-kakak bersikap loyal ke Dewan Racana Gerakan Pramuka Gugus depan Kota Malang 04361-04362 Pangkalan Universitas Islam Malang dalam situasi dan kondisi apapun?
  6. (catatan 2)
Silahkan tangan kanan kakak memegang kacu leher dan diletakkan didada sebelah kiri, tangan kiri kakak memegang bahu/pundak teman disamping kakak (catatan 3). Ini akan menjadi bukti bahwa darah dan semangat kita akan menyatu, dan setelah itu ikuti kata-kata saya!
Bismillahirrahmanirrahim, AshadualaailahaillAllah wa Ashaduannamuhammadarrasulullah/Demi kehormatanku / aku berjanji akan bersungguh-sungguh / menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan Yang Maha Esa / dan Negara Kesatua Republik Indonesia / dan mengamalkan pancasila/Menolong sesama hidup / dan ikut membangun masayarakat /Menepati dasa darma
Keterangan Catatan
Catatan 1
Dalam kalimat Disaksikan oleh.... kalian bisa menambahkan dengan orang-orang penting yang menghadiri  acara pelantikan tersebut, mungkin jika pelantikan ambalan penegak, kalian bisa menyebutkan Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, tamu kehormatan dan lain sebagainya. intinya penyebutan nama diurutkan dari yang memiliki jabatan paling tinggi dulu ya kak,, :)

Jika pelaksanaan pelantikan itu dilaksanakan di hutan, pantai atau tempat-tempat lain yang tidak dihadiri pejabat terkait, kakak bisa mengatakan "Disaksikan oleh alam, hutan, pohon air serta mahluk-mahluk yaang tidak tampak yang ada disekitar kita,, dsb" yah intinya biar mendramatisir gitu lho..:D
Baca juga:Tujuan, Fungsi dan Manfaat Berkemah
Catatan 2
Dalam pertanyaan kakak dapat merubah atau menambah pertanyaan, itu dapat disesuaikan dengan kondisi yang ada. intinya jangan terlalu banyak, namun mengena, setiap poin memiliki nilai pertanyaan yang berbobot.
Jawaban dari pertanyaan di atas adalah "siap, sanggup". jika pertanyaannya diawali dengan "Bersediakah..", usahakan jawabannya adalah "siap, bersedia".

Dan yang paling penting beri briefing dulu ke peserta yang akan dilantik, tentang jawaban yang harus mereka ucapkan. Jangan sampai jawaban dari masing-masing peserta berbeda, gak lucu nantinya
ex: ada yang jawab, siap sanggup, nggak siap, inyaAllah sanggup dsb. tar jadi acara dagelan pelantikannya kak.. :D

Catatan 3
Kalau yang ini adalah adat dari masing-masing ambalan/racana. Kakak bisa menyesuakan dengan adat yang ada di ambalan atau racana kakak. Namun adat diatas juga umum digunakan oleh setiap ambalan/racana, monggo kalau mau menggunakan adat yang seperti di atas.
Dan ingat, saat acara pelantikan pun harus digunakan satuan terpisah.

Silahkan di share artikel ini, dan semoga memberi banyak manfaat. Jika kakak adalah seorang pembina, kakak wajib baca ini:
Cara / Teknik Membina Pramuka Yang Baik dan Benar

Terimakasih telah berkunjung ke infojempol, dan ikuti terus blog ini untuk mendapatkan informasi dan berita lainnya

0 comments:

Post a Comment